Connect with us

artikel

Yuk, Bikin Foto Media Sosial Kamu agar Tampil Estetik dan Menarik

Published

on

Geeknews.id – Saat ini dunia fotografi semakin berkembang dan hampir bisa dilakukan oleh setiap orang. Kehadiran ponsel dengan kemampuan kamera canggih turut berperan dalam tren memotret ini. Bahkan, mobile photography dengan mengandalkan perangkat smartphone banyak dilakukan oleh anak-anak muda untuk kebutuhan pembuatan konten di media sosial. Anak-anak muda memanfaatkan fitur-fitur yang disertakan dalam kamera ponsel dan artificial intelligence (AI) untuk menghasilkan karya foto nan artistik.

Hadirnya media sosial terutama Instagram mendorong anak muda untuk berlomba-lomba mengunggah gambar estetik yang berbeda dari orang lain. Salah satunya berupa foto portrait dengan efek blur atau “bokeh” yang memberikan tampilan visual yang indah, lembut, dan enak dilihat. Tak heran dengan tren seperti ini membuat banyak produsen smartphone yang  memberikan fitur-fitur kamera terbaik demi memenuhi kebutuhan unggahan konten foto dari konsumen muda.

Kamu dapat mencoba perangkat terbaru dari OPPO Reno5 F yang menyediakan serangkaian fitur kamera terbaru untuk mendukung unggahan konten foto unik dan menarik di media sosial. Ponsel cerdas ini menyediakan efek Dynamic Bokeh yang dapat menggantikan efek panning dengan lebih mudah atau mengikuti subjek yang bergerak. Sebagai contoh, ketika kamu berdiri dengan latar belakang cahaya maka efek bokeh dapat merentangkan cahaya menjadi garis-garis yang bergerak dinamis, sekaligus mengaburkan detail latar belakang. Selanjutnya, subjek foto akan dioptimalisasi dengan algoritma low-light HDR dan penyesuaian warna agar tampil menonjol.  

Selain itu, OPPO Reno5 F memiliki fitur AI Color Portrait yang mendukung fotografi dan videografi dengan cara membuat subjek foto tampak lebih menonjol dengan permainan isolasi warna. Pada kamera depan OPPO Reno5 F juga dilengkapi dengan AI Beautification 2.0 yang menghadirkan fitur kecantikan khusus. Fitur ini akan menyesuaikan preferensi pengguna lokal di Indonesia dan secara otomatis mendeteksi riasan di wajah semisal lipstik, lalu menampilkan efek yang disesuaikan dengan paras subjek.

OPPO Reno5 F juga mewarisi fitur fotografi dan videografi yang menjadi ciri khas lini seri Reno, di antaranya Dual-view VideoMonochrome VideoAI Scene Enhancement, dan Night Flare Portrait. Perangkat ini menawarkan serangkaian fitur yang lebih lengkap bagi pengguna untuk mewujudkan kreativitas melalui foto dan video. Dengan aneka fitur terbaru yang dihadirkan OPPO Reno5 F, maka foto media sosial kamu akan menarik perhatian dan antimainstream

 31,397 total views,  12 views today

artikel

Memilih Online Game untuk sang Buah Hati

Published

on

Geeknews.id – Bermain online game atau gim daring sesungguhnya dapat membantu proses tumbuh kembang anak. Apalagi jika para orang tua dapat memilih gim yang tepat sesuai dengan usia sang buah hati. Memang segala sesuatu yang diberikan kepada anak akan memiliki efek baik dan buruk, seperti halnya bermain gim daring pada gawai telepon pintar. Apabila orang tua dapat memilih gim yang tepat maka dapat digunakan untuk melatih berbagai ilmu pengetahuan semisal belajar mengenal huruf, angka, warna, dan berbagai binatang. Bahkan gim dapat meningkatkan kreasi dan mengasah kemampuan anak.

Namun demikian, akibat buruk dari gim juga dapat terjadi seperti ketika anak mulai mengalami kecanduan bermain gim lewat gawainya. Keadaan seperti ini tentu menjadi hal dilematis bagi sebagian orang tua, apakah mereka harus memberikan gawai mereka untuk anak bermain gim, atau melarang sama sekali. Orang tua harus dapat membatasi waktu anak dalam bermain meski gim yang dimainkan sifatnya edukatif.

Pada kenyataannya, hal seperti itu menjadi tantangan baru bagi orang tua yang terlanjur membiarkan anak untuk bermain gim lebih lama. Terlebih jika anak sudah terpengaruh dengan berbagai gim daring yang memilki opsi pembelian item tertentu untuk mendongkrak permainan. Bahkan kini anak mulai dapat membeli beberapa item dari sebuah gim daring secara langsung melalui tagihan kartu kredit milik orang tuanya ataupun membeli pada jaringan minimarket di dekat rumah mereka. Seringkali muncul kesalahpahaman ketika orang tua menyalahkan kasir minimarket yang memperbolehkan anaknya membeli item gim daring.

Sesungguhnya peran orang tua sangat besar dalam mengawasi anaknya ketika bermain gim pada gawai mereka. Untuk membantu proses monitoring aktivitas anaknya, para orang tua dapat memanfaatkan berbagai aplikasi yang dapat membantu mengendalikan waktu anak dalam bermain gim di gawai. Selain itu, orang tua juga bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi bawaan dari smartphone berbasis sistem operasi ColorOS 11 seperti pada perangkat OPPO A74.

Pada perangkat OPPO tersebut terdapat fitur yang bernama Kid Space yang dapat diakses melalui menu Pengaturan atau SettingsKid Space dapat membatasi durasi penggunaan perangkat mulai dari 15 menit hingga waktu yang tak terhingga. Orang tua juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh buah hati mereka. Setelah memilihkan beberapa gim yang dapat diakses anak, sebaiknya para orang tua mematikan akses Google Play Store di smartphone.

Jaringan data juga dapat dimatikan secara permanen apabila opsi Kid Space telah diaktifkan. Fitur utama dari Kid Space juga dapat membatasi konfirmasi pembayaran melalui SMS, mencegah modifikasi pengaturan sistem, menghalangi anak untuk melakukan pemasangan atau penghapusan aplikasi, bahkan membatasi waktu aktif layar. Dengan adanya fitur ini, sebagian besar kekhawatiran orang tua terhadap penggunaan gawai oleh anak mulai teratasi. Selain pada OPPO A74, fitur ini juga dapat diakses melalui beberapa perangkat OPPO yang telah melakukan update sistem operasi ColorOS 11 seperti OPPO Reno5, OPPO Reno5 5G, OPPO Reno5 F, dan OPPO A74 5G.

 30,184 total views,  8 views today

Continue Reading

artikel

Rekomendasi Smartphone untuk Hadiah Lebaran 2021

Published

on

Geeknews.id – Sebentar lagi kita akan menyambut hari kemenangan Idul Fitri. Ketika tiba waktunya, orang-orang biasanya memberikan hadiah bagi anggota keluarga tercinta. Salah satu pilihan hadiah terbaik adalah smartphone yang kini bukan lagi menjadi sebuah barang mewah. Lantas pilihan ponsel cerdas seperti apa yang cocok sebagai hadiah hari Raya? Biasanya orang akan mempertimbangkan faktor harga produk yang ramah di kantong, selain fitur-fitur terkini seperti kecerdasan buatan dan teknologi yang mumpuni.

Apabila faktor-faktor tersebut menjadi pertimbangan kamu dalam mencari smartphone, maka produk terbaru dari OPPO seri A bisa menjadi pilihan tepat. Perangkat terbaru lini seri A membawa berbagai pembaruan baik dari segi desain maupun teknologi, salah satunya OPPO A54.  Perangkat ini menawarkan berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas seperti kehadiran layar single punch-hole dan teknologi layar yang membawa sertifikasi IPX4. OPPO A54 juga hadir dengan membawa desain modern dan pilihan warna stylish.

OPPO A54 terdiri dari dua varian, RAM 4GB + ROM 64GB dan RAM 6GB + ROM 128GB yang memberikan keleluasaan untuk menyimpan berbagai file dan dokumen. Kapasitas ruang simpan data yang besar pada perangkat berguna untuk menampung hasil rekaman momen saat berkumpul bersama kerabat saat lebaran. Meski lebaran hanya secara virtual, momen seperti itu sayang jika tidak didokumentasikan dalam bentuk foto atau video.

OPPO A54 tampil dengan desain modern dan stylish. Keberadaan tiga kamera utama beserta lampu kilat yang ditempatkan dalam sebuah bingkai persegi pada sudut kiri atas menjadikan perangkat ini tampil lebih menarik. Apalagi bagian ini memiliki mendapatkan warna yang berbeda dengan warna perangkat.

Selain A54, OPPO juga menghadirkan perangkat OPPO A74 4G dan A74 5G yang cocok dijadikan hadiah untuk keponakanmu. Kedua perangkat ini menawarkan fitur dan teknologi terbaik terutama untuk kebutuhan gaming, namun tidak mengesampingkan tampilan perangkat guna mengimbangi gaya keseharian.

OPPO A74 4G didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 662, perangkat ini tentunya dapat menjalankan hampir sebagian besar mobile game dengan lancar. Kombinasi RAM 6GB LPDDR4X yang memberikan peningkatan performa 10% dari tipe sebelumnya. Unduhan game yang tergolong besar dapat ditampung melalui penyimpanan internal 128GB UFS 2.1, yang masih dapat diperluas dengan kartu memori MicroSD hingga 256GB. Selain itu, dilengkapi dengan baterai berdaya 5000mAh. Untuk mengisinya, OPPO melengkapi perangkat ini dengan teknologi pengisian daya cepat 33W yang dapat mengisi baterai secara penuh hanya dalam waktu 72 menit. 

Sementara itu, OPPO A74 5G menjadi perangkat lini seri A pertama yang dilengkapi jaringan 5G. Perangkat ini juga menjadi A series pertama yang mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 480 5G di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan daya di era konektivitas 5G, OPPO A74 5G dilengkapi dengan baterai besar 5000MAh yang menyertakan fitur Battery Guard. Fitur ini dapat menyesuaikan pengisian daya berdasarkan kebiasaan tidur pengguna dan memastikan ponsel tidak menjadi panas saat mengisi daya sehingga lebih aman.

OPPO juga melengkapi perangkat ini dengan pengisian daya Fast Charging 18W, yang dapat mengisi daya ponsel 68% hanya dalam waktu 60 menit. Kapasitas daya baterai yang besar pada kedua varian A74 ini akan memberikan ketahanan untuk berbagai aktivitas seperti online game, sekolah daring atau untuk memutar film.

Dengan keunggulan pada perangkat lini A Series terbaru OPPO A54, A74 4G, dan A74 5G akan menjadi pilihan terbaik sebagai hadiah untuk anggota keluarga. Untuk menyambut Idul Fitri tahun ini, OPPO juga memberikan berbagai promo menarik untuk merayakan Kebersamaan Baru di Ramadan 2021. Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo ini, silakan klik  https://www.oppo.com/id/events/oppo-ramadan-promo.

 31,524 total views,  10 views today

Continue Reading

artikel

Rayakan Hari Pendikan Nasional, TikTok Indonesia Luncurkan Buku Panduan

Published

on

Geeknews.id – Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional, TikTok, platform distribusi video singkat, menghadirkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar. Peluncuran buku ini merupakan rangkaian kolaborasi TikTok Indonesia dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk memberdayakan para tenaga pengajar dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara yang kreatif.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbud, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Agama (Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 mulai bulan Juli 2021, kegiatan pembelajaran diwajibkan untuk menggabungkan metode pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan layanan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kerjasama antar guru di sekolah dengan orangtua atau wali yang menjadi pengajar di rumah pun menjadi semakin penting untuk menyukseskan kegiatan belajar bagi peserta didik.

“Kolaborasi antar pihak menjadi kunci kelancaran kegiatan belajar baik di rumah atau di sekolah. Guru dan orangtua atau wali yang menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan pun perlu selalu beradaptasi dan berinovasi share peserta didik tetap semangat menimba ilmu,” kata Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum, Ikatan Guru Indonesia Periode 2016-2021 dan Ketua Umum Jaringan Sekolah Digital Indonesia. “Buku panduan dari TikTok yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh tenaga pengajar dan orangtua yang menjadi pengajar di rumah, tentu akan memudahkan mereka dalam mengemas konten pendidikan yang lebih kreatif.”

Buku Panduan #SamaSamaBelajar menghadirkan tips untuk membuat konten di TikTok, seperti cara-cara menggunakan fitur-fitur TikTok yang dapat membuat konten edukasi lebih menarik beserta video contoh yang diberikan oleh salah satu kreator TikTok, kemudian tips bagaimana memaksimalkan akun TikTok beserta ragam konten edukasi yang ada di TikTok. Dikemas dalam bahasa yang sederhana dan tampilan yang menarik, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dasar dalam menghasilkan konten di platform TikTok.

“Program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan pada Hari Pendidikan Nasional tahun lalu memiliki tujuan memberikan akses kepada semuanya untuk belajar dimana saja dan kapan saja melalui video singkat,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia.  “Hadirnya Buku Panduan #SamaSamaBelajar yang dapat diakses dengan mudah ini telah mengejewantahkan misi kami tersebut, sekaligus mendorong semakin banyak orang untuk menghasilkan konten edukasi di TikTok.”

Untuk menghadirkan buku panduan ini, TikTok Indonesia kembali berkolaborasi dengan IGI dan JSDI, setelah sebelumnya bersama-sama menyelenggarakan webinar pelatihan kepada lebih dari 2000 guru di 10 wilayah di Indonesia, dari Aceh, Banjarmasin, Maluku, Flores Timur, hingga Papua, mengenai konten edukasi di TikTok. Antusiasme dan semangat para peserta guru ini diharapkan dapat menyebar ke tenaga pengajar lainnya dengan kesempatan untuk mengakses informasi tentang konten edukasi yang ada di Buku Panduan #SamaSamaBelajar.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar ini dapat diakses secara gratis di halaman website Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia di link berikut ini mulai tanggal 5 Mei 2021. Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini telah menempati top konten di TikTok, dengan total jumlah views lebih dari 56 Miliar.

 31,706 total views,  8 views today

Continue Reading

artikel

Abadikan Momen Ramadan 2021 Bersama Keluarga

Published

on

Geeknews.id – Mengabadikan momen bersama keluarga merupakan hal yang penting dan berharga untuk kita semua, terutama di saat momen yang terjadi hanya satu bulan dalam satu tahun, yaitu bulan suci Ramadan. Walaupun Ramadan 2021 juga masih sama seperti tahun lalu karena adanya larangan untuk mudik, momen istimewa tetap terasa menyenangkan ketika dirayakan di rumah.

Momen kebersamaan bersama keluarga juga bisa diabadikan dan dibagikan ke sanak kerabat yang jauh di kampung. Salah satu cara mengabadikannya tentu lewat jepretan foto dan tangkapan video. Kamu dapat mengekspresikannya bersama keluarga di rumah melalui cara berikut:

 

1.   Interaksi dengan Keluarga

Berinteraksi membantu kamu menciptakan suasana dan ekspresi keluarga kamu lho, terlebih dengan beragam kegiatan yang dilakukan oleh Ibu atau Ayah di bulan Ramadan ini. Ciptakanlah hasil foto natural yang menunjukkan kamu sedang berinteraksi dengan keluarga atau melakukan kegiatan seperti menyiapkan makanan untuk berbuka puasa atau sahur.

 

2.   Hindari Berpose

Pada umumnya foto bersama keluarga dalam keadaan duduk rapi, menghadap ke kamera dan berpose. Namun kali ini kamu dapat mengajak keluarga untuk berekspresi dengan menunjukkan kedekatan khas Ramadan seperti mengabadikan momen shalat tarawih atau shalat berjamaah. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan bantuan tripod dan set timer.

 

3.   Gunakan Properti

Hidangan favorit khas berbuka puasa atau Idul Fitri bisa kamu gunakan sebagai properti untuk berfoto bersana dengan keluarga. Makanan seperti ketupat, opor ayam, kolak, kue nastar, atau buah kurma akan membuat hasil foto lebih bermakna, sekaligus menegaskan sebuah momen khas lebaran.

 

4.   Rekam Kegiatan Sehari-hari

Jika keluargamu enggan untuk diajak berfoto, kamu bisa membuat mereka nyaman dengan merekam momen-momen kegiatan bulan Ramadan. Kamu dapat merekam aktivitas sibuk Ibu saat sedang memasak hidangan untuk berbuka puasa atau persiapan Ayah ketika akan berangkat ke masjid untuk shalat tarawih. Bisa pula kamu merekam kegiatan adik yang sedang bermain mobile game saat menunggu Adzan Maghrib tiba.

Beragam momen bisa kamu abadikan bersama keluarga di bulan suci Ramadan ini. Meski pandemi memaksa kita untuk tidak bepergian ke luar kota, kamu tetap bisa membagikan keceriaan bersama keluarga. Bagikanlah momen sebanyak mungkin dan pastikan smartphone kamu masih memiliki ruang penyimpanan data yang cukup untuk menyimpan seluruh hasil jepretanmu.

Apabila kamu menginginkan smartphone yang mampu menampung jepretan foto dan rekaman video dalam jumlah banyak dan besar, maka bisa mempertimbangkan perangkat dengan kapasitas ROM 128GB. Menjelang bulan Ramadan, OPPO baru saja mengeluarkan perangkat terbaru yang memiliki penyimpanan internal besar 128GB, yaitu OPPO A54 dan OPPO A74.

Berbekal kapasitas memori yang besar, sehingga bisa menampung 30.000 foto dan rekaman video berdurasi 600 menit. Jadi kamu dapat mengabadikan seluruh momen di bulan Ramadan tanpa perlu khawatir memori di smartphone penuh. Kamu bisa mendapatkan perangkat OPPO A54 di gerai OPPO baik secara offline atau online, sementara OPPO A74 hanya tersedia lewat gerai daring di situs e-dagang tertentu.

 31,096 total views,  10 views today

Continue Reading

artikel

Demokratisasi Konten di Indonesia

Published

on

Geeknews.id – Saat ini Indonesia berada dalam posisi yang sangat dinamis dengan banyaknya kemungkinan dalam konten. Fokus pada konten lokal yang terintegrasi dengan teknologi canggih adalah momen yang menentukan dan SHAREit telah memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil peran dan berkontribusi terhadap gerakan ini dari posisi terdepan.

Menurut Riset Nielsen, telah terjadi perubahan pola yang terjadi selama WFH dan Ramadhan tahun lalu. Di Indonesia lebih banyak orang menonton serial dan program berita selama periode WFH, sedangkan selama Ramadan, mereka tidak hanya menonton lebih banyak serial, tetapi juga program hiburan, keagamaan dan pendidikan.

Pembatasan sosial mengakibatkan banyak pengguna di Indonesia yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menikmati hiburan online melalui aplikasi. Dengan rangkaian konten digital yang lengkap dan berkualitas tinggi terdiri dari video, lagu, dan lainnya yang dikumpulkan khusus untuk Ramadhan, pengguna kami tampak lebih tertarik pada platform kami selama Ramadan dan seterusnya.

Sejak awal, SHAREit telah menyesuaikan setiap konten berdasarkan kebutuhan penggunanya yang tersebar di banyak negara. Hal ini dilakukan melalui modifikasi konten berbasis referensi budaya, sejarah, dan daerah. Pendekatan ini telah membawa SHAREit menempati posisi teratas di antara media publisher dengan pertumbuhan tercepat untuk H1 dan H2, 2020 di Asia Tenggara dan Timur Tengah menurut Laporan AppsFlyer Performance Index. SHAREit juga dinobatkan sebagai salah satu dari 5 media publisher dengan pertumbuhan tercepat di pasar negara berkembang seperti Afrika dan pasar negara maju seperti Eropa Barat, Eropa Timur dan Amerika Latin.

Dengan 175,4 juta pengguna internet, platform distribusi konten diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan mulai dari hiburan, gaming, hingga live streaming. SHAREit memahami, menghargai, mengaktifkan, dan memberdayakan konten lokal melalui kecakapan teknologinya dan berbagai platform yang melayani format yang lebih baru dan berbeda, semuanya bekerja bersama-sama untuk memperkuat suara masyarakat awam Indonesia.

Tren ini hanya bisa dilihat sebagai pergerakan masyarakat di industri konten. Pengguna sekarang membuat konten yang ingin mereka lihat, demokratisasi secara organik dari seluruh ekosistem. Kecepatan dan kemudahan mengonsumsi konten dalam sekejap, konsumen dimungkinkan untuk menjadi pencipta dan mitra yang aktif – sehingga konten buatan pengguna akan semakin diproduksi secara profesional.

 11,904 total views,  4 views today

Continue Reading

Trending