Geeknews.id –
Blibli, dengan ekosistem e-commerce dan salah satu model usaha
berupa business-to-business (B2B), menghadirkan berbagai
dukungan untuk membantu kebutuhan korporat dan institusi, mulai
dari procurement barang dan jasa dengan ragam lengkap dan
harga bersaing, hingga layanan logistik seperti pergudangan dan
pendistribusian barang. Blibli telah berkolaborasi dengan berbagai
mitra perusahaan dari berbagai sektor, termasuk Jangkau, platform
non-profit yang menyalurkan donasi peer-to-peer
berupa barang.
Kusumo Martanto, CEO Blibli, mengatakan,
“Transformasi digital di tengah pandemi semakin ditingkatkan di
semua aspek operasional berbagai korporasi dan institusi, termasuk
dalam proses procurement untuk menjaga rantai suplai.
Ekosistem e-commerce Blibli dapat mendukung kebutuhan
e-procurement ini, mulai dari mengkurasi barang dan jasa
yang dibutuhkan hingga menangani proses logistik. Konsep
one-stop solution tersebut menghadirkan proses pengadaan
yang lebih ringkas, efisien dari segi biaya, dan juga
transparan.”
Berdasarkan riset McKinsey, digitalisasi procurement
ini menjadi salah satu strategi yang harus diterapkan oleh
perusahaan dalam menghadapi tantangan di era next normal
karena strategi tersebut meningkatkan agility
perusahaan.
Peningkatan adopsi digital antara korporasi dan institusi telah
mendorong performa solusi B2B milik Blibli, yang mencatat
pertumbuhan bisnis sebesar 2 kali lipat di November secara
tahun-ke-tahun. Untuk menyokong kebutuhan klien korporat dan
institusional, solusi B2B milik Blibli menawarkan berbagai fitur
dan layanan bermanfaat, antara lain:
- Keringkasan memilih barang dan jasa dari
platform Blibli yang dilengkapi kurasi produk beragam, mulai dari
sembako hingga produk elektronik, dengan kualitas terpercaya.
Terdapat pula layanan Rewards Fulfillment Program di mana klien
korporat dan institusional dapat membeli produk bernilai tinggi,
mulai dari kendaraan bermotor hingga emas.
- Penghematan biaya karena Blibli menyediakan
barang dan jasa dengan harga spesial. Selain itu, platform Blibli
langsung terhubung dengan layanan logistik yang mencakup 20
warehouse dan 32 hub Blibli di seluruh Indonesia, selain 10 mitra
logistik khusus bagi klien korporat dan institusional.
- Transparansi karena seluruh transaksi yang
terekam di platform, sehingga dapat dilacak dan diakses secara
online untuk keperluan post-audit. Saat ini, Blibli
menyediakan fasilitas virtual account bagi klien-klien
untuk bertransaksi di platform Blibli.
Blibli pun menjalankan kemitraan eksklusif dengan Jangkau,
sebuah aplikasi bantuan sosial, yang menjadi contoh tepat bagaimana
ekosistem e-commerce berbasis teknologi dapat membantu kebutuhan
e-procurement, termasuk distribusi barang. Kemitraan ini
juga menunjukkan bahwa digitalisasi pengadaan bukan saja bermanfaat
bagi korporasi, namun juga non-profit organization seperti
Jangkau yang fokus pada pengadaan dan pengiriman barang donasi
kepada yang membutuhkan.
Basuki Tjahaja Purnama, Founder Jangkau,
mengatakan, “Pemberian donasi, khususnya di tengah pandemi ini,
membutuhkan penanganan yang cepat dan transparan. Untuk ini,
transformasi digital menjadi sangat penting, karena dapat
menghasilkan proses pengadaan donasi yang lebih efisien baik dari
segi waktu maupun biaya. Kami senang sekali Blibli sebagai mitra
kami, memiliki visi dan misi yang sama. Dukungan ekosistem Blibli
sangat berperan dalam kemajuan performa platform Jangkau.”
Dalam kolaborasi ini, Blibli mendukung pengadaan barang donasi
yang diajukan oleh donatur di platform Jangkau, kemudian
mendistribusikannya ke penerima donasi yang dituju. Barang donasi
yang disediakan oleh Blibli sangat beragam, termasuk sembako, alat
bantu disabilitas, dan gadget untuk Pembelajaran Jarak
Jauh (PJJ).
Kemitraan dengan Jangkau juga sejalan dengan semangat #AyoBersama milik Blibli,
di mana Blibli sebagai e-commerce dapat berkolaborasi dengan
berbagai organisasi untuk memajukan misi bagi kebaikan. Dengan
demikian, e-commerce bisa memperluas dampak positif hingga
tujuan-tujuan kemanusiaan dan sosial.
Kehadiran solusi B2B dari Blibli pun sejalan dengan strategi
bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First, yang
antara lain mencakup pengiriman cepat, produk berkualitas, dan
pembayaran aman, yang juga sejalan dengan komitmen Blibli untuk
mengutamakan mitra bisnis sesuai #KarenaKamuNo1.