Geeknews.id —
Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN, kembali
memperkenalkan Jenius Pay sebagai pilihan bertransaksi
online menggunakan $Cashtag (identitas pengganti nomor
rekening untuk pengguna Jenius) di berbagai merchant
rekanan Jenius.
Setelah diperkenalkan pada 2017, Jenius Pay kini telah tersedia
di lebih dari 29 merchant untuk membantu masyarakat
digital savvy bertransaksi online dengan cara
baru secara mudah, cerdas, dan aman. Kolaborasi ini sekaligus
mendukung ekosistem ekonomi digital dan transaksi online
maupun cashless.
Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product
Head Bank BTPN menjelaskan mengenai kolaborasi ini,
”Jenius percaya kolaborasi dari berbagai pihak dibutuhkan untuk
menciptakan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Sejalan dengan
semangat kokreasi dan kolaborasi yang Jenius usung sejak awal, kami
bersama-sama dengan mitra menghadirkan kemudahan bagi masyarakat
digital savvy Indonesia dalam bertransaksi online
melalui fitur Jenius Pay.”

Selama pandemi dan kondisi working from home, terjadi
peningkatan penggunaan Jenius Pay. Jumlah nominal transaksi Jenius
Pay meningkat sebanyak 401% dan volume transaksi meningkat sebanyak
212% pada bulan Oktober 2020 dibanding bulan Maret 2020.
Meningkatnya transaksi digital selama pandemi juga terlihat pada
Jenius Study: Perilaku Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan
Baru yang dilakukan pada Mei 2020 kepada 267 responden berusia 16 –
40 tahun. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa digital/mobile
banking adalah banking channel yang paling sering
digunakan selama masa adaptasi kebiasaan baru (79%).

Hadir dalam kesempatan yang sama, JD.ID, Kitabisa.com, dan Kopi
Kenangan berbagi cerita mengenai kolaborasi dengan Jenius melalui
Jenius Pay.
“Kitabisa hadir karena kami percaya Indonesia tidak pernah
kekurangan #OrangBaik. Apalagi sejak pandemi melanda, jutaan
kebaikan tercipta setiap hari. Kehadiran Jenius Pay tentu mendorong
ekosistem donasi digital menjadi lebih mudah dan aman, terlebih
mayoritas donatur Kitabisa adalah mereka yang juga digital
savvy.” jelas Rahelyna Mairing, VP of Finance and
Compliance Kitabisa.com
Pandemi ini telah mengubah cara dunia berbisnis, termasuk cara
pelanggan dalam membeli barang konsumsi. Melakukan pembayaran
secara digital merupakan salah satu cara yang dipilih pelanggan
untuk mengurangi kontak fisik dan melakukan transaksi secara aman.
“Bahkan, 70% transaksi di Kopi Kenangan merupakan transaksi digital
atau cashless,” kata VP of Product & Growth Kopi
Kenangan Marsela Limesa. “Karena itulah kami menyambut
baik kolaborasi dengan Jenius Pay. Kehadiran Jenius Pay di aplikasi
Kopi Kenangan merupakan bentuk komitmen kami untuk memberi layanan
lebih kepada setiap pelanggan dengan menambah jenis platform
digital baru yang bisa mereka pilih saat melakukan pembayaran di
aplikasi kami,” tambah Marsela.
Abraham Luhska Harahap, Head of Partnership and Alliance
& Head of Digital Category JD.ID menambahkan bahwa, “Sejak
awal pandemi di Indonesia pada bulan Maret 2020 lalu, data kami
menunjukkan bahwa rata-rata penjualan mingguan JD.ID meningkat
hingga 50%, jika dibandingkan dengan era normal pada tahun yang
sama (tahun 2020). Tidak hanya itu, pada pelaksanaan festival
belanja akhir tahun, HARJOYNAS, mulai dari 9.9, 10.10, hingga
11.11, JD.ID juga mencatat sederet peningkatan penjualan, jika
dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Jumlah
pesanan meningkat hingga 60% pada 9-11 November 2020 (periode
pelaksanaan HARJOYNAS 11.11). Groceries & Health Care merupakan
salah satu kategori dengan produk yang paling banyak terjual.”
“Melalui kolaborasi dengan Jenius Pay, kami berharap para
pelanggan kami dapat berbelanja kemudian bertransaksi dengan mudah,
aman, dan nyaman. Dengan segala benefit dan fasilitas yang
ditawarkan, kami berharap kerjasama ini dapat mendatangkan “joy”
(sukacita) bagi seluruh pelanggan, pada sebelum, sesaat, dan
setelah mereka berbelanja di JD.ID.”, ungkap Abraham.
Jenius Pay memungkinkan pengguna dapat bertransaksi
online tanpa perlu kartu debit/kartu kredit, e-Wallet,
atau transfer antarbank. Berbeda dengan fitur Jenius lainnya,
pengguna dapat menemukan fitur Jenius Pay ketika memilih metode
pembayaran yang tersedia pada halaman checkout di
website/aplikasi merchant yang bekerja sama
dengan Jenius. Transaksi online dengan Jenius Pay bisa
pengguna lakukan dengan tiga langkah mudah, yaitu memilih
Jenius Pay sebagai metode pembayaran di halaman checkout
merchant, memasukkan $Cashtag pengguna, dan mengonfirmasikan
pembayaran di aplikasi Jenius.
Pengguna bisa memilih Jenius Pay sebagai metode pembayaran di
beragam merchant, Mulai dari belanja online, beli
kopi, beli sayur, isi pulsa/paket data, berdonasi, sampai investasi
emas. Selain JD.ID, Kopi Kenangan, Kitabisa.com, Jenius Pay juga
telah tersedia di Tokopedia, Blibli.com, Lemonilo, Sayurbox, Fore,
Doku, Twenty Milli Coffee Roastery, UniPin, Tamasia, E-mas,
Treasury, Lakuemas, Pluang, MyHartono, Interskill, Al Hamidiyah,
Ciputra Life, Lifepal, Dinomarket, Mau Belajar Apa, Dompet Dhuafa,
Kirim Email, SoftPro, Siabos, dan masih banyak lagi.
“Jenius selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan
partner dan merchant, sehingga masyarakat
digital savvy bisa mendapatkan pengalaman baru dan semakin
lengkap dalam bertransaksi. Semoga Jenius Pay bisa menjadi solusi
bagi pengguna Jenius untuk bertansaksi online dengan cara
yang mudah, cerdas, dan aman,” tutup Waasi.