Geeknews.id – Kesuksesan
suatu produk tidak terlepas dari kegiatan promosi yang dijalankan.
Dengan perkembangan teknologi, kini brand dapat melakukan promosi
secara online dengan pilihan yang kian beragam dan inovatif,
termasuk dalam format video. Hal ini berbanding lurus dengan hasil
survei The Mondo Creative & Digital
Trends yang dilakukan oleh agensi rekrutmen Mondo terhadap
lebih dari 1.000 pelaku industri kreatif dan digital marketing.
Survei tersebut menyatakan sebanyak 76% responden menjadikan video
marketing sebagai prioritas utama di 2020. Salah satu di antaranya
yang saat ini sedang naik daun adalah promosi melalui platform
pembuatan video pendek.
Semakin populer
di kalangan masyarakat, berbagai brand mulai melihat potensi
platform pembuatan video pendek sebagai cara baru untuk
mempromosikan produknya. Berbeda dengan promosi yang biasa
dilakukan seperti periklanan (advertising) atau pun publisitas
(publicity), pendekatan yang dilakukan pada platform pembuatan
video pendek terbilang unik dibanding platform lainnya. Fokus
utamanya adalah mengadaptasi cara pengguna berinteraksi dan
bersenang-senang dengan pengguna lainnya di platform
tersebut.
Belum lama ini,
brand smartphone untuk generasi muda, Infinix menjadi salah satu
brand yang mempromosikan produknya di Likee,
platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan
dan membuat video pendek. Meluncurkan produk baru yaitu Infinix
Note 8, sebuah produk hasil kolaborasi antara Infinix dan Mobile
Legend Bang Bang (MLBB), Infinix bekerja sama dengan Likee
untuk memperkenalkan Infinix Note 8 ke khalayak yang lebih
luas.
Sebagai brand
yang mengoptimalkan popularitas Likee, Infinix melihat bahwa
platform pembuatan video pendek merevolusi cara brand melakukan
promosi dan menghasilkan keterlibatan (engagement) dengan
masyarakat. Hal tersebut terlihat dari bagaimana Likee
menawarkan interface yang praktis, dan memungkinkan brand untuk
berbagi informasi seputar produk melalui aktivitas menyenangkan
bagi para pengguna. Praktik tersebut akhirnya menimbulkan kedekatan
atau rasa memiliki (sense of belonging) pengguna terhadap produk
terkait.
“Setelah bekerja
sama untuk menghadirkan #VaporlineDance pada bulan Mei lalu, kami sangat
senang dapat kembali bekerja sama dengan Likee
yang membantu kami untuk memperkenalkan produk kami dengan cara
yang baru. Berbeda dari yang sebelumnya, kolaborasi kali ini fokus
pada keunggulan utama yang kami hadirkan melalui Infinix Note 8,
yaitu mendukung para gamers agar #AntiKalah. Kami berharap masyarakat khususnya
pecinta game dapat bersenang-senang di Likee dan
mengasah kemampuan bermain game terbaik mereka dengan Infinix Note
8,” kata Country Manager of Infinix Indonesia, Ryan
Zhang.
Pendekatan baru
untuk melakukan promosi
Memahami
bagaimana pengguna bersenang-senang di Likee
dengan cara mengekspresikan diri melalui pembuatan konten, Infinix
berkolaborasi dengan Likee untuk menyelenggarakan challenge #AntiKalah pada bulan November lalu sebagai cara
untuk memperkenalkan Infinix Note 8. Sebagai produk yang dirancang
untuk memenuhi kebutuhan para gamers, challenge #AntiKalah hadir untuk menyampaikan pesan bahwa
Infinix Note 8 dapat membantu gamers bermain tanpa perlu khawatir
akan kalah berkat spesifikasi yang dihadirkan.

Kombinasi fitur
platform video pendek dan spesifikasi brand
Challenge
#AntiKalah ini menghadirkan fitur bernama
‘AntiKalah’, memungkinkan pengguna untuk membuat konten dengan efek
bernuansa game MLBB dan dilengkapi dengan aksesoris di sekitar
wajah yang dapat mengikuti gerakan pengguna pada video pendek. Pada
challenge ini, pengguna dapat membuat video pendek seolah-olah
sebagai karakter game yang sedang memenangkan pertandingan karena
Infinix Note 8 dapat membuat pengguna #AntiKalah. Hingga saat ini, challenge #AntiKalah telah mendapatkan 28,3 juta views dan
mengumpulkan sekitar 22,3 ribu penggemar di aplikasi Likee.
Pembahasan
keunggulan produk dengan cara berbeda
Pada challenge
#AntiKalah, Infinix tidak hanya menyelenggarakan
hashtag challenge yang dapat dilakukan oleh para pengguna, tetapi
juga turut berkolaborasi dengan para influencer Likee
seperti Seses Rapunzel, Yoga Febryan, Faurika Devara, dan masih
banyak lagi. Kolaborasi ini dilakukan untuk meningkatkan engagement
pengguna terhadap Infinix Note 8 dengan cara memaksimalkan fitur
yang tersedia di Likee untuk menghadirkan konten variatif seperti
video unboxing, product review, dan live streaming.

Fenomena promosi
brand pada platform pembuatan video pendek ini menandai popularitas
platform pembuatan video pendek yang semakin hari semakin
berpengaruh dan digandrungi oleh masyarakat. Dalam konteks Infinix
Note 8, produk yang menyasar pengguna yang senang mengekspresikan
diri dengan bermain game terlihat serasi dengan Likee
yang penggunanya gemar menunjukkan kreativitas dengan membuat
konten. Hal ini juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh
perwakilan Likee yang melihat kolaborasi dengan brand penting untuk
dilakukan.
“Sudah saatnya
platform pembuatan video pendek mengambil satu langkah maju untuk
peran yang lebih besar, salah satunya adalah dalam hal promosi
brand. Fenomena promosi brand di Likee sendiri tidak terlepas
dari antusiasme yang besar dari pengguna, di mana kami melihat
pengguna selalu menantikan hal baru untuk dicoba sehingga dapat
memenuhi kebutuhan mereka untuk bersenang-senang dan
mengekspresikan kreativitas. Di sisi lain, brand juga memiliki
kebutuhan untuk terhubung dengan masyarakat dengan cara yang lebih
dekat (intimate). Oleh karena itu, sebagai platform pembuatan video
pendek yang dapat menjembatani kebutuhan tersebut, kami senantiasa
berinovasi untuk mewujudkannya dengan cara yang kreatif dan
menyenangkan,” kata Country Manager of Likee Indonesia, Theon
Hsu.
Likee
memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik
dan merekam momen yang mengesankan. Oleh karena itu, Likee
memperoleh peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps”
menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee
juga memperoleh posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall
Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee
memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di
mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan
diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan
idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan
wujudkan ide-ide kreatif di Likee!