Connect with us

event

Tantangan #SamaSamaNyaman Ajak Remaja Jadi Warga Digital yang Bijak

Published

on

Geeknews.id – Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional, TikTok, aplikasi video singkat, meluncurkan tantangan tagar #SamaSamaNyaman untuk mendorong remaja agar menjadi warga digital yang bijak.

Data Digital Report 2020 oleh Hootsuite menunjukkan bahwa pengguna internet yang didominasi oleh remaja, rata-rata menghabiskan 7 jam dan 59 menit per hari di internet. “Saat masa pandemi Covid-19, kita dapat melihat semakin banyak orang termasuk anak remaja menghabiskan banyak waktu di internet, bukan hanya untuk kegiatan belajar dari rumah, tetapi juga untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarganya. Seperti halnya semua aplikasi yang mungkin digunakan oleh anak remaja kita, akan sangat membantu untuk mempelajari berbagai pilihan aplikasi untuk orangtua dan keluarga, serta mengetahui apa saja potensi resikonya,” ujar Samanta Ananta, M.Si, Psikolog Anak dan Keluarga.

Tantangan tagar #SamaSamaNyaman di aplikasi TikTok mengajak pengguna untuk lebih memperhatikan pentingnya remaja agar lebih bijak, terutama saat mengunggah konten berbahaya dengan tujuan hiburan ataupun menjadi viral. Untuk ikut serta dalam tantangan ini, pengguna dapat melakukan hal berikut:

  1. Rekam video dan gunakan stiker #SamaSamaNyaman lalu ikuti koreografinya.
  2. Unggah video bersamaan dengan tagar #SamaSamaNyaman, gunakan pengaturan Publik untuk videonya.
  3. Bagikan video ke platform media sosial yang lain, lalu ajak teman-teman yang lain untuk bergabung.

“TikTok berkomitmen untuk membina lingkungan yang positif dan inklusif dimana siapapun, dengan batas usia minimum 14 tahun, dapat mengekspresikan diri mereka dengan aman,” ujar Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina. “Meskipun banyak yang memanfaatkan platform TikTok untuk mencari hiburan, belajar, dan berinteraksi dengan komunitasnya, masih akan ada beberapa pengguna yang mengunggah konten yang menampilkan perilaku berbahaya, seperti aksi amatir atau tantangan yang membahayakan. Oleh karena itulah, kami mendorong pengguna untuk berhenti dan berpikir tentang dampak mengunggah konten semacam itu, serta mengingatkan mereka untuk mengikuti kebijakan dan memanfaatkan fitur yang ada untuk bantu menghentikan masalah seperti ini.”

Lebih jauh lagi, Samanta memberikan beberapa tips untuk orang tua yang merasa cemas mengenai cara menjaga keamanan anak remajanya di dunia maya.

  • Kenali platform yang digunakan oleh anak remaja Anda dan cobalah untuk mempelajarinya. Mulailah dari yang paling mendasar, seperti diskusi apa yang terjadi di dalam aplikasi tersebut, fitur atau fungsi yang tersedia, dan yang paling penting, dengan siapa anak remaja Anda berkomunikasi dengan di platform tersebut.
  • Memulai obrolan. Triknya adalah tidak hanya memoderasi dan membatasi penggunaan aplikasi, tetap juga untuk menggunakan aplikasi tersebut sebagai cara mempererat hubungan dan menghabiskan waktu bersama. Akan lebih bagus lagi jika Anda dan anak remaja bisa mengobrol secara tulus dan bukan dibuat-buat tentang fitur yang paling mereka sukai. Dengan begitu, mereka akan mendatangi Anda jika butuh bantuan, dan Anda pun juga sudah paham dengan teknologi yang mereka gunakan.
  • Penting sekali untuk menjaga komunikasi Anda dengan anak remaja agar tetap terbuka, dan bisa membahas tentang pengaturan privasi, waktu yang dihabiskan di internet, dan jenis kegiatan atau tantangan tagar apa yang mereka ikuti. Komunikasi yang lancar dengan anak remaja bisa membuat mereka lebih nyaman bicara dengan Anda tentang masalah mereka, dan tidak mengumbarnya di media sosial atau platform lainnya.
  • Jelaskan bahwa Anda mengharapkan mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka dan meminta mereka bertanggung jawab atas perilaku mereka. Penting untuk belajar tentang keamanan online bersama dengan remaja, sehingga mereka juga menyadari risiko apa yang mungkin mereka hadapi jika tidak menjadi warga digital yang bijak.

TikTok bekerja sama dengan para pakar industri, organisasi non-pemerintah (LSM) dan asosiasi industri di seluruh dunia untuk membantu memastikan bahwa kebijakan, teknologi, dan kontrol privasi melindungi dari tantangan industri seputar penyalahgunaan platform. Di Indonesia sendiri, TikTok telah bekerjasama dengan Komunitas Sudah Dong untuk kampanye anti perundungan siber, serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia untuk mengedukasi pentingnya peran orang tua dalam menjaga keamanan internet anak remaja.

Pelajari lebih lanjut tentang upaya keamanan TikTok dan Panduan Komunitas kami. TikTok tersedia di lebih dari 150 negara dan wilayah dalam 75 bahasa. Unduh aplikasi TikTok melalui iOS atau Google Play.

 2,367 total views,  3 views today

event

12 Tim Free Fire Terbaik Akan Bertanding Final Piala KONI 2020

Published

on

Geeknews.id —  Sebanyak 12 tim Free Fire terbaik Indonesia akan saling bertemu di babak grand final Piala KONI 2020, pada tanggal 28-29 November 2020. Mereka akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp200.000.000.

Dari 12 tim Free Fire yang bertanding, 6 di antaranya adalah tim profesional yang mendapatkan direct invitation. Sedangkan 6 lainnya adalah tim Free Fire yang sudah melalui fase kualifikasi regional Barat dan Timur seluruh Indonesia.

Enam tim profesional yang mendapatkan direct invitation adalah:

  1. Red Bull Rebellion
  2. Lynx Esports
  3. Aerowolf Pro Team
  4. First Raiders
  5. Kings Esports
  6. The Prime Esports

Sedangkan, 6 tim Free Fire dari kualifikasi region Barat dan Timur adalah:

  1. Indostar Hydra (Jawa Barat)
  2. Bigetron Bit (Jakarta)
  3. Tube8 VS (Sumatera Selatan)
  4. NGID 7Dream (Kalimantan Barat)
  5. NGID NyX (Kalimantan Barat)
  6. BSC Academy (Sulawesi Selatan)

Pertandingan yang akan berlangsung selama 2 hari secara online ini, pastinya sangat seru. Pasalnya, 6 tim Free Fire pemenang kualifikasi ini telah melalui penyisihan selama 4 hari berturut-turut, dan berhasil mengungguli 858 tim lainnya dari seluruh Indonesia.

Babak grand final Piala KONI 2020 juga akan semakin seru berkat kehadiran caster Free Fire ternama di Indonesia, yaitu Skyla, Abigail, dan Janitra.

Selain kehadiran caster keren, para penonton online nantinya bisa berpartisipasi dalam kuis interaktif berhadiah senilai total Rp9.000.000 yang diadakan selama 2 hari acara.

Penonton dapat melihat keseruan turnamen Free Fire Piala KONI 2020 sambil mendukung tim jagoannya dan mendapatkan hadiah di kanal Youtube PB ESI  pada tanggal 28-29 November 2020. Livestream hari pertama rencananya akan dimulai pukul 12.30 WIB.

Turnamen esports Piala KONI 2020 merupakan turnamen perdana yang dihadirkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) selaku lembaga otoritas keolahragaan di Indonesia dengan tujuan untuk lebih mengakrabkan esports ke masyarakat Indonesia.

Selain itu, Piala KONI 2020 juga menunjukkan bahwa pemerintah, melalui KONI dan PB Esports Indonesia, memberi dukungan positif kepada olahraga yang menggunakan media video game, atau esports, di Indonesia.

 185 total views,  32 views today

Continue Reading

Esport

16 Tim Siap Menampilkan Penampilan Terbaik dalam gelaran Turnamen VALORANT First Strike: Indonesia

Published

on

Geeknews.id — Riot Games Asia Tenggara secara resmi menunjuk One Up sebagai partner eksklusif dan resmi untuk menyelenggarakan esport dan pertandingan kompetitif tingkat perguruan tinggi untuk gim tembak-menembak taktis berbasis karakter 5v5 miliknya, VALORANT di Indonesia. Melalui kemitraan ini, One Up bersama dengan Riot Games menyelenggarakan turnamen resmi pertamanya bertajuk ‘VALORANT First Strike: Indonesia’. Adapun gelaran utama dari turnamen ini akan diadakan di tanggal 2-6 Desember 2020 mendatang, dan para pemenang berkesempatan untuk mendapatkan dengan prize pool terbesar di Indonesia, Rp100 juta.

Edwin, VP Business Development One Up, menyampaikan “Kami sangat antusias dengan kerjasama eksklusif antara One Up dengan Riot Games Asia Tenggara. Penyelenggaraan turnamen eksklusif dan resmi di Indonesia ini, telah mendapatkan tanggapan positif dari para pemain gim FPS, yang terlihat dari banyaknya pemain yang meraih rank lebih tinggi dari persyaratan rank yang diwajibkan, minimum pernah menyentuh level Diamond 1, terlebih gim VALORANT sendiri baru saja diluncurkan per bulan Juni lalu.”

Turnamen VALORANT First Strike: Indonesia menjadi turnamen kick off yang membawa bendera kerja sama One Up dan Riot Games di Indonesia. Turnamen ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Riot Games yang dilakukan secara serentak di regional Asia Tenggara. Saat ini, turnamen VALORANT First Strike: Indonesia telah menyelesaikan babak kualifikasi yang ketiga. Dalam babak kualifikasi yang ketiga yang baru berakhir, empat tim, akan bergabung bersama dengan delapan tim lainnya, dari babak kualifikasi pertama dan kedua, untuk bertanding bersama dengan empat tim professional undangan. Pertandingan final turnamen VALORANT First Strike: Indonesia akan mempertemukan 16 tim terbaik dari Indonesia untuk bertanding secara online dan dapat disaksikan secara langsung oleh para penggemar.

“Kami siap dan bersemangat untuk menyajikan serangkaian turnamen bagi para fans Riot Games di tahun 2021, dan kami juga sangat senang dapat bermitra dengan One Up untuk membawa turnamen-turnamen ini kepada para pemain di Indonesia. One Up telah terbukti berhasil menyelenggarakan berbagai turnamen berstandar internasional, dan hal ini meyakinkan kami bahwa para pencinta VALORANT akan mendapatkan pengalaman turnamen terbaik,” ujar Chris Tran, Head of Esports Riot Games Southeast Asia, Hongkong and Taiwan.

Riot Games juga baru saja mengumumkan rangkaian turnamen esports terbaru mereka, VALORANT Champions Tour, yang akan memberikan kesempatan dari para pemain professional untuk mempertunjukkan keahlian mereka melalui turnamen tingkat regional dan internasional. Rangkaian VALORANT Champions Tour meliputi tiga level pertandingan Challengers, Masters dan Champions.

 

  • Challengers, akan terfokus pada kompetisi regional untuk tim lokal, yang terdiri dari tiga turnamen dan pertandingan final, dan akan diselenggarakan dalam waktu enam minggu. Setiap turnamen akan menampilkan delapan tim yang berhak mendapatkan posisi tersebut melalui pertandingan kualifikasi terbuka.
  • Masters, akan menampilkan pertandingan global antar 16 tim yang bertanding dari seluruh dunia. Para tim ini akan memperebutkan hadiah dan point yang akan terhitung sebagai syarat untuk kualifikasi menuju turnamen level Champions.
  • Champions, merupakan turnamen dunia di akhir tahun, yang akan menampilkan pertandingan 16 tim terbaik seluruh dunia selama dua minggu, dalam memperebutkan juara VALORANT global pertama.

One Up dan Riot Games Asia Tenggara bersiap untuk memulai musim 2021 dengan turnamen Challenger pertama di Indonesia. Turnamen Challenger tidak hanya terbatas pada pemain professional, tetapi juga para pemain amatir dalam level tingkat perguruan tinggi untuk merasakan langsung sensasi dari turnamen tingkat professional.

VALORANT merupakan gim tembak-menembak taktis berbasis 5v5 untuk PC dengan pertumbuhan pemain tertinggi di Indonesia / Asia Tenggara. Semenjak peluncuran resmi nya, para pencinta gim telah menujukan antusiasme dan respon positif terhadap gim ini. Di bulan April 2020, gim VALORANT telah memecahkan rekor tontonan satu hari terlama di Twitch, 34 juta jam ditonton dengan total 1.7 juta penonton. Rekor ini merupakan rekor tertinggi dibandingkan dengan gim-gim lain dari Riot Games.

 736 total views,  21 views today

Continue Reading

event

TikTok Kerja Sama dengan Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia Dukung Pendidikan Indonesia

Published

on

Geeknews.id Menjelang momentum Hari Guru Nasional, TikTok mengumumkan kerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk menyelenggarakan workshop webinar bertajuk “Memaksimalkan Platform Video pendek untuk Pendidikan” kepada lebih dari 1000 guru di seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil survei dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Wahana Visi Indonesia, disebutkan bahwa 95% setuju untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau kombinasi bahwa setelah pemerintah pusat memberikan kebebasan kepada pemerintah daerah untuk membuka kembali sekolah. Dari survei yang sama, ditemukan bahwa lebih dari sebagian guru membutuhkan pelatihan digital tingkat lanjut.

“Pengadopsian teknologi dalam dunia pendidikan itu merupakan suatu keniscayaan, yang akhirnya didorong dengan terjadinya pandemi ini. Para guru perlu selalu belajar mengikuti perkembangan teknologi, agar dapat terus menyampaikan materi pengajaran yang efektif kepada para pelajar,” kata Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum, Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI). 

Untuk mendukung kebutuhan para guru ini, TikTok Indonesia, bersama dengan IGI dan JSDI, akan mengadakan webinar di 10 kota di seluruh Indonesia, termasuk di Aceh, Makassar, hingga Maluku. Webinar ini akan memberikan pengenalan tentang TikTok, kreasi konten, keamanan digital, dan pemanfaatan platfrom tersebut untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para guru. Diselenggarakan mulai bulan Desember 2020, webinar ini diharapkan dapat menjangkau lebih dari 1000 guru.

“Di TikTok, Kami memahami bagaimana tantangan bagi edukasi terutama para guru di era pandemi ini. Karena itu, kami berharap melalui kerjasama ini, kami dapat mendukung para guru, dosen dan pelaku pendidikan lainnya untuk dapat memaksimalkan penggunaan video singkat sebagai wadah alternatif yang kreatif dan mudah dipahami oleh generasi muda Indonesia. Semua ini sejalan dengan tujuan kami meluncurkan Sama-Sama Belajar di awal tahun, untuk ajak siapapun memperkaya diri dengan ilmu di mana saja dan kapan saja,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia. 

Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia sebagai organisasi guru, dosen, dan pemerhati pendidikan di Indonesia menyambut baik kolaborasi ini. “TikTok merupakan platform yang sedang ramai digunakan oleh para pelajar. Dengan berlatih membuat konten di TikTok untuk mendukung kegiatan mengajar, para guru dapat merangkul dan menjangkau para pelajar dengan lebih efektif karena mengikuti bahasa yang sudah mereka pahami,” lanjut Ramli.

Webinar “Memaksimalkan Video Pendek untuk Pendidikan” ini merupakan bagian dari program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan TikTok pada bulan Mei lalu. Program yang mendorong konten berbasis edukasi atau skill ini telah mendapatkan lebih dari 35 miliar views dan membawa konten edukasi sebagai salah sau dari top konten di TikTok.

 618 total views,  9 views today

Continue Reading

event

Turnamen Real-Time Shooting Game “Outlaw” Pertama di Indonesia

Published

on

Geeknews.id — Setelah sukses launching game mobile terbarunya pada tanggal 30 Juli 2020, Zepetto menggelar turnamen real-time shooting pertama di Indonesia dengan total grand prize sebesar 200 juta rupiah. Game ini bisa dinikmati oleh penggemar game casual fighting karena memiliki keseruan dalam permainannya yang menyatukan tantangan pengontrolan katakter untuk menghindar dan menyerang dalam bersamaan serta variasi kombinasi sebanyak 50 Spell untuk membuat strategi serangan sendiri. Seluruh rangkaian akan diselenggarakan secara online dan berikut dibawah ini informasi turnamen yang bisa kamu ikuti:

  • Outlaw Influencer Showdown

Turnamen ini akan mempertemukan Influencer – Influencer yang akan diundang langsung bertanding untuk memperebutkan hadiah sebesar 100.000.000. Turnamen ini akan berjalan dengan sistem 2 vs 2 dan akan ditayangkan pada Youtube Outlaw Indonesia pada tanggal 2 – 6 Desember. Jika kamu influencer kamu bisa mendaftarkan dirimu melalui link ini.

  • Duelist Tournament

Turnamen ini akan mencari Outlaw terbaik dari yang terbaik untuk memperebutkan hadiah sebesar 40.000.000, dimana akan diselenggarakan dengan sistem 1 vs 1. Slot yang tersedia hanya ada untuk 64 orang dan pendaftaran akan dimulai pada tanggal 23 November hingga 6 Desember.

  • Teammate Tournament

Pada turnamen ini kalian bisa mengajak teman kalian untuk membuat team beranggotakan 2 orang dan memperebutkan hadiah sebesar 60.000.000. Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 23 November sampai 14 Desember dan tersedia sebanyak 64 slot.

 430 total views,  9 views today

Continue Reading

event

TikTok Dukung Revolusi Industri Fesyen di Platform Digital

Published

on

Geeknews.id TikTok, platform distribusi video singkat terdepan di dunia, mengadakan diskusi bertajuk “Mendorong Revolusi Industri Fesyen di Platform Digital” bersama beberapa pemain di industri fesyen Indonesia untuk membahas bagaimana adaptasi dan perubahan yang terjadi di industri tersebut, termasuk dengan potensi pemanfaatan TikTok sebagai platform digital. Diskusi ini merupakan rangkaian dari kerjasama antara TikTok Indonesia dengan Jakarta Fashion Week untuk menghadirkan virtual fashion show festival pertama di Indonesia.

 

Krisis pandemi global akibat COVID-19 telah memiliki dampak yang signifikan dalam industri fesyen. Berdasarkan laporan dari Bain & Company, disebutkan bahwa kerugian bisnis fesyen diprediksi akan mencapai sebanyak 60% akibat pandemi global ini. Di Indonesia sendiri, dampak pandemi sangat terasa bagi pemain di industri fesyen, yang berimbas pada penutupan toko fisik dan pemangkasan biaya marketing. Penyelenggara acara fashion show juga harus memutar otak untuk tetap dapat menampilkan karyanya kepada para penikmat fesyen dan pemangku kepentingan lainnya.

 

“Di saat sebagian besar orang masih membatasi kegiatan di luar rumah, fashion brand dan desainer harus cerdas dan cepat mencari cara baru agar selalu terhubung dengan pelanggan, serta menghadirkan kreativitas baru di bidang fashion kepada para penggemar karya mereka,” kata Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week. “Di situlah TikTok berperan sebagai platform inovatif untuk ekspresi kreatif, khususnya di dunia fashion.”

 

Hal yang sama diungkapkan oleh Ria Sarwono, Brand & Marketing Director, Cottonink, salah satu brand fashion lokal yang akan ikut hadir di Jakarta Fashion Week. “Platform digital sudah menjadi bagian dalam perjalanan Cottonink sejak awal. Namun dengan adanya berbagai challenge seru dan kreatif di TikTok, itu memberikan cara baru bagi Cottonink untuk menyampaikan koleksi terbaru kami.”

 

Di TikTok, konten fashion merupakan salah satu konten terpopuler, baik oleh pengguna di Indonesia maupun di seluruh dunia. Kreativitas pengguna TikTok menjadi satu hal yang dimanfaatkan oleh para brand fashion kelas dunia, mulai dari menyampaikan pesan brandnya, memasarkan koleksi terbaru, hingga mencari muse untuk desainnya.

 

“Kami melihat bagaimana industri fesyen menemukan berinteraksi dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok selama masa pandemi, dan mendorong kreativitas pengguna untuk menghadirkan fesyen papan atas dari rumah mereka masing-masing,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia. “Peluncuran kerjasama ini merupakan cara lain bagi mitra brand kami untuk memanfaatkan pendekatan yang otentik dan didorong oleh komunitas yang ada di platform kami, untuk memamerkan seni, kreativitas, dan kepribadian mereka dalam cara unik dan khas TikTok.”

 

Diskusi ini merupakan bagian dari kerjasama TikTok dan Jakarta Fashion Week untuk mengadakan the 1st Virtual Fashion Show Festival di Indonesia. Penyelenggarakan Jakarta Fashion Week 2021 akan berlangsung mulai 26-29 November 2020 di akun resmi @jfwofficial di TikTok. Secara global, TikTok telah bermitra dengan berbagai brand fesyen, termasuk Puma Louis Vuitton, Saint Laurent, dan banyak brand lainnya untuk menyelenggarakan serangkaian TikTok LIVE.

 

 

 

 

 

 

 1,388 total views,  9 views today

Continue Reading

Trending