Connect with us

event

Babak Penyisihan SEA SWC 2019 – Pemain dari Vietnam Keluar Sebagai Pemenang

Published

on

Geeknews.id — Geeks, Pada 20 Juli 2019, Babak Penyisihan SEA SWC 2019 berlangsung di Pantip E-sport Arena, Bangkok, Thailand. Di antara 8 pemain dari Asia Tenggara, pemain (··?) (Luu Vu) berhasil mengalahkan Judas dari Thailand di babak final dan menjadi wakil Vietnam pertama yang akan berpartisipasi di Babak Penyisihan Grup Asia-Pacific Cup di bulan Agustus.

Ratusan penggemar Summoners War di Pantip E-sport Arena, bersama ribuan penonton di Youtube menyaksikan pertandingan antara 8 orang perwakilan Asia Tenggara dari Vietnam, Thailand, Singapura, dan Malaysia. Setelah 3 putaran pertandingan yang panjang, Luu Vu berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Judas 3-0 di babak final.

Dengan hasil ini, Luu Vu akan maju ke Babak Penyisihan Grup Asia Pacific Cup bersama Judas. Sebanyak 16 pemain akan dibagi menjadi 4 grup yang terdiri dari 4 anggota dan bermain dengan metode Dual Tournament. 2 pemain terbaik dari masing-masing grup akan maju ke Asia Pacific Cup di Taiwan. 8 pemain yang maju ke piala regional akan bertanding melawan satu sama lain di Turnamen Eliminasi Tunggal demi memenangkan tiket ke Final Dunia pada 26 Oktober di Paris.

 

 1,361 total views,  3 views today

Esport

Kemenparekraf Gelar Baparekraf Game Prime 2020 Online

Published

on

Geeknews.id – Event industri gim terbesar di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2020 Online akan berlangsung pada tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020 mendatang.

Acara tahunan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID. Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2016 dengan tajuk BEKRAF Game Prime dan pada tahun kelimanya ini berevolusi menjadi Baparekraf Game Prime.

Hadir dengan tajuk baru, event Baparekraf Game Prime 2020 Online juga akan mengusung konsep pelaksanaan yang baru, yaitu penonton bisa menyaksikan secara langsung melalui penayangan online.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 membatasi aktivitas kita di luar rumah. Namun, Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan game tanah air. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan acara esports, gim, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara online atau daring.

Konsep daring yang dibawa oleh Baparekraf Game Prime 2020 Online juga merupakan yang pertama di Indonesia dalam hal pameran dan eksibisi.

“Baparekraf Game Prime (BGP) bertujuan untuk meningkatkan kualitas developer gim Indonesia melalui pertukaran ilmu dengan developer dan pelaku industri gim internasional, serta meningkatkan exposure dari gim-gim lokal agar bisa diketahui lebih banyak oleh masyarakat luas,” tutur Joshua Puji Mulia Simanjuntak, Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Ia menambahkan, “Dengan adanya acara ini diharapkan gim buatan anak negeri dapat bersaing dengan gim internasional di pasar nasional maupun internasional.”

“BGP 2020 ini adalah BGP yang kelima. Artinya setiap tahun kita berkomitmen untuk mengadakan Baparekraf Game Prime ini untuk memfasilitasi para teman-teman gim developer untuk berjejaring, untuk memperkenalkan gim mereka yang baru,” kata Joshua Puji Mulia Simanjuntak dalam acara konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020.

“Dan kita memang mempunyai komitmen untuk mengakselerasi industri gim di tanah air. Teruslah berkarya, kami terus berkomitmen untuk membawa, mengembangkan gim Indonesia ini.” lanjut Joshua Puji Mulia Simanjuntak.

Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif menambahkan harapan mengenai hasil dari dilaksanakannya Baparekraf Game Prime 2020. Beliau mengatakan dengan adanya Baparekraf Game Prime 2020 ini diharapkan industri game nasional akan maju dan memberi kontribusi lebih.

“Yang pasti pertama ini kita ingin memajukan industri game nasional. Kalau sudah maju, harapannya adalah kontribusinya kepada GDP naik. Sekarang sudah tinggi, akan tambah naik lagi. Nantinya setelah itu eksistensi game Indonesia mulai diperhitungkan baik di Indonesia maupun di Internasional terutama.” kata Yuana Rochma Astuti.

“Kemudian yang tidak kalah penting, kita bisa menemukan potensi gamer di daerah. Potensi-potensi itu yang harus kita cari terus. Terakhir yang pasti meningkatkan jejaring seluas-luasnya. Jadi bertambah pengetahuan.” lanjut Yuana Rochma Astuti.

Sementara keberadaan Baparekraf Game Prime 2020 bagi para pelaku industri gim di Indonesia menjadi ajang untuk menciptakan sejarah baru, seperti yang diwakilkan oleh Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia, Cipto Adiguno.

 “Selama beberapa tahun terakhir Game Prime telah berkembang menjadi acara akbar bagi pemain gim di Indonesia. Tidak hanya anak muda, Game Prime juga menjangkau orang tua dan anak-anak,” ungkap Cipto Adiguno, Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI).

“Di era yang semakin digital seperti sekarang, gim menjadi medium yang diterima oleh masyarakat umum dan tidak lagi sekadar ‘mainan anak kecil atau anak muda.’ AGI berharap Game Prime dapat memperkenalkan gim ke masyarakat luas, mengedukasi baik-buruknya pada orangtua dan anak, dan berbagi keseruan digital yang di saat pandemi ini menjadi jalan keluar masyarakat yang terkurung di rumah masing-masing,” lanjut Cipto Adiguno.

Tambahan lain dari CEO GGWP.ID yang juga hadir di konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020 adalah mengenai konsep online yang pertama kali diusung di sepanjang pelaksanaan Game Prime tidak akan mengurangi esensi untuk memperkenalkan gim buatan Indonesia.

“Game Prime selalu menciptakan sejarah setiap tahunnya. Tahun ini untuk pertama kali kita hadir dalam format online tanpa mengurangi esensi memperkenalkan gim buatan Indonesia di mata dunia,” ujar Ricky Setiawan, CEO GGWP.ID.

Baparekraf Game Prime 2020 Online akan berlangsung selama lima hari, yaitu mulai tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020 mendatang, dan siap menghadirkan banyak acara menghibur mulai dari yang bertema gim dan esports, hingga edukasi!

Adapun rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Indie Game Exhibition, Masterclass and Webinar untuk peminat pengembangan gim, Werewolf dan Tebak Gambar bersama influencer, dan tentunya turnamen esports PUBG Mobile Online Tournament dengan total hadiah Rp100.000.000 yang akan mengundang 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online!

 

Dukungan untuk Karya Developer Lokal Melalui Indie Game Exhibition

Banyak gim yang sudah dikembangkan oleh developer gim di Indonesia, namun masih banyak gamer maupun masyarakat umum yang tidak memainkan atau bahkan tidak mengetahuinya.

Baparekraf Game Prime 2020 Online menghadrikan online exhibition melalui situs gameprime.org yang menampilkan banyak gim karya anak bangsa dari berbagai developer Indonesia! Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengenal gim-gim yang dikembangkan oleh developer gim Indonesia.

Setidaknya ada 30 gim karya developer lokal yang dipamerkan di Baparekraf Game Prime 2020 Online melalui sesi online exhibition di gameprime.org. Seluruh gim mengusung tema unik dan tentunya mencerminkan kreativitas dari industri gim yang sangat beragam serta terus berkembang dari masa ke masa.

“Kemenparekraf bekerjasama dengan AGI telah melakukan kurasi terhadap 80 gim yang mendaftar melalui program ini, dari total game developer tersebut telah terpilih 30 game developer yang dapat memamerkan karyanya pada event ini. Game developer tersebut berkesempatan untuk meningkatkan publisitas gimnya melalui event ini,” tutur Joshua Puji Mulia Simanjuntak.

“Diharapkan dengan adanya event ini game developer yang berpartisipasi dapat meningkat penjualannya serta membawa nama harum Indonesia di pangsa nasional maupun internasional,” tambahnya.

Review Indie Game Bersama Republik Sultan dan Milokuma

Nantinya, 10 studio terpilih di Baparekraf Game Prime 2020 ini akan diulas oleh Republik Sultan dan Milokuma. Tentunya, Republik Sultan dan Milokuma akan langsung memainkan serta memberikan pendapat tentang gim yang dimainkan!

Kamu bisa menyaksikan bagaimana Republik Sultan dan Milokuma memainkan serta memberikan ulasan dari gim-gim terpilih pada tanggal 1 Agustus 2020 nanti yang ditayangkan melalui kanal YouTube Asosiasi Game Indonesia.

Masterclass dan Webinar untuk Para Peminat serta Pelaku di Industri Game

Bagi para pengembang gim, atau yang ingin tertarik terjun ke dunia pengembangan gim, Masterclass dan webinar yang diadakan Baparekraf Game Prime 2020 Online bisa menjadi satu bagian yang wajib untuk diikuti.

Sesi Webinar dan Masterclass akan berlangsung pada tanggal 2 Agustus 2020 dan akan ditayangkan di YouTube Asosiasi Game Indonesia.

Akan ada berbagai topik yang hadir seperti bagaimana membuat gim yang diawali dari coretan ringan, bagaimana membuat desain karakter gim, hingga cara meningkatkan karir ketika berkecimpung di pengembangan gim.

Berikut adalah sesi-sesi yang akan berlangsung di Webinar Baparekraf Game Prime 2020:

Sesi 1:  Level Up Your Caeer in Game Development

  • Speakers: Rianti Hidayat (Chief Designer – Gung Ho Entertainment) dan Anggia Lestari (Co Founder – Masshive Media)

Sesi 2: SEA Gamer Insight and How to Win the Market

  • Speakers: Ricky Setiawan (CEO GGWP.ID)

Sesi 3: Behind the Scenes AAA Games

  • Speakers: Ken Lai (CEO Brandonville Studio)

Sesi 4: Opportunity in The Middle of Pandemic

  • Speakers: Joshua Simanjuntak (Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), Samuel Abrijani P (Ditjen APTIKA – Kemkominfo), dan Cipto Adiguno (Ketua Asosiasi Game Indonesia)

Sesi 5: How to Protect Your IP

  • Rachmad Imron (CEO Digital happiness), Kris Antoni (CEO Toge Production), Jack Wong (GM MNC Licencing and IP Distribution)

Sedangkan sesi-sesi yang berlangsung di Masterclass Baparekraf Game Prime 2020 adalah:

Sesi 1: How to Make a Simple Game from Scratch

  • Speaker: Ramadhany Chandra (COO Maulidan Games)

Sesi 2: Game Character Design: From Scratch to Finish

  • Speaker: Brigitta Rena (Co-founder Mojiken Studio)

Sesi 3: Shorten Your Development Timeline with Unreal

  • Chris Murphy (Evangelist – Epic Games)

Menjadi developer gim merupakan salah satu hal yang menjanjikan di masa depan. Oleh karena itu pengembangan ilmu, jejaring, dan tentunya kreativitas di berbagai aspek untuk pengembangan gim diperlukan.

Masterclass serta Webinar di Baparekraf Game Prime 2020 ini menjadi fasilitas bagi yang ingin mengembangkan diri di industri serta pengembangan gim.

“Berkarir sebagai game developer itu menjanjikan untuk masa depan, jadi jangan takut kalau nanti ditanya mau jadi apa kalau sudah lulus sekolah jadi game developer itu kita akan memfasilitasinya, membukakan jalan sampai ke mancanegara. Yang penting adalah do your best!” kata Joshua Puji Mulia Simanjuntak.

Werewolf dan Tebak Gambar bersama Influencer

Pernah lihat para influencer maupun publik figur seperti Raditya Dika, Chandra Liow, Dimas Danang, Imam Darto, Onad, Mak Beti, Edelyn, dan lainnya bermain Werewolf maupun Tebak Gambar bersama-sama? Momen sangat langka dan pasti menghibur ini juga akan meramaikan Baparekraf Game Prime 2020 Online.

Sebagai salah satu elemen dan juga pelaku di industri kreatif, keberadaan para publik figur, influencer, hingga caster yang biasanya selalu menemani pertandingan esports, juga mengambil bagian dengan bermain gim ini sambil membawa keunikannya masing-masing.

Mereka akan seru-seruan bareng dengan memainkan Werewolf mewakili board game, yang menjadi salah satu gim kreatif yang terus berkembang, dan Tebak gambar secara online.

Keseruan mereka pastinya bisa disaksikan oleh siapapun pada tanggal 4-5 Agustus 2020 di kanal YouTube GGWP.ID.

Baparekraf Game Prime 2020 PUBG Mobile Online Tournament

16 tim PUBG Mobile yang terdiri dari 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online akan bertanding memperebutkan total hadiah 100 juta Rupiah pada tanggal 4-5 Agustus 2020, dan bisa disaksikan secara langsung melalui livestream di kanal YouTube GGWP.ID

Seluruh tim yang nantinya akan bertanding adalah Louvre Esports, Morph, The Pillar, Bigetron ION, AURA, RRQ Ryu, Aerowolf, GEEK FAM, BOOM Esports, ONIC, NFT, BONAFIDE, Victim Esports, Alter Ego, NERO Team, dan FORA Esports.

Donasi Melalui KitaBisa, Bisa dapat Console Gim dan Kursi Gaming

Satu hal yang menunjukkan bahwa gamer juga peduli dengan pandemi saat ini, bekerja sama dengan KitaBisa, Baparekraf Game Prime menggalang gerakan #GamersPeduli. Melalui gerakan ini, siapa saja bisa memberikan donasi untuk mendukung garda depan serta korban dari pandemi COVID-19.

Untuk seluruh orang yang berdonasi melalui gerakan #GamersPeduli ini, akan ada apresiasi berupa satu unit console Nintendo Switch, PS4 Pro, dan kursi gaming untuk donatur yang beruntung.

 3,962 total views,  76 views today

Continue Reading

event

OPPO Reno4 Performance & Feature Experience Event

Published

on

Geeknews.id – Kehadiran teknologi pencitraan inovatif disertai dengan fitur kamera terbaru menjadikan Reno4 sebagai perangkat mobile photography terbaik di kelasnya. Di sisi perangkat keras, kehadiran prosesor Qualcomm Snapdragon 720G akan membantu performa Reno4 dalam menjalankan fitur-fitur kecerdasan buatan yang terintegrasi di dalamnya. Fitur dan performa andal tersebut juga didukung oleh perangkat lunak terbaru ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

Qualcomm Snapdragon 720G

Reno4 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor. Dibandingkan dengan MTK P95 pada Reno3 Pro, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46% dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26% berdasar hasil tes Geekbench. Sementara itu, kinerja GPU meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

30W VOOC 4.0

VOOC 4.0 mendukung pengisian daya hingga 5V / 6A 30W, yang dapat mengisi daya baterai 4015 mAh hingga 50% dalam waktu 20 menit dan 100% dalam waktu 57 menit.

AON Smart Sensor

OPPO memutuskan untuk menerapkan AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention, yang dibangun dengan memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas. Sensor tidak hanya dapat digunakan dalam perlindungan privasi, tetapi juga dapat memperluas fungsi pada fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On.

  • Smart Spying Prevention

Ketika Reno4 menerima pesan, sensor pintar yang telah disempurnakan dengan fungsi kecerdasan buatan pada ponsel dapat mengidentifikasi hanya pemilik ponsel yang boleh membuka layar. Apabila ternyata bukan pemilik ponsel, maka konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna.

Untuk lebih spesifik, algoritma pencegahan privasi ini dibangun selaras dengan perangkat keras berupa sebuah sensor yang canggih. Sensor ini akan secara otomatis menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan dan skala.

  • Jika hanya 1 (satu) wajah yang terdeteksi, maka kamera utama akan dihidupkan untuk mengidentifikasi wajah pemiliknya sendiri; jika ya, maka akan ditampilkan seluruh pesan.
  • Jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang (atau tidak ada orang) yang menghadap ke layar, maka pemberitahuan akan tetap ditampilkan tetapi konten tidak akan ditampilkan.

 

  • Smart Air Control

Reno4 merupakan ponsel OPPO pertama yang menghadirkan full-screen gestures ke lini seri ini. Smart Air Control memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno4 tanpa menyentuh layar. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar, yang sangat berguna pada situasi pandemi seperti saat ini guna mengurangi intensitas bersentuhan dengan layar.

  • Smart Always On Display

OPPO menerapkan fungsi yang akan meningkatkan pengalaman pengguna, seperti “Smart Always On Display”. Fitur ini dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, sehingga layar tidak akan mati. Fitur ini membuat Reno4 lebih cerdas dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Pada tingkat perangkat lunak, algoritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik pada cahaya rendah. Bahkan ketika tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux, Smart Sensor dengan penyempurnaan kecerdasan buatan dapat berfungsi sangat baik.

ColorOS 7.2

Dikembangkan dengan basis Android 10, hadir dengan mendukung fitur unik Dark Mode, terutama untuk beberapa aplikasi pihak ketiga yang belum mendapatkan dukungan fitur ini.

  • Super Power Saving Mode

Fitur ini memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi. Ada 6 (enam) aplikasi yang dapat ditampilkan pada layar Beranda dalam Super Power Saving Mode. Aplikasi Telepon, Pesan, dan Jam akan disertakan secara default, tetapi Anda dapat menggantinya dengan aplikasi lain. Ketika baterai ponsel Anda turun menjadi 10% dan 5%, sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode Super Hemat Daya. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%.

  • Super Night Time Standby

Dirancang untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna, fitur ini mengoptimalkan masa pakai baterai hanya 2% sepanjang malam, selama sekitar 8 jam.

  • Icon Pull Down Gesture

Solusi terbaik di industri untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di layar Beranda (Home) saat menggunakan ponsel dengan satu tangan. Ketika Anda menggeser ke arah atas, di bagian tepi kiri atau kanan layar Beranda, maka ikon aplikasi akan mengecil ke setiap ke sudut. Selanjutnya dengan posisi ibu jari tetap berada di layar, pengguna dapat memindahkan ikon aplikasi dan melepaskannya untuk membuka aplikasi.

  • Quick Return Bubble

Merupakan gelembung ikon mengambang di layer yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Misalnya, ketika pengguna menunggu untuk respawn (aksi pemain yang hidup kembali setelah terbunuh) dalam game, mereka dapat beralih ke layar lain sambil masih dapat melihat waktu respawn dalam gelembung. Ketika pengguna ingin melakukan respawn, maka mereka dapat mengetuk gelembung untuk kembali ke permainan.

* Game yang didukung saat ini: Mobile Legends, Mobile PUBG, Mobile Lite PUBG di India, Indonesia, Vietnam dan Thailand, AOV di Indonesia, Vietnam, Thailand.

  • Gravity Wallpaper

Wallpaper di layar Beranda dapat berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna memegang perangkat. Wallpaper dapat bergerak seolah-olah ditarik oleh gravitasi.

  • OPPO LAB

OPPO LAB adalah sebuah platform yang mana para engineer perangkat lunak OPPO dan pengguna dapat bekerja sama untuk menciptakan fitur-fitur inovatif. Pengguna dapat mencoba fitur-fitur ini sebelum dirilis secara resmi. Pengguna juga dapat memberikan umpan balik pada fitur tertentu atau membagikannya ke pengguna lain.

  • Decision Spinner

Merupakan aplikasi yang membantu untuk membuat keputusan dengan putaran roda. Spinner ini dilengkapi dengan berbagai pertanyaan seperti “Apa yang kita makan hari ini?” dan “Kemana kita pergi akhir pekan ini?” tentu saja, pengguna selalu dapat membuat sendiri pertanyaan, disertai dengan opsi jawaban.

  • Lab Ringtone

Dibuat dengan menyesuaikan gaya, nada, dan ritme pada panel slide yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat membuat nada deringnya sendiri. Nada dering unik yang dibuat dapat digunakan untuk panggilan, disimpan ke telepon, atau dibagikan melalui platform media sosial.

 OPPO Reno4 Performance & Feature

Processor

Qualcomm Snapdragon 720G

2,3 Ghz, 8nm Fabrication

Charging System

30W VOOC Flash Charge 4.0

4015 mAh battery Full in 57 minutes

Sensor

AON Smart Sensor

·         Smart Spying Prevention

·         Smart Air Gontrol

·         Smart Always on Display

Operating System

ColorOS 7.2 based on Android 10

OS Feature

·         Super Power Saving Mode

·         Super Night Time Standby

·         Icon Pull Down gesture

·         Quick Return Bubble

·         Gravity Wallpaper

·         OPPO LAB

 3,287 total views,  17 views today

Continue Reading

event

Rayakan Ulang Tahun Ketiga, Likee Hadirkan Karnaval “Likee Anniversary”

Published

on

Geeknews.id – Bertepatan dengan momentum ulang tahunnya yang ketiga, Likee, ​platform pembuatan video pendek global terkemuka, menghadirkan Karnaval “Likee Anniversary”. Berlangsung pada 21–29 Juli 2020, karnaval ini merupakan bentuk apresiasi kepada pengguna atas kebersamaannya sebagai konten kreator di Likee. Pengguna tidak hanya dapat menikmati konten-konten menghibur, tetapi juga dapat berpartisipasi untuk membuat konten menarik.

“Sebagai bentuk terima kasih atas pencapaian pada perayaan ulang tahun Likee yang ketiga ini, kami menghadirkan serangkaian aktivitas seru bagi pengguna pada Karnaval “Likee Anniversary”. Sejalan dengan tagline Likee yaitu ‘Saatnya Kamu Bersinar’, Karnaval kali ini mengajak para pengguna mengasah dan menyalurkan kreativitas mereka, di mana pengguna berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik dengan berpartisipasi dalam Karnaval ini,” ujar Theon Shu, Marketing Director Likee Indonesia.

Sebagai tema utama pada ulang tahun ketiganya, Karnaval “Likee Anniversary” menghadirkan beragam aktivitas yang terbagi ke dalam lima ​corner yaitu ‘Challenge Venue’, ‘Livestream Venue’, ‘Game Venue’, ‘Music Venue’, dan “Memory Venue”. Adapun serangkaian aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengguna, mencangkup:

  1. Menonton konser virtual sembari membantu sesama dicorner‘Music Venue’

 Berkolaborasi dengan Grab, Likee menggelar konser amal online bertajuk “Likee Grab Charity Concert” pada Kamis, 23 Juli 2020 pukul 19.00 hingga 21.00 WIB secara live di aplikasi Likee. Dimeriahkan oleh penampilan berbagai penyanyi Tanah Air seperti ​Aura Kasih, Vicky Shu, Tasya Rosmala, Clarice Cutie ​dan Nadia Zerlinda​, konser online ini diadakan sebagai bentuk kepedulian bagi keluarga mitra driver Grab yang terdampak pandemi Covid-19.

Untuk membuatnya lebih bermakna, Likee melaksanakan gerakan positif dan melibatkan pengguna untuk berpartisipasi di dalamnya. Saat konser berlangsung, pengguna dapat berdonasi agar tetap produktif sekaligus membantu sesama di tengah pandemi.

Selain konser, ​Likee juga mengadakan ​challenge #ThankYouHeroDriver di aplikasi ​Likee sebagai salah satu bentuk dukungan kepada para mitra ​driver Grab. ​Challenge ini memungkinkan para konten kreator untuk menceritakan pengalaman berkesan mereka bersama para ​driver Grab dalam bentuk kreasi video pendek.

  1. Mengasah kemampuan dan menangkan hadiah dicorner‘Livestream Venue’

Selain ​corner ‘Music Venue’, Karnaval “Likee Anniversary” juga menyediakan ​corner ‘Livestream Venue’, di mana pengguna berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah berupa ​item spesial Likee yang dapat diperoleh secara ​realtime setiap harinya. ​Corner ‘Livestream Venue’ menghadirkan aktivitas ‘The Guinness Challenge’​​bagi ​host​dan ‘​Anniversary Big’ bagi pengguna.

Terdiri dari lima level, ‘The Guinness Challenge’ memungkinkan ​host untuk mendapatkan hadiah secara ​realtime berdasarkan level individu yang dapat ditingkatkan setiap hari. Disaat yang bersamaan, para pengguna berkesempatan untuk memenangkan hadiah melalui ​challenge ‘Anniversary Big’ dengan menyelesaikan misi harian selama periode berlangsung. Pada puncak perayaan Karnaval “Likee Anniversary”, para ​host serta pengguna dengan akumulasi pencapaian harian terbaik akan mendapatkan hadiah utama.

  1. Mengekspresikan diri dan menunjukkan kreativitas dicorner‘Challenge Venue’

 Sesuai dengan ​tagline Likee yaitu ‘Saatnya Kamu Bersinar’, ​corner ‘Challenge Venue’ hadir sebagai bagian dari Karnaval “Likee Anniversary” untuk mengajak para pengguna merayakan ulang tahun Likee dengan mengekspresikan diri melalui ​challenge​#Likee3Tahun.

C​hallenge #​Likee3Tahun memperkenalkan fitur Likee bernama ‘​Happy 3rd Anniversary’ yang memungkinkan pengguna untuk merayakan ulang tahun Likee secara virtual. Dengan membuka corner ‘Challenge Venue’ di Karnaval “Likee Anniversary”, pengguna dapat berpartisipasi pada challenge#​Likee3Tahun​dengan menggunakan lagu dan tarian khusus.

  1. Mencari dan mengumpulkan harta karun dicorner ‘Gaming Venue’

 Tidak hanya mengadakan tantangan video pendek, Likee juga menghadirkan game sebagai bagian dari Karnaval “Likee Anniversary” pada ​corner ‘Gaming Venue’ yang bernama “Likee Treasure Hunt”. Melalui game ini, pengguna dapat menemukan harta karun berupa berlian dan berbagai ​itemspesial Likee lainnya.

  1. Mengenang perjalanan bersama Likee dicorner ‘Memory Venue’

 Hadir selama tiga tahun untuk menemani keseharian pengguna, Likee memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengabadikan momen kebersamaan tersebut dengan cara yang unik. Salah satunya adalah dengan fitur bernama ‘​Moments’yang dapat ditemukan di ​corner ‘Memory Venue’. Melalui aktivitas ini, pengguna dapat melihat rangkuman perjalanan mereka selama menggunakan Likee. Menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda, fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam momen berharga dengan membagikan konten berupa foto dan tulisan.

Likee menghadirkan wadah bagi pengguna untuk senantiasa menciptakan konten menarik dan ​engaging. Berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan, Likee juga menduduki peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee mendapatkan posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai ​challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee.

 1,386 total views,  15 views today

Continue Reading

event

3 Manfaat Memiliki Mentor untuk Sukses Berbisnis dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Published

on

Geeknews.id – Dari mempertajam keputusan bisnis hingga meluaskan koneksi dan kemitraan, kehadiran mentor dapat membantu dan membimbing kita menuju kesuksesan dalam perjalanan berbisnis.

Sebagai pemilik bisnis, terasa menyenangkan dan membanggakan saat menciptakan dan membangun visi kita menjadi bisnis sendiri. Namun sering terjadi kita tidak selalu tahu segalanya tentang apa yang harus kita lakukan untuk pengembangan bisnis berkelanjutan, dan tepat di sinilah mengapa keberadaan mentor untuk bisnis kita menjadi penting.

Topik inilah yang dibahas dalam webinar “The Importance of Finding the Right Business Mentor to Support You Entrepreneurial Mindset” yang digelar oleh Diplomat Success Challenge (DSC), salah satu kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia yang digelar sejak tahun 2009, pada Rabu (22/7) lalu. Webinar yang dilaksanakan atas kerjasama dengan MarkPlus Institute ini dilakukan secara online melalui video conferencing platform, menghadirkan pembicara Agung Bezharie, Co-Founder dan CEO Warung Pintar, dan Pangeran Siahaan, Founder dan CEO Asumsi. Simak hasil pembahasannya berikut.

Menyadari pentingnya proses mentorship dalam perkembangan wirausaha,

DSC kerap menghadirkan mentor-mentor berpengalaman di bidangnya

 Pentingnya Mentor Bisnis

Agung Bezharie menyampaikan, mentor berperan penting dalam perjalanan bisnisnya di Warung Pintar, perusahaan teknologi sektor mikro ritel yang membantu digitalisasi dan transformasi bisnis mikro (warung). Agung berbagi pengalaman tentang bagaimana mentor dapat membantu pebisnis, untuk mengembangkan pola pikir yang kuat dan keterampilan memecahkan masalah.

Pentingnya mentor adalah membantu membangun pola pikir kita sebagai pebisnis dari seseorang yang memiliki high-level view. Ada istilah: kita adalah rata-rata 5 orang di sekitar kita. Jika kita bisa mendesain 5 orang di sekitar kita yang bisa menjadi sumber daya pengetahuan dan pengalaman, yang mana hal itu bisa kita dapatkan dari mentor kita, kemungkinan besar kita bisa mencapai apa yang kita cita-citakan”, ujar Agung.

Sedangkan bagi Pangeran Siahaan, memiliki mentor adalah hal krusial dalam perjalanan bisnis, termasuk dalam perjalanannya mengembangkan Asumsi, perusahaan media multi-platform yang berfokus pada current affair dan budaya pop untuk audiens muda.

Tahun lalu, Pangeran adalah salah satu mentor DSC X 2019, dan ia juga berbagi tentang pengalamannya sebagai mentor. “Kesan saya dari pengalaman DSC X tahun lalu adalah saya juga banyak belajar dari para peserta. Kita sama-sama belajar, menjadi sebuah pengalaman yang membuka mata,” kata Pangeran.

Menurut Pangeran, hal utama dari seorang pebisnis adalah self-awareness, dalam hal ini, mengetahui ada hal-hal yang tidak kita ketahui.

Kadang pebisnis dengan segala egonya, merasa bisa menangani sendiri. Padahal tidak mungkin kita bisa mengetahui segala hal. Kita harus berdamai dengan diri kita sendiri, bahwa tidak semua bisa kita tahu, dan justru dengan tahu apa yang kita tidak tahu, kita bisa mencari orang untuk membantu. Kita bisa mencari orang yang lebih pintar, superior, atau berpengalaman, yaitu mentor kita, untuk kita dengarkan,” tambah Pangeran lebih lanjut.

Pangeran Siahaan saat menjadi salah satu national mentor di gelaran DSC X tahun 2019 lalu

Manfaat Memiliki Mentor untuk Sukses Berbisnis

Berikut adalah sejumlah manfaat dari memiliki mentor dalam perjalanan bisnis dan membangun kesuksesan:

  1. Mendapatkan perspektif lebih luas

Manfaat nyata memiliki mentor adalah kita punya tempat bertanya, dan mendapat nasihat berharga dari yang lebih berpengalaman, untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kita dalam berbisnis. Seorang mentor juga membantu kita melihat masalah dan situasi dari perspektif eksternal, misalnya, melalui kacamata pelanggan, calon investor atau pemerintah.

Mentor telah bertemu banyak orang dan menangani banyak hal, mereka bisa membantu kita melihat lebih luas, dari perspektif ekonomi, sosial, dan lainnya, jadi kita bisa melatih cara berpikir kita,” ujar Agung.

Mentorship bukan melulu tentang berbagi hal teknis how-to-do, sebab saya percaya tidak ada yang lebih tahu caranya selain pelaku bisnisnya sendiri. Tapi mentor membantu memperluas horizon pemikiran kita, berkat asam garam pengalaman mereka yang sudah lebih jauh dan dalam, sehingga misalnya nanti kita menghadapi masalah, kita punya pendekatan atau solusi yang baru, segar, atau lebih tepat,” ungkap Pangeran.

  1. Memperluas jejaring dan kemitraan

Selain memberikan pengetahuan dan dukungan, mentor juga dapat membantu kita memperluas jejaring profesional, karena mentor yang baik biasanya memiliki jejaring yang luas juga. Ini berarti kemungkinan besar kita juga bisa terbantu tersambung dengan kontak yang relevan atau bertemu mitra baru, yang dapat membantu bisnis kita untuk terus bertumbuh.

Ada istilah ‘No man’s island’, kita perlu terkoneksi dengan orang lain. Dan mentor kita yang sudah punya bisnis berjalan dengan jejaringnya, bisa bermanfaat untuk kita jadi terkoneksi dalam berbagai hal, dari mulai pasar hingga pendanaan,” ujar Pangeran.

  1. Melatih mental lebih kuat

Lebih dari mendapatkan informasi metode atau strategi bisnis, yang krusial dari mentor adalah mendapatkan pengalaman mereka yang amat mahal harganya, dan seringkali tidak ada di buku atau ruang kelas. “Technicalities could be learned and taught, but mentality could only be shaped through time. Hal-hal teknis bisa kita ketahui dari sesi tutorial atau buku, tapi yang tidak bisa singkat adalah soal mentalitas,” kata Pangeran.

Dari mentor, kita bisa menyadari perjuangan yang kita alami sekarang, akan mempersiapkan kita untuk menjadi pebisnis yang lebih baik di masa depan. “Contoh di era pandemi seperti sekarang, banyak bisnis terguncang. Di sinilah perlu mental yang kuat, yang mana mungkin pernah ditempa masa sulit, sehingga bisa melaluinya. Kebijaksanaan ini hanya bisa diraih dari waktu dan pengalaman, dan ini yang bisa kita pelajari dari mentor,” ujar Pangeran. 

Tips Mendapatkan Mentor

Mentor dapat membimbing kita menuju kesuksesan, dan memberi kita banyak keuntungan. Lalu bagaimana cara mendapatkannya?

Jangan ragu mendekati calon mentor

Seorang mentor tidak harus selalu sosok yang lebih tua dari kita, atau seorang CEO terkenal yang sukses. Mentor sesungguhnya bisa juga kolega, teman, bos, atau anggota keluarga, yang sekiranya sesuai kebutuhan kita, kita tertarik untuk belajar lebih jauh padanya, dan kita percaya mereka bisa membantu mengembangkan bisnis kita.

Jangan ragu mendekati calon mentor untuk membuat hubungan mentor dan mentee lebih formal. “Mungkin bisa mulai dari orang terdekat, seperti saya misalnya, mentor saya adalah mantan bos. Apabila memiliki intensi sama, kita bisa tanyakan apakah mereka tertarik menjadi mentor. Jika bersedia, maku bangunlah hubungan yang baik dengan mentor,” ujar Agung.

Pangeran menyampaikan, di masa media sosial semakin memudahkan komunikasi seperti saat ini, bahkan kita bisa bertemu dan menyapa calon mentor melalui pesan Instagram atau LinkedIn, misalnya. Pangeran juga menyarankan untuk bisa mengidentifikasi kebutuhan terlebih dulu, dan temukan mentor berbeda, sesuai area keahlian mereka dan sesuai kebutuhan kita.

Karena saya memiliki pengalaman di media, saya mungkin tidak perlu mentor di dunia tersebut. Tapi karena saya tidak berpengalaman dalam hal seperti pembukuan keuangan yang benar untuk perusahaan, misalnya, maka saya mencari mentor di bidang tersebut,” kata Pangeran.

Sampaikan keinginan dan kebutuhan dengan jelas

Pastikan bahwa kita menyampaikan secara spesifik dan jelas tentang keterampilan atau bimbingan apa kita inginkan dan butuhkan. Kita juga bisa menyampaikan bagaimana pengaplikasiannya nanti dalam jadwal, misalnya, apakah sesi mentorship melalui panggilan telepon seminggu sekali, atau pertemuan sebulan sekali, atau lebih fleksibel.

Agung misalnya, cukup rutin berinteraksi dengan mentornya, sekitar seminggu atau 3 hari sekali untuk saling kontak melalui telepon. Agung juga percaya bahwa mentor adalah juga pihak yang berinvestasi di kesuksesan kita, maka ia menyarankan untuk kita bisa meminta mentor bukan hanya menjadi sekadar mentor untuk berbagi saran, tapi juga sebagai investor.

Rata-rata mentor kami adalah juga investor, yang secara legal sebagai shareholders. Saya sarankan mentor untuk bisa sekaligus berinvestasi juga, misalnya menyumbang dana atau sumber daya lainnya, jadi bukan mentor yang hanya sebatas bincang sesekali saja, tapi terlibat lebih jauh untuk sukses bersama,” kata Agung.

Berikan nilai lebih kepada mentor

Relasi antara kita dan mentor bukanlah jalan satu arah. Untuk hubungan yang lebih menguntungkan dan sukses, kita sebagai mentee perlu juga memberi nilai lebih pada mentor. Sebab hubungan mentorsip yang baik adalah bekerja di kedua arah, di mana mentor kita dapat belajar juga tentang ide-ide baru, strategi, dan taktik dari kita, sama seperti kita belajar dari pengalaman dan kebijaksanaan mereka.

Selain saling belajar, kita juga bisa memberikan nilai lebih lainnya, misalnya kesempatan pada mentor kita untuk memperluas jejaring mereka juga melalui jejaring yang kita miliki, hingga kesempatan berbagi pada komunitas dan masyarakat.

Gali Inspirasi dari Webinar

Pilihan lain untuk mendapatkan mentorship adalah juga melalui inisiasi atau program yang menaruh perhatian pada ekosistem wirausaha, seperti misalnya melalui DSC. Disampaikan oleh Edric Chandra, penyelenggara DSC XI 2020, mentorship adalah bagian penting dari keseluruhan program di DSC. “Melalui DSC, kita mendukung para pemilik bisnis dari kalangan muda terus bertumbuh, dengan pemberian dana hibah, jejaring, dan juga mentorship dari ahli,” ujar Edric.

Webinar DSC berkolaborasi dengan MarkPlus Institute dalam rangkaian DSC XI 2020

Melalui webinar kali ini, DSC ingin meningkatkan kesadaran akan manfaat dari mentorship untuk mendorong kemajuan bisnis. Webinar ini sendiri digelar dalam rangka serangkaian webinar dari DSC sepanjang bulan Juli dan Agustus 2020, bersamaan dengan pembukaan dan pendaftaran program DSC pada tahun 2020 ini, yang rencananya akan dilakukan pada 19 Agustus 2020 mendatang.

Setelah webinar pertama ini, seri webinar DSC XI dan MarkPlus Institute berikutnya akan diadakan kembali dengan beragam tema wirausaha dan narasumber berpengalaman lainnya. Berikut jadwal selengkapnya:

  • 5 Agustus 2020 – Business Plan: Is It Still Relevant Today? dengan pembicara: David Soong (Founder SweetEscape) dan Steve Saerang (VP of Communication DANA Indonesia)
  • 26 Agustus 2020 – Is There Any Platform In Indonesia That Truly Care About Entrepreneurship Ecosystem? dengan pembicara: Jourdan Kamal (Founder & CEO Maubelajarapa.com) dan Kevin Osmond (Co-Founder & CEO Printerous)
  • 9 September 2020 – Beating the Odds and Finding the Right Momentum for Your Business to Grow, dengan pembicara: Gibran Huzaifah (Founder & CEO e-Fishery) dan Danu Sofwan (CEO Radja Cendol)
  • 1 Oktober 2020 – Why Some Business Succeed and The Others Failed? dengan pembicara: Billy Kurniawan (Founder Jiwa Group–Janji Jiwa Coffee & Jiwa Toast) dan Wafa Taftazani (Co-founder & President Commissioner of ModalRakyat.id).

Nantikan update webinar dan pembicaranya di lini masa media sosial DSC XI 2020, @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses; serta situs diplomatsukses.com.

 1,273 total views,  15 views today

Continue Reading

event

Tantangan #SamaSamaNyaman Ajak Remaja Jadi Warga Digital yang Bijak

Published

on

Geeknews.id – Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional, TikTok, aplikasi video singkat, meluncurkan tantangan tagar #SamaSamaNyaman untuk mendorong remaja agar menjadi warga digital yang bijak.

Data Digital Report 2020 oleh Hootsuite menunjukkan bahwa pengguna internet yang didominasi oleh remaja, rata-rata menghabiskan 7 jam dan 59 menit per hari di internet. “Saat masa pandemi Covid-19, kita dapat melihat semakin banyak orang termasuk anak remaja menghabiskan banyak waktu di internet, bukan hanya untuk kegiatan belajar dari rumah, tetapi juga untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarganya. Seperti halnya semua aplikasi yang mungkin digunakan oleh anak remaja kita, akan sangat membantu untuk mempelajari berbagai pilihan aplikasi untuk orangtua dan keluarga, serta mengetahui apa saja potensi resikonya,” ujar Samanta Ananta, M.Si, Psikolog Anak dan Keluarga.

Tantangan tagar #SamaSamaNyaman di aplikasi TikTok mengajak pengguna untuk lebih memperhatikan pentingnya remaja agar lebih bijak, terutama saat mengunggah konten berbahaya dengan tujuan hiburan ataupun menjadi viral. Untuk ikut serta dalam tantangan ini, pengguna dapat melakukan hal berikut:

  1. Rekam video dan gunakan stiker #SamaSamaNyaman lalu ikuti koreografinya.
  2. Unggah video bersamaan dengan tagar #SamaSamaNyaman, gunakan pengaturan Publik untuk videonya.
  3. Bagikan video ke platform media sosial yang lain, lalu ajak teman-teman yang lain untuk bergabung.

“TikTok berkomitmen untuk membina lingkungan yang positif dan inklusif dimana siapapun, dengan batas usia minimum 14 tahun, dapat mengekspresikan diri mereka dengan aman,” ujar Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina. “Meskipun banyak yang memanfaatkan platform TikTok untuk mencari hiburan, belajar, dan berinteraksi dengan komunitasnya, masih akan ada beberapa pengguna yang mengunggah konten yang menampilkan perilaku berbahaya, seperti aksi amatir atau tantangan yang membahayakan. Oleh karena itulah, kami mendorong pengguna untuk berhenti dan berpikir tentang dampak mengunggah konten semacam itu, serta mengingatkan mereka untuk mengikuti kebijakan dan memanfaatkan fitur yang ada untuk bantu menghentikan masalah seperti ini.”

Lebih jauh lagi, Samanta memberikan beberapa tips untuk orang tua yang merasa cemas mengenai cara menjaga keamanan anak remajanya di dunia maya.

  • Kenali platform yang digunakan oleh anak remaja Anda dan cobalah untuk mempelajarinya. Mulailah dari yang paling mendasar, seperti diskusi apa yang terjadi di dalam aplikasi tersebut, fitur atau fungsi yang tersedia, dan yang paling penting, dengan siapa anak remaja Anda berkomunikasi dengan di platform tersebut.
  • Memulai obrolan. Triknya adalah tidak hanya memoderasi dan membatasi penggunaan aplikasi, tetap juga untuk menggunakan aplikasi tersebut sebagai cara mempererat hubungan dan menghabiskan waktu bersama. Akan lebih bagus lagi jika Anda dan anak remaja bisa mengobrol secara tulus dan bukan dibuat-buat tentang fitur yang paling mereka sukai. Dengan begitu, mereka akan mendatangi Anda jika butuh bantuan, dan Anda pun juga sudah paham dengan teknologi yang mereka gunakan.
  • Penting sekali untuk menjaga komunikasi Anda dengan anak remaja agar tetap terbuka, dan bisa membahas tentang pengaturan privasi, waktu yang dihabiskan di internet, dan jenis kegiatan atau tantangan tagar apa yang mereka ikuti. Komunikasi yang lancar dengan anak remaja bisa membuat mereka lebih nyaman bicara dengan Anda tentang masalah mereka, dan tidak mengumbarnya di media sosial atau platform lainnya.
  • Jelaskan bahwa Anda mengharapkan mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka dan meminta mereka bertanggung jawab atas perilaku mereka. Penting untuk belajar tentang keamanan online bersama dengan remaja, sehingga mereka juga menyadari risiko apa yang mungkin mereka hadapi jika tidak menjadi warga digital yang bijak.

TikTok bekerja sama dengan para pakar industri, organisasi non-pemerintah (LSM) dan asosiasi industri di seluruh dunia untuk membantu memastikan bahwa kebijakan, teknologi, dan kontrol privasi melindungi dari tantangan industri seputar penyalahgunaan platform. Di Indonesia sendiri, TikTok telah bekerjasama dengan Komunitas Sudah Dong untuk kampanye anti perundungan siber, serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia untuk mengedukasi pentingnya peran orang tua dalam menjaga keamanan internet anak remaja.

Pelajari lebih lanjut tentang upaya keamanan TikTok dan Panduan Komunitas kami. TikTok tersedia di lebih dari 150 negara dan wilayah dalam 75 bahasa. Unduh aplikasi TikTok melalui iOS atau Google Play.

 1,881 total views,  15 views today

Continue Reading

Trending