Connect with us

StartUp

Peresmian Kerja Sama Industri Gim

Published

on

Geeknews.id – Agate yang kini telah genap berusia 10 tahun mengambil bagian dalam peresmian kerja sama untuk pengembangan industri gim Indonesia bersama Summarecon Bandung, Bekraf, dan Pemprov Jawa Barat. Acara yang dihadiri oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat, Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Bekraf, dan Herman Nagaria selalu Direktur Bisnis dan Pengembangan Properti Summarecon Agung juga menandai peresmian kantor baru Agate di area Teknopolis Bandung, di kawasan Summarecon, Gedebage, Bandung.

Industri gim sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif, memiliki potensi bisnis yang sangat besar yang dapat berkontribusi untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.Sayangnya, potensi tersebut masih belum tergarap dengan baik dan maksimal, khususnya di Indonesia. Industri gim global bahkan memiliki pendapatan terbesar dibanding industri fim dan musik global. Arief Widhiyasa dalam diskusi panel pada acara peresmian juga menuturkan bahwa terjadi mismatch antara dana pengembangan industri gim dengan industri hiburan lainnya yang mengakibatkan sulitnya industri ini untuk berkembang.  Hingga kini, pangsa pasar untuk gim-gim lokal masih berada di kurang dari 5%. Melihat permasalahan ini, ketiga institusi di luar Agate sebagai pelaku utama industri gim, mulai melirik untuk turut mengembangkan industri ini.

Agate, sebagai salah satu perusahaan gim lokal terdepan di Indonesia berekspektasi, kerja sama ini diharapkan dapat membuka jalan bagi sumber daya dan pelaku-pelaku baru di industri gim Indonesia, serta dapat menghidupkan ekosistem industri yang memadai. Dengan pengalaman selama 10 tahun, Hari Santosa dan Ridwan Kamil mengamini mimpi dan kerja keras Agate yang telah menjadi salah satu outlier (mengambil referensi dari buku karangan Malcolm Gladwell, Outliers) untuk industri gim Indonesia. Hal ini dituturkan oleh Hari Santosa bahwa Agate di masa-masa awalnya merupakan start-up yang paling rajin mengikuti coaching dari Bekraf hingga akhirnya pelan-pelan dapat berjalan secara independen.

Selain itu, sejalan dengan visi Kota Bandung sebagai Kota Kreatif, Summarecon Agung juga melihat potensi tersebut. Bersama dengan Pemkot Bandung kala itu, Summarecon Agung lalu berencana membangun Teknopolis di dalam kawasan Summarecon Bandung. Teknopolis Bandung diharapkan dapat menjadi Sillicon Valley versi Indonesia yang akan diramaikan oleh berbagai pelaku industri kreatif, khususnya yang berasal dari Bandung. Dan Agate, menjadi salah satu perusahaan yang telah resmi mendiami Teknopolis Bandung sejak Februari 2019.

Sumber : Agate

2,425 kali dilihat, 49 kali dilihat hari ini

game

Game Petualangan Anak Kembar Nisa & Musa di Bulan Ramadan

Published

on

Geeknews.id – Diikuti kepopuleran serangkaian game viral ala GAMBIR STUDIO seperti game “TTS Lontong” , “Masuk Pak Eko” dan “Jurit Malam”, pasar gaming lokal kembali diperkenalkan dengan game anak terbaru mereka di bulan Ramadan ini yang berjudul “ Nisa & Musa : The Adventure of Ramadhan”

Permainan ini berkisah tentang petualangan 2 anak kembar di sebuah kampung nun jauh disana, dua saudara ini bernama Nisa dan Musa, kedua anak sholeh ini rajin membantu orang tua mereka dan melakukan tindakan terpuji lainnya.

Di edisi spesial ramadan kali ini, Nisa dan musa harus menyelesaikan berbagai rintangan untuk menahan godaan dari berbagai makanan dan minuman yg mereka temui di tengah perjlanan agar puasa mereka tidak batal.

Di permainan ini, player dapat memilih untuk menjadi Karakter Nisa atau Musa .

Nisa & Musa : The Adventure of Ramadan game features :

⁃        Lebih dari 40 stage yang bisa dimainkan

⁃        Side scroll platformer

⁃        10 kostum yang dapat dipilih untuk character

⁃        3D Experience

Game ini sudah dapat di download untuk pengguna Android mulai hari ini secara GRATIS. Untuk pengguna iOS juga akan dapat menikmati permainan ini dalam waktu dekat.

Sumber : Gambir Studio

1,054 kali dilihat, 60 kali dilihat hari ini

Continue Reading

event

Game Indonesia Menangkan Penghargaan di Kancah Internasional SEA Game Awards Dalam Acara Level Up KL 2018

Published

on

Geeknews.id – Penghargaan tahunan SEA Game Awards yang kedua baru saja berlangsung pada tanggal 31 Oktober 2018 kemarin dalam acara Level Up KL 2018 di Malaysia. SEA Game Awards adalah sebuah penghargaan yang bertujuan untuk mengapresiasi dan merayakan kreativitas, kesenian, dan kelihaian teknik para pengembang game terbaik dari seluruh wilayah Asia Tenggara.

Pada tahun ini, terdapat 10 jenis penghargaan yang diberikan untuk game-game dari berbagai jenis platform. Dari 104 game yang didaftarkan secara online dari seluruh kawasan Asia Tenggara, terpilih 40 game sebagai finalis yang kemudian dinilai oleh tim juri secara offline sebelum dianugerahi penghargaan.

Di sanalah penghargaan Best Story Telling dan Best Visual Art dimenangkan oleh game-game usungan Toge Productions dari Indonesia, yaitu Coffee Talk dan She and The Light Bearer (dikembangkan oleh Mojiken Studio).

Coffee Talk adalah game di mana pemainnya dapat mendengarkan berbagai problema karakter-karakter yang ada di dalamnya, dan membantu mereka dengan cara menyajikan minuman hangat menggunakan berbagai bahan yang tersedia di cafe. Game tersebut mencoba untuk menggambarkan kehidupan dengan se-manusiawi mungkin, dengan karakter-karakter yang bahkan bukan hanya manusia.

Sementara She and The Light Bearer adalah sebuah game petualangan yang dikemas dengan musik dan ilustrasi yang memanjakan indera. Game tersebut mengambil estetika dari buku cerita dan dongeng, di mana keindahan ilustrasi, puisi, dialog, dan musiknya akan membawa para pemainnya merasakan pengalaman bermain game yang syahdu.

Sebagai penerbit game yang terus aktif merilis game, Toge Productions juga akan segera mengeluarkan game terbarunya yang berjudul Rage in Peaceyang dikembangkan oleh developer Rolling Glory Jam. Rage in Peace dijadwalkan untuk dirilis di PC dan Mac via Steam dan Nintendo Switch pada tanggal 8 November 2018.

Berikut adalah daftar lengkap para pemenang penghargaan SEA Game Awards 2018:

  • Grand Jury Award – No Straight Roads (Metronomik/Malaysia)
  • Audience Choice Award – Iteno (Why Creative/Malaysia)
  • Rising Star Award – Songbird Symphony (Joysteak Studios/Singapore)
  • Best Technology – Nightstream (Streamline Games/Malaysia)
  • Best Visual Art – She and The Light Bearer (Mojiken Studio/Indonesia)
  • Best Game Design – Re: Legend (Magnus Games/Malaysia)
  • Best Audio – Songbird Symphony (Joysteak Studios/Singapore)
  • Best Storytelling – Coffee Talk (Toge Productions/Indonesia)
  • Best Innovation – Simulacra: Pipe Dreams (Kaigan Games/Malaysia)
  • Best Student Game – Terminus Lockdown (Glenmarie Games KDU University/Malaysia)

Sumber : Level Up KL 2018

2,657 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Continue Reading

StartUp

Aidia Network Mengembangkan Content Marketing Platform Berbasis AI

Published

on

Geeknews.id – Marketing jadi sesuatu yang sulit dilakukan tanpa keberadaan konten yang membantu audiens memahami produk yang dibutuhkan. Di sinilah terletak arti penting keberadaan content marketing platform yang bertugas merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik perhatian konsumen atau audiens.

Dalam beberapa dekade terakhir, permintaan konten menunjukan kecenderungan naik dari tahun ke tahun. Ini disebabkan karena banyak sekali perusahaan, baik dalam skala kecil maupun besar, yang membutuhkan situs. Ketika setiap situs membutuhkan konten, keberadaan penulis jadi penting. Artinya, konten bagus takkan bisa dibuat tanpa ada penulis.

Menyadari kebutuhan tersebut, Aidia Network mengembangkancontent marketing platform berbasis Artificial Intelligence (AI). “Fungsi AI adalah untuk memberi saran atau sugesti topik penulisan kepada penulis,” kata Beny, Director dari Aidia Network.

Sebagai anak perusahaan EMC Group, Aidia Network bergerak di bidang penyediaan konten. Aidia Network mempermudah proses pembuatan dan pendistribusian konten antara agensi, brand, dan penulis.

“Dengan total penulis berjumlah 300-an orang yang bergabung sebagai partner,  Aidia Network menyediakan platform yang menghubungkan ketiganya,” lanjut Beny.

Bagi seorang penulis, menemukan topik penulisan yang segar jadi sebuah kebutuhan yang mesti dipenuhi.  Pertanyaannya, di tengah jutaan konten online yang tersebar di berbagai kanal situs, bagaimana cara menemukan ide penulisan yang unik dan segar? Fitur AI menyediakan jawaban untuk itu.

Keunggulan content marketing platform berbasis AI yang dikembangkan oleh Aidia Network terletak pada fitur Research Assistant. Fitur ini dikembangkan untuk membantu penulis menemukan rekomendasi topik tertentu, kemudian menggunakannya untuk menulis artikel konten dengan perspektif yang unik dan enak dibaca.

Keberadaan AI untuk kepentingan riset memang membantu penulis ketika memproduksi konten. Hasil sugesti membantu penulis menyortir sumber penulisan yang tidak relevan, sekaligus membantu penulis memilih informasi yang relevan untuk mengembangkan topik konten.

Dalam soal pembuatan dan pendistribusian konten, content marketing platform yang dikembangkan Aidia Network menjembatani agensi dan brand yang ingin terhubung dengan penulis, untuk membuat artikel konten yang lebih baik.

Dengan demikian, Content Marketing Platform yang dikembangkan Aidia Network membantu agensi dan brand memperoleh konten yang didasarkan pada riset.

Sumber : Aidia Network

4,580 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Blockchain

Line Umumkan Rencana Pencanangan Ekonomi Token Line dan Peluncuran Lima dApps

Published

on

Geeknews.id – LINE Corporation telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan lima aplikasi baru yang terdesentralisasi. Kelima aplikasi ini memiliki beberapa kategori layanan, yakni perkiraan, tanya jawab, ulasan produk, ulasan makanan, dan peninjauan lokasi menggunakan media sosial. Pengumuman mengenai peluncuran dApps ini, dilakukan pada saat berlangsungnya konferensi pers, di mana perusahaan mengungkapkan spesifikasi rinci dan teknologi pada konsep Ekonomi Token LINE.

1. dApps, singkatan dari decentralized applications atau aplikasi terdesentralisasi, merupakan aplikasi berjenis open-source yang dibangun dengan teknologi blockchain.

2. BITBOX merupakan sebuah layanan token digital dan operasi bisnis yang berhubungan dengan blockchain.

3. Ekonomi Token merupakan jenis layanan ekonomi, berpusat pada token unik yang diterbitkan dan diedarkan secara internal.

Ekonomi Token menggunakan jaringan blockchain yang dikembangkan secara internal oleh LINE, yaitu LINK Chain (MainNet) guna mengembangkan ekosistem yang bertujuan untuk mempermudah hubungan antara pengguna dan penyedia layanan guna memperomosikan co-creation dan pertumbuhan timbal balik. Pengguna bisa mendaftarkan diri mereka dan mulai menggunakan layanan dApp apapun yang diumumkan hari ini, atau layanan lain yang akan menjadi bagian ekosistem, agar bisa mulai mendapatkan koin universal LINK Point (untuk wilayah Jepang) atau LINK (untuk pasar di luar Jepang).

4. LINK Point (untuk wilayah Jepang) dan LINK (untuk pasar di luar Jepang) akan diluncurkan oleh LINE Tech Plus Corporation.

5. Kalkulasi berdasarkan pada website peringkat token digital, CoinGecko.

Secara bertahap, LINE akan merilis layanan-layanan dApp yang bisa dinikmati dengan menggunakan koin universal, LINE Point (untuk wilayah Jepang). Teknologi blockchain sendiri saat ini tengah menjadi objek berbagai penelitian untuk membuktikan keabsahan konsepnya untuk berbagai perusahaan di seluruh dunia. Teknologi ini sangat berpotensial untuk mengubah dunia secara drastis. Mayoritas layanan-layanan yang ada saat ini memiliki admin terpusat untuk mengatur dan menjalankan layanannya, sistem ini seringkali hanya menjadi sebuah kotak hitam dan layanannya menjadi tidak bisa diakses saat server milik perusahaan bersangkutan rusak.

Sumber : LINE

4,957 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Continue Reading

StartUp

Kaskus Perkenalkan Kaskus TV, Situs Video Terkait Minat dan Hobi

Published

on

Geeknews.id – KASKUS terus berinovasi untuk mempertajam sekaligus memperkuat posisi sebagai situs terdepan dalam berdiskusi dan berinteraksi mengenai mengenai minat, hobi dan komunitas di Indonesia. Setelah melakukan pembaruan desain dan menampilkan 10 kanal yang mewakili topik minat dan hobi pada pertengahan Agustus lalu, kini memperkenalkan KASKUS TV.

Terintegrasi erat dengan Forum, KASKUS TV adalah situs video dengan pendekatan program dan video format pendek seputar minat, hobi dan gaya hidup. Dalam menghadirkan kontennya, KASKUS TV bekerjasama dengan para pegiat hobi, komunitas, dan para partner konten.

“KASKUS TV menghadirkan tayangan konten yang sudah dikurasi dan spesifik mengenai minat dan hobi, sesuai dengan fokus utama KASKUS. Di tahap awal ini, KASKUS TV menghadirkan lebih dari 45 katalog program dengan total durasi lebih dari 200 jam video. Kami berharap berbagai program yang ditayangkan dapat melengkapi, memberikan informasi dan hiburan, serta menghidupkan diskusi serta interaksi para kaskuser dan komunitas,” Kata Edi Taslim – CEO KASKUS Networks.

Peluncuran dilaksanakan pada hari ini yang dihadiri oleh Ricky Pesik, Wakil Kepala BEKRAF, Angga Dwimas Sasongko, CEO & Founder Visinema Pictures, Adib Hidayat, Host Original Program “BERMUSIK”, Sheryl Sheinafia, Penyanyi & Bintang Tamu “BERMUSIK”, dan perwakilan komunitas.

Dalam peluncurannya ada beberapa program original yang dibuat khusus, seperti BERMUSIK, sebuah web series mengenai musik dan hobi yang dipandu oleh Adib Hidayat dengan bintang tamu Dipha Barus, Armand Maulana, Ari Lasso serta Sheryl Sheinafia.

KASKUS TV menghadirkan konten-konten berkualitas melalui kerjasama dengan beberapa partner, seperti Narasi.TV, Endeus.TV, Opini.id, SuperMusic, SuperAdventure, Indonesia Kaya, DailySocial dan Kumparan. Secara khusus bekerjasama dengan Visinema Pictures untuk menayangkan secara eksklusif beberapa serial film pendek karya rumah produksi yang sudah tak asing lagi namanya di industri perfilman Indonesia tersebut.

Selain itu juga, konten video mengenai minat dan hobi unik, berkolaborasi dengan para pegiat hobi serta komunitas seperti Traveller, Table Tennis Club, Motovlogger, SJCam, IndoExoticPets, Adityalogytv, Shitlicious, AToyZ, Regional Malang dan Regional Karesidenan Madiun.

Sejak beberapa waktu, KASKUS telah menyediakan fasilitas auditorium yang dapat digunakan secara cuma-cuma oleh para komunitas untuk berkumpul dan berdiskusi. Bersamaan dengan peluncuran KASKUS TV, kini juga disediakan fasilitas studio mini lengkap dengan peralatan dan operatornya. Studio rekaman ini diharapkan dapat melayani keinginan kaskuser dan komunitas untuk berbagi pengetahuan dan keunikan hobi mereka melalui format konten video dan audio.

Sumber  : Kaskus.co.id

4,259 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Trending