Connect with us

event

Mobile Legends Intercity Championships Turnamen Baru untuk Para Gamer

Published

on

Geeknews.id — Sebuah turnamen baru kembali dipersiapkan oleh Moonton selaku penerbit Mobile Legends: Bang Bang. Bertajuk Mobile Legends Intercity Championship, atau disingkat MIC, turnamen ini diadakan dengan tujuan membawa euforia dan esports experience kepada para pecinta esports di tanah air, serta memberikan edukasi tentang esports melalui pertandingan dan berbagai aktivitas komunitas.
Lius Andre selaku perwakilan Moonton mengatakan, “Dengan rangkaian acara Skala Besar yang disiapkan pada tahun 2019 seperti MPL Season 3, MSC 2019, dan juga MLBB World Cup, kami tidak pernah melupakan penggemar MLBB di Indonesia. MIC adalah jawaban untuk para penggemar semua kota di Indonesia!”


Chief Growth Officer RevivalTV, Irliansyah Wijanarko mengatakan, “Setelah MPL Season 2 dan MSC 2018 yang kami kelola tahun lalu, sekarang kami datang dengan MIC. RevivalTV akan terus mendukung esports Indonesia.”


Berangkat dari tujuan awal Moonton yaitu ingin memajukan esports di Indonesia, Mobile Legends Intercity Championship diselenggarakan untuk menciptakan sejarah baru dan mencari tahu bakat dan pemain baru Mobile Legends: Bang Bang dari seluruh Indonesia, dimana mereka akan bertanding untuk memperebutkan titel bergengsi “Legends of Nusantara” dan hadiah uang tunai. Total hadiah yang dapat diperebutkan senilai US$ 5000 ditambah 162000 Diamonds untuk setiap kota.


Mobile Legends Intercity Championships dijadwalkan untuk diselenggarakan secara berurutan di 8 kota besar Indonesia yaitu Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Jakarta. Turnamen ini akan berjalan selama 8 bulan dengan pembagian 1 bulan untuk setiap kotanya. Para pemenang dari setiap kota akan dipertemukan dengan pemenang di kota selanjutnya. Pemenang kota pertama akan pergi ke kota berikutnya untuk bertemu dengan pemenang di kota itu sebagai pertarungan kota. Pemenang pertarungan kota akan datang ke kota ketiga dan bertemu pemenang kota ketiga.

 2,636 total views,  3 views today

event

Kolaborasi BNI x Jenius Permudah Pengguna Layanan Top up BNI Tapcash

Published

on

Geeknews.id — Transaksi non-tunai menjadi pilihan metode pembayaran lebih mudah dan aman, terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19. Masyarakat yang telah kembali aktif beraktivitas, tentunya membutuhkan kemudahan transaksi untuk menunjang kesehariannya. Untuk itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bekerja sama dengan PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) dengan memungkinkan masyarakat melakukan top-up (isi ulang) BNI TapCash melalui Aplikasi Jenius. Kerjasama ini kami harapkan akan semakin melengkapi pelayanan yang diterima oleh masyarakat, baik nasabah BNI TapCash, pengguna Jenius, maupun yang belum menggunakan keduanya.

Demikian penjelasan Pemimpin Divisi E-Banking BNI Sri Indira pada konferensi pers yang diadakan di Jakarta, Kamis (24 September 2020). Turut hadir pada kesempatan tersebut Digital Banking Head, Bank BTPN Irwan Tisnabudi.

Tisnabudi, Head of Digital Banking dalam acara peluncuran kolaborasi Jenius X BNI TapCash yang memudahkan masyarakat digital savvy Indonesia

Dalam menghadapi pandemi ini, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap menerapkan transaksi non-tunai. Masyarakat tidak perlu khawatir jika saldo TapCash-nya kurang atau habis karena TapCash sudah bisa di top-up melalui aplikasi Jenius. Pengguna hanya perlu membuka Aplikasi Jenius, pilih e-Wallet Center, kemudian pilih Top Up, lalu pilih BNI TapCash. Pastikan smartphone-nya memiliki fitur Near-Field Communication (NFC),” ujar Indira.

Indira mengatakan, kolaborasi antar bank yang memiliki keunggulan digital services bukan sebuah kemustahilan. Kolaborasi ini akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi dan tuntutan konsumen ke depan.

“Melalui aplikasi Jenius, masyarakat dapat melakukan isi ulang saldo TapCash dimulai dari Rp 10.000 hingga Rp1.500.000. Sesuai ketentuan regulator, batas maksimum saldo uang elektronik berbasis kartu, salah satunya TapCash adalah sebesar Rp 2 juta. Hingga Agustus 2020, jumlah pengguna TapCash terus meningkat hingga 23% dibandingkan Agustus tahun lalu atau sudah tersebar hampir mencapai 8 juta Kartu TapCash di seluruh Indonesia diiringi dengan peningkatan volume transaksi hingga 3% atau hampir mencapai Rp 750 Milyar,” ujar Indira.

Tampilan proses top up BNI TapCash melalui aplikasi Jenius dan Kartu BNI TapCash Jenius

Kartu TapCash dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum seperti Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, dan Kapal Penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop, dan mini market. Sebelumnya, Kartu TapCash dapat diisi ulang melalui channel BNI seperti BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, ATM BNI, Agen46, hingga e-Commerce dan toko retail seperti mini market.

Irwan S. Tisnabudi Digital Banking Head, Bank BTPN menambahkan, “Selain kolaborasi dalam penambahan fitur top up TapCash melalui Aplikasi Jenius,kolaborasi ini juga memperkenalkan Kartu BNI TapCash Edisi Jenius dengan desain dan karakter unik khas Jenius. Jenius percaya dalam menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak. Pada kesempatan ini Jenius berkolaborasi dengan BNI TapCash untuk membantu pengguna lebih mudah bertransaksi secara nontunai dengan uang elektronik. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan pembayaran nontunai (cashless) yang tengah digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia.

Proses top up Kartu BNI TapCash melalui aplikasi Jenius.

Terlebih di masa saat ini, peran pembayaran digital maupun nontunai sangat penting dalam meminimalisir kontak fisik ketika melakukan transaksi.” Salah satu kelebihan dari kartu uang elektronik yaitu masyarakat tidak perlu membuka rekening tabungan atau mendaftar menjadi nasabah suatu bank untuk mendapatkannya. Masyarakat cukup membeli kartunya dan melakukan isi ulang di channel yang disediakan.

 4,333 total views,  46 views today

Continue Reading

event

Jenius Hadirkan Fitur Jenius Bisnis dan Jeniuskit Untuk Mendukung Para Pebisnis

Published

on

Geeknews.id — Jenius, solusi life finance untuk masyarakat melek digital (digital savvy) dari Bank BTPN, memperkenalkan Jenius untuk Bisnis. Sebagai partner dan starter kit bagi masyarakat digital savvy yang ingin memulai dan mengembangkan bisnis, Jenius untuk Bisnis memiliki dua layanan yaitu Akun bisnis Jenius dan Bisniskit dari Jenius. Digital savvy dapat menjadikan Jenius untuk Bisnis sebagai partner dalam mengatur keuangan bisnis dan mengelola bisnis sehingga mereka dapat fokus mengembangkan seluruh potensi bisnis agar tumbuh lebih cepat.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN dalam peluncuran Jenius untuk Bisnis, inovasi dari Jenius yang membantu masyarakat digital savvy memulai dan mengelola bisnis melalui dua layanan yaitu Akun Bisnis dan Bisniskit.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN dalam peluncuran Jenius untuk Bisnis, inovasi dari Jenius yang membantu masyarakat digital savvy memulai dan mengelola bisnis melalui dua layanan yaitu Akun Bisnis dan Bisniskit.

“Melalui semangat dan proses kokreasi, Jenius terus mendapatkan ide, masukan serta insight dari digital savvy. Dari proses tersebut, kami menemukan adanya aspirasi digital savvy untuk memulai maupun mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Maka dari itu selain untuk kebutuhan personal, kini Jenius juga hadir untuk kebutuhan bisnis sehingga digital savvy dapat dengan mudah mengelola kebutuhan pribadi dan bisnis,” jelas Waasi Sumintardja, Digital Banking Business Product Head BTPN.

Layanan Akun bisnis Jenius tersedia secara otomatis pada aplikasi Jenius. Para digital savvy yang sudah menjadi pengguna Jenius dapat melakukan aktivasi Akun bisnis Jenius tanpa harus ke bank, melakukan verifikasi ulang, menyerahkan dokumen atau syarat tambahan maupun setoran minimum. Seluruh proses bisa dilakukan melalui satu aplikasi yang sama. Proses aktivasi Akun bisnis Jenius di aplikasi Jenius hanya membutuhkan tiga langkah. Pertama, pilih menu di kiri atas aplikasi Jenius dan pilih “Bisnis”. Kedua, memilih izinkan dan aktifkan Akun Bisnis. Ketiga, menentukan $Cashtag baru untuk Akun Bisnis dan lanjutkan. Setelah memasukkan kata kunci (password), maka Akun bisnis Jenius telah aktif dan bisa digunakan.

Saat ini Akun bisnis Jenius memiliki fitur-fitur seperti Send It yang memudahkan untuk kirim uang, In & Out untuk mencatat dan menelusuri histori transaksi, dan m-Card merupakan kartu debit virtual untuk transaksi online. Selain itu para pengguna juga mendapatkan $Cashtag dan nomor rekening baru untuk kirim dan terima uang serta Jenius Contacts yang berfungsi untuk menyimpan nomor telepon dan email untuk keperluan bisnis.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN dan Adriant Prabani Yogidanarinto, Digital Banking Product Specialist Bank BTPN dalam peluncuran Jenius untuk Bisnis pada rrabu, 16 September 2020.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN dan Adriant Prabani Yogidanarinto, Digital Banking Product Specialist Bank BTPN dalam peluncuran Jenius untuk Bisnis pada rrabu, 16 September 2020.

Untuk membantu digital savvy dalam operasional bisnis, maka Jenius memperkenalkan juga aplikasi pendukung yaitu layanan Bisniskit dari Jenius yang merupakan aplikasi bebas biaya yang dihadirkan Jenius agar membantu pengguna mengelola bisnis dengan lebih simpel. Bisniskit dari Jenius memiliki dua menu utama, yaitu Toko dan Kasir. Melalui menu Toko, pengguna dapat mengelola bisnisnya dengan menggunakan fitur-fitur unik, seperti Dashboard yang menyajikan informasi dan kondisi terkini bisnis atau toko, Produk untuk mencatat produk dan mengetahui stok yang dimiliki, Pengeluaran untuk mencatat, membuat jadwal, dan melihat histori pengeluaran, Pelanggan untuk menyimpan dan melihat data pelanggan, dan Pengaturan Toko untuk mengelola toko dan memberikan akses kepada karyawan.

Sedangkan dari menu Kasir, pengguna dapat mengakses mesin kasir sederhana untuk memproses transaksi dengan empat metode pembayaran, yaitu uang tunai, kartu debit, kartu kredit, dan transfer ke Akun Bisnis Jenius yang bisa langsung dihubungkan dengan Akun bisnis Jenius. Mesin kasir sederhana ini dapat dihubungkan langsung ke mesin cetak (printer) untuk mencetak struk serta dapat digunakan untuk mengirimkan struk tersebut dalam bentuk PDF kepada pelanggan melalui email dan aplikasi chat. Aplikasi pendukung ini dapat diunduh pada App Store dan juga Google Playstore.

Masyarakat digital savvy pengguna Jenius Akun Bisnis dan Bisniskit.

Masyarakat digital savvy pengguna Jenius Akun Bisnis dan Bisniskit.

Salah satu entrepreneur muda Indonesia, Danny Aguswahyudi, pemilik HoJiak Lai Lai (@holai.id), merasa terbantu dengan Akun bisnis Jenius dalam menjalankan bisnisnya. Berbekal pengalaman di dunia kuliner sejak 2014, Danny akhirnya meluncurkan HoJiak Lai Lai pada Maret 2020, sebuah resto yang menyajikan masakan peranakan khas Medan dengan konsep masa kini. “HoJiak Lai Lai merupakan restoran di Jakarta Barat dengan konsep menu peranakan yang saya bangun dari cerita masa kecil sewaktu tinggal di Medan. Bisnis ini sebetulnya bukan yang pertama bagi saya, dan dengan pengalaman tersebut saya semakin paham akan pentingnya memisahkan finansial pribadi dan bisnis. Untuk itu saya menyambut positif ketika Jenius menghadirkan akun bisnis, sehingga menjadi solusi yang tepat untuk pengusaha muda seperti saya ini. Proses pembukaan rekening bisnis sangat mudah dan membantu saya dalam memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Jenius untuk Bisnis juga memudahkan saya untuk mencatat transaksi dengan simpel melalui fitur In & Out sehingga memudahkan saya untuk mengecek cashflow bisnis,” ungkap Danny.

Berbeda cerita dari Danny, Fellysya Fabian, seorang fashion designer memilih beralih profesi di tengah pandemi untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan kembali menekuni bisnis kuliner yang sempat ia mulai pada 2016 yaitu Alegre’s Kitchen (@alegreskitchen). Baginya, Bisniskit dari Jenius membantu bisnis kuliner online yang ia tekuni saat ini. “Alegre’s Kitchen terinspirasi dari masakan mama yang membawa kebahagiaan bagi keluarga, sehingga saya ingin membawa kebahagiaan tersebut kepada orang lain. Tentu saja proses ini semakin terbantu dengan hadirnya Bisniskit dari Jenius, yang memudahkan saya dalam mengelola stok produk sehingga kami tidak perlu lagi mencatat secara manual. Selain itu, dengan adanya menu Kasir, kami dapat mengirimkan struk secara lebih profesional dalam bentuk PDF melalui email ataupun aplikasi chat kepada pelanggan. Saya juga menghubungkan Bisniskit dengan Akun bisnis Jenius, sehingga setiap transaksi yang masuk dapat langsung tercatat dan terverifikasi dengan lebih mudah dan cepat,” kata Fellysya.

Masyarakat digital savvy pengguna Jenius Akun Bisnis dan Bisniskit.

Masyarakat digital savvy pengguna Jenius Akun Bisnis dan Bisniskit.

Akun bisnis Jenius yang secara otomatis terdapat pada aplikasi Jenius, memudahkan digital savvy untuk mengelola rekening akun bisnis dan akun personal melalui satu aplikasi Jenius. Sementara itu, Bisniskit aplikasi pendamping pemilik bisnis yang dapat membantu operasional bisnis seperti mengelola inventory, mengetahui kondisi bisnis terkini, mencetak dan mengirimkan struk, hingga memberikan akses secara terbatas untuk Toko dan Kasir kepada rekan kerja atau karyawan dengan proses pengelolaan sepenuhnya melalui smartphone. “Melalui Jenius untuk Bisnis, kami berharap dapat membantu masyarakat digital savvy untuk memulai dan mengelola bisnis, terlebih dalam kondisi saat ini. Kami sangat terbuka terhadap ide dan masukan dari digital savvy sehingga kita dapat mengembangkan fitur-fitur inovatif lainnya yang relevan dengan kebutuhan pelaku bisnis di tanah air,” tutup Waasi.

 1,943 total views,  24 views today

Continue Reading

event

Ulang Tahun Keempat Jenius Hadirkan Inovasi Berbasis Cerita Digital Savvy

Published

on

Geeknews.id — Pada Agustus 2020 ini, Jenius sebagai solusi life finance bagi masyarakat digital savvy Indonesia genap berusia empat tahun. Semangat kokreasi dan kolaborasi sejak awal Jenius terus bawa dalam mendengarkan cerita, mencari tahu kebutuhan dalam kehidupan dan keuangan, serta berupaya menemukan solusi-solusi yang semakin memudahkan digital savvy. Berkat cerita dari masyarakat digital savvy, pada Juni 2020 lebih dari 2.7 juta orang telah bergabung menjadi pengguna Jenius, lebih dari Rp 10 triliun saldo simpanan (Dana Pihak Ketiga) di Jenius, serta 20 inovasi dan fitur revolusioner telah diluncurkan. Terinspirasi cerita digital savvy dan capaian selama ini, Jenius mengusung program #ceritajenius di ulang tahunnya yang keempat.

“Sebagai pelopor layanan perbankan digital di Indonesia, Jenius terus bertumbuh dan berkembang bersama masyarakat digital savvy yang kami sebut sebagai teman Jenius. Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungannya selama empat tahun ini. Cerita dari masyarakat digital savvy menjadi inspirasi dan semangat kami untuk menghadirkan inovasi solusi life finance yang dapat membantu mengelola kehidupan dan finansial mereka dengan lebih simpel, cerdas, dan aman,” jelas Irwan S. Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN.

Proses kokreasi dan kolaborasi sangat penting bagi Jenius. Dengan semangat tersebut, Jenius terus tumbuh dan semakin relevan dengan kebutuhan digital savvy. Hingga kini, telah ada lebih dari 19.000 co.creator yang telah bergabung dan berbagi cerita melalui web cocreate.id. Selain itu, lebih dari 1 juta suara dan cerita telah disampaikan untuk pengembangan fitur dan layanan di Jenius. Suara mereka tersampaikan melalui berbagai platform, termasuk pada web cocreate.id, survei online, focus group discussion, dan in-depth interview yang melibatkan lebih dari 40.000 digital savvy Indonesia yang terdiri dari pengguna dan non-pengguna Jenius.

Kemeriahan ulang tahun Jenius keempat juga disambut hangat oleh Fathia Izzati, seorang musisi dan content creator, dengan membagikan ceritanya menggunakan Jenius. Awal ketertarikan Fathia dimulai sejak ia mengetahui kemudahan mengirim uang dengan fitur $Cashtag dan juga Split Bill. Berbagai kemudahan menggunakan Jenius semakin ia rasakan dalam mendukung profesinya sebagai musisi dan content creator yang mengharuskan dirinya memproduksi berbagai macam materi visual dan konten digital berlangganan, hingga mudahnya berbelanja online dengan menggunakan e-Card.

“Fitur-fitur di Jenius sangat mempermudah dan membantu kehidupan saya. Mulai dari transaksi sampai menabung dapat dilakukan dengan cara yang simpel dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya, karena semuanya dapat diakses lewat aplikasi. Berkat Dream Saver, saya bisa menjelajahi Jepang dan New York. Selama perjalanan tersebut, saya juga semakin dimudahkan dengan adanya fitur Kartu Debit Visa Jenius yang dilengkapi teknologi Visa Contactless dan dapat dihubungkan dengan Pilihan Saldo Mata Uang Asing. Lebih serunya lagi, aktivitas finansial kita dapat dimonitor dan dikontrol langsung melalui aplikasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fathia juga menceritakan pengalamannya dalam mengelola keuangan selama masa pandemi ini. “Sebelum pandemi biasanya banyak pengeluaran untuk shopping atau sekadar nongkrong sambil minum kopi di kafe. Namun dengan situasi sekarang, saya mulai mengurangi pengeluaran yang kurang penting, menabung lebih banyak, serta menyiapkan dana darurat. Saya sangat terbantu dengan adanya fitur Save It di Jenius, sehingga saya bisa menggunakan Flexi Saver, Dream Saver, atau pun Maxi Saver untuk menabung,” ungkap Fathia. 

Perayaan ulang tahun keempat Jenius semakin semarak dengan adanya kolaborasi bersama pelaku industri kreatif lokal, Rakhmat Jaka Perkasa (@rakhmatjaka) yang menghadirkan sederet desain eksklusif bertema kemeriahan ulang tahun. Desain tersebut dihadirkan melalui stiker GIF di Instagram dan merchandise eksklusif yang akan dibagikan kepada digital savvy melalui berbagai rangkaian kegiatan seru. Selain itu, perayaan ulang tahun Jenius juga hadir melalui kelas online, kompetisi blog, karaoke online, kompetisi di media sosial, penulis tamu pada artikel di Jenius.com, program BirthYay, apresiasi kepada teman Jenius pada Hari Pelanggan Nasional yang akan dilaksanakan pada 4 September 2020 serentak di seluruh booth Jenius, serta berbagai program dan kegiatan seru lainnya.

We put you before your money. Semangat ini yang terus kami bawa dalam membangun Jenius selama empat tahun ini hingga ke tahun-tahun berikutnya. Cerita dari digital savvy akan selalu menjadi penggerak Jenius untuk terus melahirkan inovasi melalui proses kokreasi dan kolaborasi. Dengan demikian, semoga Jenius dapat terus relevan dan menjawab kebutuhan pengguna dengan solusi life finance  yang semakin lengkap,” tutup Irwan.

 5,513 total views,  24 views today

Continue Reading

event

Swipe Night Akan Hadir di Indonesia

Published

on

Geeknews.id – Setelah sempat ditunda peluncurannya pada bulan Maret lalu, akhirnya Swipe Night akan hadir di Indonesia pada tanggal 12 September 2020 jam 10.00 WIB. Jika kamu masih belum punya bayangan tentang Swipe Night, mungkin kamu bisa mengingat kembali film Bandersnatch yang ada di Netflix. Swipe Night merupakan serial konten interaktif di dalam aplikasi Tinder yang dibagi dalam tiga episode petualangan. Di setiap episode, kamu akan diminta untuk menentukan pilihan pada saat-saat genting. Pilihan yang kamu ambil akan menentukan jalan cerita kamu di dalam petualangan ini. Untuk itu, pikirkanlah setiap pilihan yang kamu ambil dan bersiaplah untuk menerima kejutan. Kamu tidak akan pernah tahu kemana pilihan kamu akan membawamu dan dengan siapa kamu akan match setelah menyelesaikan setiap episode petualangan ini.

Jika kamu ingin membagikan konten ini, silakan tag kami #TinderIndonesia dan sertakan hashtag #SwipeNight untuk turut meramaikan pembicaraan di media sosial.

 4,562 total views,  23 views today

Continue Reading

event

Daftarkan Segera: Kompetisi Wirausaha DSC XI

Published

on

Geeknws.id – Salah satu kompetisi wirausaha terbesar dan terdepan di Indonesia, Diplomat Success Challenge (DSC) XI 2020 yang diinisiasi oleh Wismilak Foundation, diumumkan telah dibuka, dengan pemberian hibah modal usaha total Rp 2 miliar, pendampingan, dan jejaring bagi peserta yang lolos kompetisi. Acara peresmian kick-off penyelenggaraan DSC XI ini, digelar secara daring melalui kanal Official YouTube Diplomat Success Challenge (live streaming).

Mulai tanggal 19 Agustus 2020 ini, calon peserta DSC sudah dapat mendaftarkan diri dan proposal ide bisnisnya melalui situs www.diplomatsukses.com, hingga batas waktu 19 Oktober 2020. Disampaikan oleh Edric Chandra, Program Initiator Diplomat Success Challenge, meski di tengah suasana yang menantang sebab adanya pandemi COVID-19, kalangan wirausaha di Indonesia diharapkan tidak patah semangat untuk terus bertahan dan berjuang.

“Pandemi justru bisa menjadi momentum untuk bangkit, apapun tantangannya. Dan untuk turut menyuntikkan semangat pada dunia wirausaha, sekaligus juga dengan semangat kebangkitan perekonomian Indonesia, DSC tetap dilaksanakan tahun ini. Ini sebagai bentuk komitmen kami dalam menumbuhkembangkan dan memperkuat ekosistem wirausaha Indonesia, yang kami lakukan secara konsisten sejak menggelar DSC pertama kali tahun 2010,” kata Edric.

Tahun ini, DSC XI memiliki tema besar #BikinGebrakan, untuk mendorong kalangan wirausaha di Indonesia melahirkan gebrakan dalam berbisnis. Adapun Dewan komisioner DSC XI yang akan menjadi juri untuk memilih ide bisnis terbaik tahun ini, adalah Surjanto Yasaputera selaku Ketua Dewan Komisioner DSC XI, dan dua anggota Dewan Komisioner DSC XI lainnya, yakni Antarina S.F. Amir dan Helmy Yahya.

Untuk memperkuat proses seleksi, juga akan hadir National Mentors DSC XI, yang terdiri dari empat figur inspiratif. Mereka adalah Handoko Hendroyono, Co-founder M Bloc Space & Filosofi Kopi, Inez Stefanie, Founder & Managing Director Supernovae, Helga Angelina, Co-founder Burgreens, dan Ario Pratomo, entrepeneur, content creator, dan investor.

DSC XI memberikan dana modal usaha senilai total Rp 2 miliar, yang berbentuk hibah dan bukan pinjaman, sehingga dana tidak wajib dikembalikan. Namun demikian, yang istimewa dari DSC bukan hanya hibah modal usahanya, melainkan juga pendampingannya. Bagi peserta yang lolos seleksi dan memperoleh modal usaha, pendampingan akan diberikan selama dua tahun tanpa biaya, dengan materi yang disesuaikan dengan ide bisnis peserta.

Helga Angelina, Mentor Nasional DSC XI, menyampaikan bahwa untuk dapat bertahan pada pandemi yang penuh tantangan ini, pelaku usaha harus beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi, entah itu melalui strategi baru, menggeser fokus, atau terobosan lainnya.

“Dengarkan dan pahami kebutuhan pasar saat ini, dan lakukan adaptasi dan inovasi untuk mempertahankan kelangsungan bisnis di tengah pandemi ini. Di sini juga kelebihan dari DSC, yang memberikan edukasi dan pendampingan dari mentor, untuk membantu memastikan bisnis dari peserta kompetisi tetap berjalan dan bisa lebih maju lagi,” kata Helga.

Selain pendampingan, DSC juga menawarkan jejaring kalangan wirausaha yakni Diplomat Entrepreneur Network (DEN), yang saat ini terdiri dari lebih dari 300 alumni kompetisi DSC dari berbagai bidang bisnis. Inez Stefanie, Mentor Nasional DSC XI, menyampaikan bahwa salah satu hal penting untuk bertahan dalam situasi krisis adalah berkolaborasi.

“Belajar dari orang lain, dan juga kolaborasi dengan pihak lain, penting dilakukan khususnya untuk bertahan dalam krisis. Oleh karena itu, jejaring DEN dalam DSC ini bisa bermanfaat bagi peserta kompetisi, turut mendukung terciptanya business matching untuk pengembangan bisnis jangka panjang,” kata Inez.

Mekanisme dan persyaratan kompetisi

Mekanisme DSC XI terdiri dari beberapa fase dalam rentang waktu bulan Agustus hingga Desember 2020 mendatang, yakni fase pertama adalah Submission & Roadshow, fase kedua adalah Top 1000 & Top 150 Announcement, fase ketiga adalah National Selection di 3 Kota, fase keempat adalah Incubation, fase kelima adalah Market Challenge, dan fase keenam adalah Final Presentation.

Kompetisi DSC XI ini hanya boleh diikuti secara perorangan, alias bukan beregu. Pilih anggota kelompok yang mempunyai kemampuan dan memahami ide bisnis untuk menjadi wakil sebagai peserta. Peserta boleh mengirimkan ide bisnis sebanyak-banyaknya, dengan catatan tetap atas nama perorangan (satu nama), dan proposal yang terpilih tetap hanya satu proposal atas satu nama.

Bukan hanya untuk bisnis yang sudah berjalan, program DSC juga memberikan peluang bagi mereka yang saat ini memiliki ide bisnis yang masih berupa konsep. Edric mengungkapkan, tercatat ada 76 persen ide bisnis yang masih belum berjalan atau masih dalam tahap konsep, yang diterima DSC di tahun 2019 lalu.

Di sisi lain, komposisi peserta juga berkembang setiap tahun. Salah satunya dalam hal keikusertaan perempuan berwirausaha alias womanpreneur, yang juga mengalami peningkatan di penyelenggaraan kompetisi. Bagi Edric, hal tersebut sangat membanggakan sehingga DSC terus bersemangat mendukung kalangan wirausaha Indonesia di semua segmen.

Persyaratan usia peserta yakni 20 sampai 45 tahun, dengan harapan agar generasi usia ini berani membuat gebrakan. “Tidak ada batasan ide bisnis atau kategori khusus, yang terpenting punya relevansi. Selama masalah dan solusi bisnisnya jelas, dan bisa menjelaskan proses bisnis dengan baik, ini akan menjadi kekuatan. Dan kami siap menjadi fasilitator dan safe place untuk wirausahawan Indonesia yang siap #BikinGebrakan,” ujar Edric.

DSC XI 2020 sendiri hadir dengan format baru yang berbeda dari sebelumnya, sebab disesuaikan dengan situasi pandemi, dengan menggabungkan konsep on-ground roadshow dan virtual roadshow. Roadshow bersifat virtual mendominasi, dengan kegiatan seperti webinar, Youtube Live, Instagram Live, dan podcast dengan menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang bisnis, yang diharapkan dapat menarik para submitters mengirimkan ide bisnis proposal mereka.

Kegiatan roadshow ini dilakukan bersama beberapa mitra, di antaranya MarkPlus Institute, yang berkolaborasi dengan DSC dengan menggelar serangkaian webinar. Selain itu DSC juga berkolaborasi dengan Coworking Indonesia untuk berkolaborasi dengan 20 inkubator, selain juga 40 kampus, yang berlokasi di 20 kota.

Ikuti terus update tentang DSC di lini masa media sosial DSC XI 2020, Instagram @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses, dan situs www.diplomatsukses.com.

 5,424 total views,  25 views today

Continue Reading

Trending