Connect with us

Tech

Microsoft Ambil Peran Penting Pengembangan AI di Asia dan Indonesia

Published

on

Geeknews.id – Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah mengalami percepatan dari yang sebelumnya hanya sekedar topik khayalan dan fiksi ilmiah hingga mendominasi topik pembicaraan hampir semua pelaku industri. Microsoft sendiri telah berbicara dengan pelanggan, mitra, dan pemimpin-pemimpin industri di seluruh Asia, termasuk Indonesia untuk mengembangkan terobosan dalam algoritme perangkat lunak dan pembelajaran mesin demi menciptakan skenario baru yang menarik dalam kemungkinan penggunaan AI.

Di Indonesia sendiri, AI telah dimanfaatkan secara signifikan untuk memajukan sistem pemerintahan. Sebagai contoh, AI memungkinkan pemerintah Jakarta untuk memprediksi berapa banyak bus Transjakarta yang perlu dikerahkan selama jam sibuk untuk memastikan tidak ada penumpukan penumpang di halte bus. Atau bagaimana AI telah membantu pemerintah memperkirakan data aliran air untuk mengantisipasi banjir.

Seiring dengan berbagai terobosan dalam algoritme perangkat lunak dan pembelajaran mesin, perjalanan panjang pengembangan AI oleh Microsoft dalam tujuh dekade pada akhirnya menemukan pertemuan antara big data, ubiquitous, dan komputasi awan yang kuat. Hari ini, AI berada pada pusat transformasi digital pada berbagai organisasi dan bahkan bangsa-bangsa. Pada tahun 2019, IDC memprediksi bahwa 40% inisiasi transformasi digital akan disokong oleh AI dan kemampuan kognitif yang akan menyediakan wawasan kritis dan tepat waktu bagi proses pergerakandan perputaran uang yang baru di regional ini.

Haris Izmee, Direktur Utama Microsoft Indonesia menjelaskan, “Dengan imajinasi dan data dalam jumlah besar, AI dapat mendatangkan manfaat dalam skala yang besar. Saya sangat yakin ini akan menjadi abad untuk Asia. Dan AI menawarkan kepada wilayah ini sebuah peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk pertumbuhan, produktivitas, dan inovasi serta potensi untuk menjawab tantangan-tantangan sosial yang sangat penting di wilayah ini.

Di Jepang, Microsoft bekerja sama dengan agen perjalanan JTB Corp dan perusahaan navigasi NAVITIME Co telah membantu para wisatawan di Jepang untuk menemukan jalan dengan mudahnya. Terhitung sebanyak 28 juta pengunjung Jepang setiap tahunnya dan, dengan diselenggarakannya Olimpiade Tokyo tahun 2020 mendatang, angka tersebut diprediksi meningkat. Seperti yang diketahui umumnya, berkeliling kota di Jepang bisa jadi cukup menakutkan bagi para turis – di sini AI dapat membantu.

Di Indonesia, Microsoft yang bermitra dengan LINE, mengembangkan sebuah cognitive AI yang dibuat layaknya seorang gadis sekolah bernama Rinna. Hingga hari ini Rinna telah membawa hubungan fungsional dan emosional dengan hampir 1,6 juta orang di Indonesia. Percakapan yang Rinna lakukan dengan penggunanya berkisar dari saran tentang kegiatan apa yang harus dilakukan hari ini hingga bersenang-senang bersama dengan permainan yang menarik. Dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin yang canggih termasuk teknologi kognitif, tanggapan Rinna mencerminkan apa yang akan dikatakan seorang gadis remaja dalam membantu temannya – hal ini akan mendorong pengguna untuk menjadi lebih cerdas secara emosional.

Asia akan menjadi kunci pengembangan AI secara global

Wilayah asia secara unik akan memainkan peran penting dalam pengembangan AI dalam skala besar. Terdapat tiga alasan utama untuk menjelaskan hal tersebut :

  • AI membutuhkan data : AI bergantung pada data untuk bisa berfungsi; Semakin banyak data yang dimasukkan ke dalam sistem AI, semakin baik pula kinerjanya. Di Microsoft, hal ini merupakan keunggulan tersendiri, Microsoft telah mengembangkan banyak informasi dari produk-produk seperti Windows, Office, LinkedIn, Bing, Cortana dan lainnya, yang dapat membantu Microsoft untuk mengembangkan peralatan-peralatan AI untuk bisa mengantisipasi dan merespon kebutuhan orang dengan lebih baik.
  • AI Membutuhkan bakat : Sambil kita menanti adopsi teknologi AI secara massal tahun ini, jalan panjang masih harus ditempuh untuk mengembangkan program AI yang lebih kuat dan canggih. Sebagai contoh, Microsoft Research Asia adalah bagian dari tim global kami yang baru-baru ini mengembangkan sistem mesin penerjemah pertama yang dapat menerjemahkan artikel-artikel berita dari Bahasa Tionghoa ke Bahasa Inggris dengan kualitas dan akurasi yang sama dengan manusia.
  • AI membutuhkan adopsi : Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, semakin banyak data yang disediakan ke dalam sistem AI, semakin baik kinerjanya. Salah satu aspek unik Asia adalah populasi generasi muda yang besar, yang terlahir dalam dunia digital. PBB memperkirakan sebanyak 60% populasi generasi muda dunia berada di Asia Pasifik.

“Kami sangat senang saat berbicara tentang masa depan AI di wilayah ini dan tim kami telah memaparkan empat dasar penting untuk memastikan kami mampu untuk memanfaatkan AI secara optimal dengan pelanggan dan mitra kami saat ini dan untuk jangka panjang,” tambah Haris.

Empat dasar penting tersebut adalah:

  • Mengembangkan kapabilitas AI : Revolusi AI tidak akan terjadi tanpa bakat-bakat STEM kelas dunia yang menjalankan proses R&D, serta penciptaan program dan aplikasinya. Microsoft akan terus mengadakan kerja sama dengan pemerintahan, lembaga dan organisasi industri untuk mengembangkan kapabilitas AI di wilayah ini.
  • Mengembangkan ekosistem kemitraan : Microsoft berfokus pada transformasi ekosistem mitra IT kami di Asia untuk memungkinkan setiap mitra membawa kapabilitas AI ke pasar, dengan fokus yang lebih besar pada pemerintahan, edukasi, kesehatan, manufaktur, layanan finansial, dan sektor ritel. Untuk mewujudkan hal tersebut, kami baru-baru ini mengumumkan bahwa kami mempersiapkan sebanyak $500 juta untuk dua tahun ke depan sebagai penawaran kerjasama penjualan dengan perusahaan-perusahaan startup, termasuk akses teknologi kami, dan ruang-ruang komunitas baru yang mempromosikan kerja sama dalam ekosistem lokal dan global.
  • Menciptakan platform AI : Microsoft akan terus memperkuat platform komputasi awan skala besar kami – Microsoft Azure – dan kemampuannya untuk menghasilkan kapabilitas AI yang kuat dengan cara yang aman di wilayah ini. Saat ini, Azure tersedia bagi pelanggan di 140 negara di seluruh dunia melalui 50 regional Azure di seluruh dunia, lebih banyak daripada penyedia layanan komputasi awan lainnya, termasuk 15 wilayah di Asia. Hal tersebut menyediakan pelanggan dan mitra kami ruang yang diperlukan untuk menghadirkan program AI dengan skala besar secara aman di berbagai belahan dunia.
  • Melatih kembali tenaga kerja Asia : Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan organisasi pemerintah dan swasta untuk membantu melatih kembali tenaga kerja yang ada untuk berkembang dalam dunia digital baru yang didukung oleh AI.

“Selama 23 tahun terakhir, Microsoft Indonesia telah bermitra dengan pemerintah dan organisasi nirlaba di Indonesia untuk membantu generasi muda mengembangkan keterampilan digital mereka. Hal ini akan terus dilaksanakan untuk memastikan generasi muda Indonesia dapat menciptakan kelompok yang kuat dengan kemampuan sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan teknologi dan lembaga penelitian untuk memajukan kemampuan AI di Indonesia dan berkontribusi pada kemajuan di Asia secara keseluruhan,” tutup Haris

 1,413 total views,  6 views today

Tech

Telegram Menjadi Opsi Teraman untuk Private Messaging

Published

on

Geeknews.id – Telegram melampaui 500 juta pengguna aktif bulanan di minggu pertama Januari dan angka ini terus bertambah. Dalam 72 jam terakhir per 12 Januari 2021, terdapat 25 juta pengguna baru bergabung dengan Telegram, dari seluruh dunia – 38% dari Asia, 27% dari Eropa, 21% dari Amerika Latin, dan 8% dari Timur Tengah dan Utara Afrika. Angka ini merupakan peningkatan yang signifikan dari tahun lalu di mana hanya 1,5 juta pengguna baru mendaftar setiap hari. Sepanjang sejarah 7 tahun beroperasi, Telegram telah mengalami beberapa lonjakan dalam jumlah unduhan akan tetapi lonjakan kali ini adalah yang paling signifikan.

Lonjakan unduhan ini menunjukkan bahwa publik kini semakin memahami arti pentingnya data pribadi dan tidak bersedia menukarkan privasinya untuk digunakan oleh platform komunikasi yang menjual data pribadi untuk kepentingan bisnis. Dengan setengah miliar pengguna aktif dan tingkat pertumbuhan yang semakin cepat, Telegram telah menjadi platform berkomunikasi secara aman yang terbesar bagi para penggunanya yang mengedepankan privasi dan keamanan.

Telegram tidak memonetisasi data pribadi. Telegram berkomitmen dalam perlindungan data pribadi dan senantiasa menempatkan penggunanya sebagai prioritas. Telegram tidak akan pernah memonetisasikan data pribadi pengguna untuk pembuatan profil untuk iklan bertarget dan sejak hari peluncuran pada Agustus 2013, Telegram tidak pernah mengungkapkan satu byte pun dari data pribadi penggunanya kepada pihak ketiga.

Telegram dienkripsi. Setiap obrolan di Telegram telah dienkripsi secara aman sejak aplikasi pertama diluncurkan, berbeda dengan beberapa aplikasi private messaging lainnya yang hanya menggunakan protokol enkripsi umum.

Telegram mendukung dua lapisan enkripsi aman. Telegram memiliki Secret Chats yang end-to-end dan Cloud Chats yang juga menawarkan penyimpanan cloud yang aman dan terdistribusi secara real-time. Enkripsi server-client Telegram digunakan pada Cloud Chats (obrolan pribadi dan grup), sementara bagi mereka yang membutuhkan privasi lebih, Secret Chats yang hanya dimiliki Telegram ini menggunakan lapisan tambahan enkripsi client-client yang tidak akan meninggalkan jejak di server, mendukung pesan yang bisa dihapus secara otomatis dan tidak mengizinkan pesan untuk di-forward. Selain itu, Secret Chats bukan bagian dari cloud Telegram dan hanya dapat diakses di perangkat asal. Ini berarti hanya pengguna dan penerima yang dapat membaca pesan tersebut – tidak ada pihak lain yang dapat menguraikannya, termasuk Telegram sendiri. Meskipun begitu, semua data, apa pun jenisnya, dienkripsi dengan cara yang sama – baik itu teks, media, atau file.

Enkripsi Telegram didasarkan pada enkripsi AES simetris 256-bit, enkripsi RSA 2048-bit, dan Diffie – Hellman yang mengamankan pertukaran kunci. Karenanya setelah koneksi end-to-end yang aman telah terjalin, Telegram akan menghasilkan gambar yang memvisualisasikan kunci enkripsi untuk obrolan pengguna. Pengguna kemudian dapat membandingkan gambar yang ada pada perangkatnya dengan gambar pada perangkat lawan bicara pengguna – jika kedua gambar tersebut sama, maka dapat dipastikan bahwa koneksi aman, dan tidak akan ada serangan man-in-the-middle.

Kode Telegram adalah open source. Semua aplikasi Telegram telah menjadi open source sejak 2013, enkripsi dan API Telegram didokumentasikan sepenuhnya dan telah ditinjau ribuan kali oleh berbagai pakar keamanan. Selain itu, Telegram adalah satu-satunya aplikasi private messaging di dunia yang memiliki builds yang dapat diverifikasi baik untuk iOS dan Android sementara aplikasi private messaging lain menyembunyikan kode mereka, sehingga tidak mungkin untuk memverifikasi enkripsi dan privasi mereka.

Siapa pun dapat memeriksa kode open source Telegram dan mengonfirmasi bahwa aplikasi tidak melakukan apa pun di secara diam-diam. Namun, jika pengguna masih memiliki alasan untuk mengkhawatirkan keamanan pribadi mereka, Telegram menyarankan untuk hanya menggunakan Secret Chats untuk informasi sensitif, sebaiknya dengan mengatur self-destruct timer. Pengguna juga dapa mengaktifkan verifikasi 2 Langkah dan menyiapkan kode sandi yang kuat untuk mengunci aplikasi, fitur inidapat ditemukan di setelan pengguna.

Pendiri Telegram.  Telegram didukung oleh Pavel Durov dan saudaranya Nikolai. Meski keduanya orang Rusia, Telegram tidak memiliki server atau kantor di Rusia. Pavel mendukung Telegram secara finansial dan ideologis sementara Nikolai memiliki peran dalam teknologi. Nikolai mengembangkan protokol data khusus yang unik, terbuka, aman, dan dioptimalkan untuk bekerja dengan banyak pusat data. Hasilnya, Telegram menggabungkan keamanan, keandalan, dan kecepatan di jaringan apa pun. Temukan blog Pavel Durov pada Channel Telegram-nya yang meluruskan beberapa kekhawatiran sehubungan dengan telegram di sini.

 1,910 total views,  285 views today

Continue Reading

Tech

MediaTek Dipilih untuk Program Sertifikasi Wi-Fi 6E dari Wi-Fi Alliance

Published

on

Geeknews.idMediaTek hari ini (8/1) mengumumkan telah terpilih untuk uji sertifikasi Wi-Fi 6E, yang merupakan sertifikasi terbaru dari Wi-Fi Alliance® untuk perangkat Wi-Fi CERTIFIED 6 ™ dengan dukungan 6GHz. MediaTek memiliki solusi titik akses nirkabel (Wi-Fi Alliance), MT7915-AP-AX, dan juga solusi nirkabel sisi klien, MT7915-STA-AX di tempat pengujian. Kedua perangkat ini mendukung operasi tanpa lisensi di frekuensi 6GHz dan menyertakan banyak fitur Wi-Fi 6 (Wi-fi Alliance) yang canggih seperti ukuran beberapa unit sumber daya (resource unit/RU) untuk operasi OFDMA simultan yang optimal dari beberapa klien, bersama dengan fitur konektivitas canggih lainnya.

“MediaTek memiliki portofolio Wi-Fi terluas dan merupakan pemasok Wi-Fi nomor satu di seluruh broadband, router ritel, perangkat elektronik konsumen, dan game, melalui penyediaan solusi Wi-Fi yang memberi daya pada ratusan juta perangkat setiap tahun. Dengan titik akses dan solusi sisi klien kami sebagai bagian dari ujicoba Wi-Fi 6E untuk proses sertifikasi produk, kami berharap dapat membantu pelanggan kami memenuhi persyaratan konektivitas terbaru dengan menghadirkan fitur konektivitas generasi berikutnya ke produk yang disukai konsumen,” kata Alan Hsu , Corporate Vice President di MediaTek.

Selama bertahun-tahun, MediaTek telah bekerja sama dengan Wi-Fi Alliance untuk memastikan bahwa portofolio konektivitas MediaTek mendukung fitur Wi-Fi terbaru. Sekarang, selain mendukung pita 6GHz, portofolio solusi chipset Wi-Fi 6 MediaTek dengan fungsionalitas Wi-Fi 6E mendukung 1024-QAM dan OFDMA untuk peningkatan kinerja, target waktu bangun (target wake time/TWT) untuk masa pakai baterai yang lebih lama, WPA3 untuk tingkat keamanan tertinggi, dan beberapa input multi-pengguna, beberapa output (MU-MIMO) untuk kapasitas yang lebih tinggi. Dan juga solusi MediaTek mendukung banyak fitur Wi-Fi CERTIFIED 6 ™ R1 opsional serta fitur Wi-Fi CERTIFIED EASYMESH ™ R2 yang memiliki kontrol lalu lintas baru, fitur keamanan yang ditingkatkan, optimalisasi spektrum dan kemampuan diagnostik yang lebih baik.

Akses point Wi-Fi 6E MediaTek dan produk klien dirancang untuk berbagai segmen pasar, antara lain:

  • Produk broadband seperti home gateway, titik akses, mezh nodes, dan extender
  • Perangkat ritel termasuk router dan repeater
  • Elektronik konsumen seperti perangkat asisten suara (voice assistant devices/VAD), TV, dan produk over-the-top (OTT) termasuk stik TV
  • Perangkat PC seperti notebook
  • Aplikasi 5G termasuk smartphone, 5G MiFi dan perangkat 5G Fixed Wireless Access (FWA)
  • Aplikasi IoT untuk berbagai macam kasus penggunaan

 

Perangkat Wi-Fi 6 dengan dukungan Wi-Fi 6E menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan generasi Wi-Fi sebelumnya, termasuk latensi yang lebih rendah serta kapasitas dan kecepatan tambahan. Perangkat yang menggunakan koneksi Wi-Fi 6 dalam 6GHz dirancang untuk menggunakan saluran 160 MHz yang lebar dan bandwidth yang tidak padat dalam 6GHz untuk menghadirkan Wi-Fi multigabit dengan latensi rendah untuk pengalaman konektivitas yang lebih baik. Hal ini memungkinkan dukungan yang lebih baik untuk aplikasi mutakhir seperti komunikasi terpadu, AR / VR, dan bahkan video holografik.

 1,923 total views,  165 views today

Continue Reading

StartUp

Touchten memulai perekrutan game artist papan atas tanah air

Published

on

Geeknews.id – Touchten Games memperkuat timnya dengan bergabungnya veteran dalam industri game yaitu Retno Kusumawati atau biasa dikenal dengan panggilan “Enok” sebagai Art Director. Penunjukkan Enok sebagai Art Director menjadi langkah awal bagi Touchten dalam mengembangkan timnya dengan melakukan perekrutan akan talenta-talenta terbaik di tanah air. Hal ini ditujukan untuk membangun tim game artist terbaik di Indonesia dalam mengembangkan mobile game terbaru Touchten yang akan dirilis pada tahun 2021 untuk pasar Amerika dan Eropa.

“Di Touchten, kami selalu yakin dan percaya bahwa Indonesia merupakan rumah bagi seniman-seniman terbaik dunia dan Enok adalah salah satunya. Enok merupakan Art Director yang paling berprestasi di Indonesia dan dia selalu meningkatkan kualitas tim di sekitarnya untuk terus bertumbuh. Saya sangat senang atas bergabungnya Enok untuk mendorong dan mendukung tim kami untuk berkembang. Game kami yang akan datang adalah game terbaik yang pernah kami buat hingga saat ini. Kami telah menetapkan standar yang tinggi untuk diri kami sendiri, jadi kami mengerahkan tim terbaik kami untuk mengembangkannya. Kami juga turut membuka posisi-posisi kunci dalam tim artist kami bagi seniman-seniman terbaik di Indonesia untuk bergabung dengan kami. If you are up for the challenge, let’s make mobile games history together.” ungkap Roki Soeharyo selaku CEO Touchten.

Enok memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dalam bidang kesenian dan animasi mobile games. Sebagai Art Director, Enok telah menghasilkan lebih dari 20 judul game sejak tahun 2010. Sebelum bergabung dengan tim Touchten, Enok sempat berkarir sebagai Art Director Gameloft Indonesia sebagai ketua tim artist di sana.

“Sebagai seorang seniman, pencapaian adalah saat kita sebagai artist puas dengan hasil karya kita atau bahkan lebih baik lagi, yaitu mampu menciptakan pengalaman yang berkesan bagi yang melihatnya. Sejak awal karir saya, saya selalu memiliki pola pikir yang sama. Jika saya bisa melampaui batas keterampilan atau pencapaian saya yang dulu dan menjadi saya yang sekarang, maka saya percaya orang lain pun juga bisa melakukannya. Oleh karena itu untuk anggota tim artist saya, saya ingin mereka melampaui batas mereka saat ini, karena dengan cara itulah mereka akan menyadari potensi mereka yang sebenarnya sebagai seorang seniman. Jika kamu tertarik untuk melampaui batasmu, join my team!” ujar Enok.

 2,248 total views,  181 views today

Continue Reading

Tech

Telegram Luncurkan Deretan Fitur Baru

Published

on

Geeknews.id – Telegram, aplikasi pesan instan berbasis cloud yang tengah berkembang pesat saat ini, meluncurkan perbaruan besar yang terdiri dari beberapa fitur baru dan peningkatan pengalaman pengguna secara keseluruhan, termasuk Voice Chat untuk Telegram Group, penyimpanan pada kartu SD dan animasi UI baru untuk aplikasi versi Android, kapabilitas editor media baru juga stiker animasi yang terlihat lebih baik dan lebih cepat dimuat. Telegram juga akan meluncurkan platform saran fitur baru yang akan membantu mengidentifikasi potensi fitur baru lainnya dan menemukan bug melalui masukan dan umpan balik dari pengguna.

Lewat perbaruan kali ini, grup Telegram manapun dapat digunakan sebagai ruang Voice Chat yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang virtual atau tempat berkumpul untuk berdiskusi oleh berbagai komunitas. Voice Chat beroperasi sebagai pilihan tetap untuk berkomunikasi verbal dengan teman atau keluarga. Karena selalu tersedia, pengguna dapat masuk dan keluar dari Voice Chat seperti layaknya ruang berkumpul komunitas. Yang menarik dari fitur Voice Chat ini adalah dapat digunakan oleh ribuan partisipan sekaligus dimana mereka dapat bergabung kapan saja.

Admin grup dapat mengaktifkan ruangan virtual dengan mengakses profil grup lalu klik (…) lalu pilih menu “Start Voice Chat”. Untuk bergabung ke dalam voice chat, pengguna Telegram cukup menekan menu “Join” yang terletak di bawah nama grup. Ketika sudah masuk ke dalam ruangan virtual, pengguna bisa melihat jumlah anggota grup yang sudah bergabung dan sedang berbicara. Pengguna juga dapat saling mengirim stiker dan pesan teks di dalam grup. Dengan fitur Voice Chat Overlay, pengguna dengan secara bebas dapat menggunakan aplikasi lainnya, bermain game, mencari dan mengirimkan pesan, dan pada saat bersamaan masih tetap terhubung Voice Chat. Pengguna Android juga mendapatkan pengalaman Voice Chat tambahan dengan floating widget yang akan terus menunjukkan kontrol mikrofon dan siapa yang sedang berbicara meski Telegram hanya dijalankan pada background.

Tidak hanya tersedia untuk Telegram versi mobile, fitur grup Voice Chat juga dapat diakses melalui Telegram di desktop dan aplikasi native macOS dengan keleluasaan yang sama. Dengan memilih tombol push-to-talk, pengguna dapat mengaktifkan Voice Chat agar dapat mengkontrol penggunaan mikrofon saat menggunakan software lain.

Telegram berharap fitur Voice Chat akan mengubah cara pengguna berkolaborasi untuk terus terhubung dengan keluarga dan komunitasnya.

PENAMBAHAN DAN PENINGKATAN LAINNYA:

  • PENYIMPANAN PADA KARTU SD: Pengguna Android kini dapat memindahkan data aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD eksternal. Pengguna dapat mengurangi ruang penyimpanan pada perangkat seluler mereka dan memaksimalisasi pengalaman penggunaan dengan menyimpan lebih banyak lagi media dan file pada aplikasi.
  • ANIMASI BARU, PEMUATAN STIKER YANG CEPAT, LEBIH BANYAK EMOJI BERANIMASI: Versi Android Telegram telah diperbarui dengan animasi baru pada tombol chat, arsip chat, dll. Stiker beranimasi pada Telegram dioptimalisasikan untuk efisiensi dan memberikan animasi 180 frame dengan resolusi tak terbatas dalam kurang dari 50 KB saja. Perbaruan ini memungkinkan stiker untuk dimuat dnegan lebih cepat dari sebelumnya, Telegram juga sudah memperluas koleksi emoji animasi pada aplikasi.
  • PENINGKATAN FITUR EDIT MEDIA: Pengguna Android dapat meng-edit foto yang telah dikirim untuk menambahkan efek, coretan, atau stiker menggunakan media editor. Pengguna iOS dapat memilih tombol pena untuk edit dan mengirim kembali foto yang telah mereka terima.
  • PEMBACAAN PESAN PADA iOS: Pengguna dapat mengizinkan Siri untuk membacakan pesan yang masuk dengan pengeras suara pada headphone mereka.
  • PLATFORM FEATURE SUGGESTION: Untuk membantu mengidentifikasi potensi fitur baru dan menemukan bug pada aplikasi, Telegram meluncurkan Bug and Suggestion Platform. Platform ini akan menyarankan fitur baru dan melaporkan bug secara bertahap untuk memastikan bahwa setiap pengajuan mendapatkan perhatian yang tepat.

 3,455 total views,  169 views today

Continue Reading

Tech

Sebandingkah PlayStation 5 Harga 7-9jt Dengan Pengalaman Game Yang Didapat?

Published

on

Geeknews.id — PlayStation 5 menjadi salah satu barang yang saat ini sedang diburu. Konsol ini bisa mulai dipesan di Indonesia pada tanggal 18 Desember 2020, namun beberapa toko online sudah menawarkan ke konsumen.

Sama seperti versi global, Playstation 5 versi Indonesia bakalan hadir dengan dua varian, yakni varian standard an varian digital. Perbedaan di antara keduanya adalah versi digital tidak di lengkapi dengan slot blu-ray disc, sehingga game yang dimainkan mengharuskan penggunanya untuk mengunduh.

Untuk harga Ps5 di Indonesia sendiri di banderol dengan harga Rp 7,3 juta untuk versi Ps5 digital tanpa menggunakan slot blu-ray disc, sedangkan untur versi standar 8,8 juta dengan menggunakan slot blu-ray disc.

Secara spesifikasi, konsol Ps5 terbaru ini akan menggunakan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 GHz. Sudah sangat jelas prosesor ini jauh lebih tinggi di bandingkan dengan Ps4 yang hanya ditenagai 8 prosesor AMD jaguar 1,6 GHz.

Kapasitas RAM yang diberikan Ps5 pun dua kali lebih besar 16 GB, kammapuan grafis Ps5 juga mendapat peningkatan dengan prosesor berbasis RDNA 2 milik AMD. Pengelola grafis seperti ini memiliki 36 compute units (CU) dan daya komputasi sebesar 10,28 teraflops.

Media penyimpanan Ps5 pun saat ini sudah tidak menggunakan Hard Disk Drive (HDD), namun sudah ditingkatkan menjadi Solid State drive (SSD) dimana kecepatan yang diberikan jauh lebih tinggi. Dengan media penyimpanan ini waktu loading game akan jauh lebih singkat.

Adapaun SSD Ps5 yang berkapasitas 825 GB masih dapat diperluas dengan SDD tambahan. Tak ketinggalan, Ps5 juga sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni 8k dan 4k dengan refresh rate 120 Hz, serta audio 3D.

Dengan harga 7-9 juta dan prosesor yang sudah tinggi, Cukup membuat pengalaman bermain game konsumen terpuaskan.

 3,313 total views,  167 views today

Continue Reading

Trending