Connect with us

Viral

Mark Zuckerberg Minta Maaf Soal Kebocoran Data Facebook

Published

on

Geeknews.id – Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Facebook, telah menggunakan sejumlah iklan di koran-koran Inggris dan Amerika Serikat untuk menyatakan permohonan maaf. Hal ini dilakukan setelah skandal yang melibatkan aplikasi buatan Cambridge Analytica.

Dalam permohonan maafnya, Mark mengatakan, Facebook sebagai platform jejaring sosial tidaklah layak menyimpan informasi pribadi, jika tidak dapat melindunginya. Iklan di koran-koran yang memuat tanda tangan Mark juga menyebutkan aplikasi buatan peneliti Cambridge University telah membocorkan data jutaan pengguna Facebook sekitar empat tahun lalu.

“Ini adalah pelanggaran kepercayaan dan saya menyesal kita tidak bisa melakukan lebih banyak soal ini. Sekarang kita mengambil langkah untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi,” ujar iklan tersebut.

Masalah privasi Facebook telah mendapat kecaman setelah Cambridge Analytica, perusahaan konsultan politik yang berafiliasi dengan kampanye pemilihan Presiden Donald Trump 2016, mendapatkan data secara tidak tepat. Perusahaan ini dituduh telah memberikan pengaruh bagaimana orang-orang memilih atau bahkan berpikir soal politik dan kemasyarakatan lewat sebuah permainan.

Baca juga : Mark Zuckerberg Diharapkan Untuk Bersaksi Sebelum Kongres Tentang Penyalahgunaan Data

Cambridge Analytica mendapatkan data-data dari seorang peneliti yang membayar 270 ribu pengguna Facebook untuk menyelesaikan kuis profil psikologis pada tahun 2014. Namun, kuis tersebut juga mengumpulkan informasi tentang teman-teman mereka sehingga jumlah pengguna yang terkena dampak menjadi sekitar 50 juta orang.

Sejumlah surat kabar yang memuat iklan permohonan maaf adalah the New York Times dan the Washington Post di Amerika Serikat dan the Sunday Times serta the Sunday Telegraph di Inggris. Dalam permohonan maaf juga disebutkan bahwa Facebook membatasi data yang diterima aplikasi saat pengguna masuk.

(credit : Twitter @brianstelter)

(credit : Twitter @brianstelter)

Facebook juga kini menyelidiki setiap aplikasi yang memiliki akses ke sejumlah besar data. “Kami berharap ada aplikasi lainnya. Dan ketika kami menemukannya, kami akan melarang mereka dan memberi tahu semua orang yang terkena dampak,” tulis iklan itu.

Mark menutup penyataan maafnya di koran dengan mengatakan, “Saya berjanji untuk melakukan yang lebih baik untuk Anda.”

Namun, permintaan maaf menghindari penyebutan nama ‘Cambridge Analytica’. Sebaliknya, menulisnya sebagai “aplikasi kuis yang dibuat oleh seorang peneliti universitas”.

Nilai saham telah turun lebih dari 70 miliar dolar AS, atau lebih dari Rp 700 triliun, sejak skandal kebocoran data pengguna dilaporkan. Hal ini menjadi ancaman baru terhadap reputasi Facebook.

Dua senator Amerika Serikat ingin bos tertinggi Facebook memberikan kesaksian di kongres.

Dua senator Amerika Serikat ingin bos tertinggi Facebook memberikan kesaksian di kongres. (Sumber: Reuters/Stephen Lam)

Sebelumnya, Facebook diserang karena penggunaan di Rusia untuk memengaruhi pemilih Amerika dengan unggahan-unggahan “berita palsu”, sebelum dan sesudah Pemilu AS 2016. Pada 22 Maret, Mark secara terbuka membahas skandal itu melalui unggahan panjang di halaman miliknya.

Hanya empat hari sebelumnya, pengacara Facebook mengancam akan menuntut Guardian karena melaporkan cerita. Berbicara di sebuah konferensi di New York, kepala kemitraan berita Facebook, Campbell Brown, mengakui ancaman tersebut sebagai sebuah “kesalahan”.

Sejak saat itu Mark telah melakukan apa yang disebut “tur permohonan maaf” di sejumlah jaringan televisi global karena skandal pengambilan data-data pengguna Facebook yang terus merusak reputasi perusahaannya.

Kampanye Trump telah membayar 6 juta dolar AS, atau lebih dari Rp 60 miliar, selama Pemilu AS 2016, meskipun sejak pihak Trump telah menjauhkan diri dari Cambridge Analytica. Dua senator Amerika Serikat juga telah meminta Mark untuk bersaksi di depan Kongres soal tuduhan yang melibatkannya.

Sumber : australiapos.com

 2,690 total views,  6 views today

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Serunya Gaya Hidup Digital Masa Depan Melalui Kolaborasi Platform Hiburan Terpadu TIX ID dan Dompet Digital DANA

Published

on

Geeknews.id – Sebanyak 12 anak muda terpilih dalam program kompetisi #TIXCOPTER untuk hadir nonton bareng Premier Mission Impossible di Jakarta dengan dijemput helikopter bersama selebriti idola yakni Raditya Dika, Awkarin, Kemal Palevi, dan Ria Ricis menandai dimulainya pemutaran film Mission Impossible. Acara seru ini diadakan oleh TIX ID, sebuah platform hiburan terpadu, berkolaborasi dengan dompet digital Indonesia DANA.

Sebanyak lebih dari 1600 orang mengikuti kompetisi ini dengan memasang foto ala Mission Impossible di akun media sosial masing-masing sejak 16 Juli-23 Juli 2018. Berbagai gaya kreatif ditunjukkan dalam foto masing-masing.

“Kompetisi #TIXCOPTER merupakan awal dari kejutan-kejutan mengesankan lainnya yang akan kami hadirkan secara konsisten di masa-masa mendatang melalui layanan TIX ID yang berkolaborasi dengan dompet digital DANA sebagai infrastruktur pembayarannya. Bentuk kejutannya akan berbeda-beda dan akan selalu menyertai momen-momen istimewa, seperti saat bersamaan dengan pemutaran film-film blockbuster di Indonesia,” tutur Sean Kim, Director TIX ID.

Sean berharap, pengguna dapat memiliki pengalaman mengesankan melalui program-program serupa #TIXCOPTER yang dirancang secara kreatif, selain berbagai program reguler berupa potongan harga atau bonus pembelian tiket lainnya. Dengan demikian, masyarakat akan lebih semangat dan berminat untuk memanfaatkan TIX ID dalam mengisi kebutuhan informasi hiburan dan memenuhi gaya hidup di era digital masa kini.

CEO Dana, Vincent Iswara (kiri) dan Director TIX ID, Sean Kim usai acara nonton bareng film Mission Impossible di Plaza Senayan

Lewat TIX ID, ke depannya pengguna juga dapat mengakses informasi aneka hiburan teraktual dari film yang sedang tayang di bioskop beserta resensi dan jadwal pemutarannya, agenda konser musik serta beragam pertunjukan lain, hingga melakukan pembelian dan pembayaran tiket pertunjukan-pertunjukan yang diminati secara online dengan cepat, mudah, praktis, dan aman.

TIX ID berupaya memperkenalkan gaya hidup masa depan yang sudah dapat dinikmati dari sekarang melalui layanan digital dan konsep one stop entertainment platform yang menghadirkan kemudahan akses praktis, dan aman dalam melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan dompet digital DANA.

Timothius Martin, Marketing Director DANA mengatakan, “Bagi DANA, sangat penting untuk memberikan edukasi tentang gaya hidup masa depan yang dinamis dan revolusioner, termasuk untuk pembayaran dan bertransaksi. Karenanya, DANA sebagai dompet digital dan sekaligus infrastruktur terselenggaranya transaksi non-tunai dan non-kartu sangat antusias bermitra dengan TIX ID dalam membudayakan gaya hidup futuristik yang sarat dengan kemudahan, efisiensi, kecepatan, mobilitas tinggi, serta kebutuhan akan jaminan keamanan.”

DANA di TIX ID, selain mendukung aktivitas pembayaran pengguna TIX ID, juga menghadirkan penawaran-penawaran seru seperti pemberian cashback, potongan harga pembelian tiket, ataupun promo pembelian satu tiket berhadiah satu tiket tambahan gratis. “Ke depan, DANA akan terus berkolaborasi dengan TIX ID dalam turut menghadirkan program-program kejutan yang seru. Pengguna dapat memantau informasinya di akun media sosial DANA dan TIX ID,” Timo menambahkan.

Para Pemenang Kompetisi #TIXCOPTER

 Berikut adalah daftar nama para pemenang kompetisi foto #TIXCOPTER berikut dengan asal dan akun Instagram mereka:

  1. Yenny Christianti dari Bogor (@christynjenn)
  2. Cahya Egitha Ayu dari Jakarta (@series)
  3. Tifany Adelia dari Jakarta (@tifanny_adelia)
  4. Maulana Rizky Palealu dari Jakarta (@imrisky)
  5. Rachmat Munandar dari Jakarta (@berenang_day)
  6. Desi Lastri dari Jakarta (@lastridesi)
  7. Ovieta Purianti dari Bogor (@ovieetaps)
  8. Heriyadi dari Palembang (@heriyadi_official)
  9. Andriyanto dari Jakarta (@andriybastian)
  10. Ryan Diandra Rizky dari Bekasi (@ryandiandra)
  11. Raffi Azzani Satria Omar Hidayat dari Bekasi (@m_raffisatria)
  12. Angga Madi Utomo dari Yogyakarta (@anggamadiu)

“Kami sangat senang melihat antusiasme para netizen yang ikut serta dalam kompetisi #TIXCOPTER ini. Bahkan di antara pemenang, ada dua orang yang berasal dari luar kota, yakni dari Palembang dan Yogyakarta. Ke depannya, TIX ID berkolaborasi dengan DANA akan membuat program-program lain yang tak kalah unik dan menarik bagi para pengguna kami di Indonesia,” ujar Sean.

CEO Dana, Vincent Iswara, Tyas Mirasih, Indra Bekti, dan Aldilla Jelita beserta Director TIX ID, Sean Kim usai acara nonton bareng film Mission Impossible di Plaza Senayan.

 43,335 total views,  18 views today

Continue Reading

Entertainment

Perayaan 25 Tahun POWER RANGERS bersama Austin St John di POPCON ASIA 2018

Published

on

Geeknews.id — Dalam rangka merayakan hari jadi serial Power Rangers yang ke-25, POPCON Inc. mengumumkan akan memboyong langsung aktor dari serial Mighty Morphin Power Rangers, Austin St. John, sang Ranger Merah pertama, yang di serialnya dikenal sebagai Jason Lee Scott. POPCON Asia merupakan ajang popular culture convention pertama Austin St John di benua Asia.

Yenny Wangsawidjaja, CEO POPCON Inc menuturkan, “POPCON Asia memposisikan diri sebagai ajang pop culture yang wajib dikunjungi di Indonesia, selalu mencoba untuk menghadirkan popstar untuk memuaskan dahaga pecinta pop culture di tanah air. Pada POPCON Asia 2017, kita membawa tiga Ranger sekaligus dari franchise Power RangersWalter Jones si Ranger Hitam pertama dari serial “Mighty Morphin Power Rangers”, dan Yoshi Sudarso bersama Peter Sudarso, kakak beradik asal Indonesia yang menjadi Ranger Biru di serial Power Rangers Dino Charge” dan “Power Rangers Ninja Steel”.

Ada setidaknya 97 episode Power Rangers yang  diperankan Austin St John sepanjang tahun 1993 hingga 2002. Walaupun sempat mendapat kostum dengan warna yang berbeda, sebagai Ranger Emas Zeo di serial “Power Rangers Zeo” (1996), tapi sosok pemimpin Merah, tidak bisa dilepaskan dari dirinya. Dalam setiap komik, juga action figure Power Rangers, sosok Jason yang diperankan oleh Austin St. John masih menjadi karakter yang paling terkenal.

Salah satu scene dalam Power Rangers

Sempat menghilang dari dunia hiburan, pemegang black belt Taekwondo dan Judo ini aktif menjadi petugas medis yang membantu tentara Amerika di Timur Tengah selama lima tahun. Sekarang, Austin kembali terlibat dalam beberapa film layar lebar yang akan rilis di sepanjang tahun 2019.

ASJ

Bagi fans di seluruh penjuru Nusantara (juga Asia) yang ingin merayakan seperempat abad franchise Power Rangers bersama Austin St. John, si Ranger Merah pertama itu, jelas wajib datang ke POPCON Asia 2018 yang mengusung tema “Clash of POP”.

 

 

Penjualan tiket awal (early bird) telah dibuka seharga Rp.75.000 (satu hari) dan Rp. 130.000 (untuk dua hari). Pesan tiketnya sekarang juga di situs resmi Popcon.Asia. Untuk anak-anak yang tinggi badannya di bawah 100 cm, masuk ke POPCON Asia 2018-nya gratis

 13,485 total views,  4 views today

Continue Reading

Entertainment

POPCON Asia : Clash of Pop akan Menghadirkan Hal Baru

Published

on

Geeknews.id POPCON Asia, perhelatan Pop Culture berskala internasional akan kembali diselenggarakan pada 22-23 September mendatang di ICE, BSD, Tangerang. Dengan skala yang lebih besar, acara ini akan menjadi tempat yang spesial bagi para pecinta pop culture dari dalam dan luar negeri.

POPCON Asia atau Popular Culture Convention Asia, adalah festival terkemuka di Indonesia untuk konten terkait industri kreatif, terutama komik, mainan, film, dan animasi dari kreator lokal dan internasional. Popcon Asia bertujuan mengembangkan hak kekayaan intelektual para kreator Indonesia, dan mempromosikannya ke dunia.

Mengangkat tema Clash of Pop, Popcon Asia 2018 dipastikan akan menjadi wadah bagi para pegiat dan penikmat pop culture untuk beradu, tidak hanya kreatifitas namun juga karya dan potensi kolaborasi!

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Popcon Asia 2018 mengambil lokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Selain itu, festival ini juga menghadirkan panggung musik dan penghargaan untuk para sineas lokal dengan kategori “Feature Film”. Band yang udah pasti akan tampil pada Popcon Asia 2018 ada Goodnight Electric dan White Shoes and the Couples Company.

Sejak pertama kali diadakan, POPCON Asia terus memberi dukungan kepada para kreator industri kreatif dan pop culture. Dukungan tersebut masih terus dilanjutkan pada tahun ini melalui beragam konten seru yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu konten yang hadir di POPCON Asia 2018 adalah Tabletopia, arena di mana semua pengunjung bisa bermain board game kreasi anak bangsa.

Doodle Battle akan kembali lagi di POPCON Asia 2018, dalam Doodle Battle ini para kreator berbakat akan saling beradu kemampuan gambar dalam kemasan yang lebih unik. Juga akan diadakan POPCONNECT, sebuah sarana untuk mempertemukan para kreator lokal dengan calon investor yang hadir.

Tidak terlupa, “POPCON Cosplay Challenge” yang menyiapkan hadiah total senilai 36 juta rupiah. “POPCON Cosplay Challenge”diharapkan menjadi tempat berkumpulnya anak muda kreatif yang jago membuat kostum dan juga berani perform di panggung.

“Kami menyadari bahwa untuk menjadi wadah bagi segenap pelaku industri kreatif tanah air khususnya pop culture kami harus bisa mengakomodasi berbagai pihak yang terlibat. Oleh karena itu penyelenggaraan POPCON Asia 2018 mencoba menggandeng pegiat & kreator, fans dan penikmat, pemerintah serta tidak ketinggalan tentu saja brand yang memungkinkan adanya kolaborasi karya. POPCON Asia 2018 kami rancang dengan tema clash of pop sehingga semua pihak bisa beradu tidak dalam makna negatif melainkan untuk semakin termotivasi untuk berkarya,” terang Yenny Wangsawidjaja, Managing Director POPCON Inc. pada acara temu media yang didukung oleh Electronic City dan Padang Merdeka di Electronic City SCBD.

Beberapa film Indonesia juga akan dihadirkan pada perhelatan ini, seperti Dreadout, Dear Nathan Hello Salma, Foxtrot Six, Gundala dan masih banyak lagi. Kemudian untuk band yang akan tampil di acara ini antara lain, White Shoes and The Couple Company serta Goodnight Electric.

Acara musik kali ini bakal menarik karena drummer Naif Franki Indrasmoro Sumbodo dipilih sebagai salah satu konseptor pertunjukan musik. “Yang pasti akan ada pertunjukkan visual di belakang mereka manggung. Band-band ini itu ngebawain lagu-lagu dari komik yang mereka bikin khusus,” kata pria yang akrab disapa Pepeng ini.

Kemudian tak kalah menarik dari Popcon Asia 2018 ini adalah kehadiran Ronny Gani, animator asal Indonesia yang pernah terlibat dalam film The Avengers dan Ant-Man. Hadir pula Monez Gusmang, ilustrator asal Bali, ilustrator asal malaysia Kael Ngu dan artis komik asal Filipina Mico Suayan.

 11,259 total views,  4 views today

Continue Reading

Esport

Kratingdaeng Siap Adakan Kompetisi eSport Paling Bergengsi di Indonesia

Published

on

Geeknews.id — eSport merupakan salah satu pertandingan olahraga yang terbilang baru di Indonesia. eSport juga menjadi salah satu cabang olahraga eksibisi di Asian Games 2018 dan akan masuk dalam agenda Olimpiade 2019. Ini menjadikan eSport sebagai olahraga yang potensial, dan memiliki pertumbuhan yang tinggi dibanding olahraga lainnya. Hal ini menginspirasi PT. Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical menggelar ajang Kratingdaeng Indonesia eSport Championship 2018 (Kratingdaeng IEC 2018).

Sesi QnA

Dalam konferensi pers yang digelar oleh Asia Sejahtera Perdana Pharmaceutical (ASPP), Kratingdaeng mengumumkan akan menggelar acara Kratingdaeng Indonesia Esport Championship (IEC) 2018 yang akan digelar pada tanggal 8-9 September di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Kratingdaeng IEC 2018 ditargetkan menjadi kompetisi eSport terbesar di Indonesia dengan jumlah peserta 20 ribu orang yang tersebar di kota-kota di Indonesia. Event ini memperlombakan beberapa jenis games. Pada ajang ini, kompetisi dibagi dalam dua babak. Pertama, babak qualifier (online dan offline) khusus untuk permainan Mobile Legends dan PUBG. Babak kedua yaitu Grand Finale yang akan diadakan pada 8-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. Total hadiah yang diperebutkan mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Kratingdaeng IEC 2018 menghadirkan beberapa tim profesional Indonesia yang sudah terbukti keahliannya untuk turut serta bertanding. Event ini juga menjadi yang pertama menampilkan pertandingan eksibisi untuk game Fortnite yang populer dan mulai merambah Indonesia.

Kratingdaeng IEC 2018 menghadirkan beberapa tim profesional Indonesia yang sudah terbukti keahliannya untuk turut serta bertanding. Event ini juga menjadi yang pertama menampilkan pertandingan eksibisi untuk game Fortnite yang populer dan mulai merambah Indonesia.

Peresmian Acara

Untuk bridging menuju International Competition, tahun ini akan ada international exhibition match antara team gamer versus best gamer luar negeri. Perwakilan dari Indonesia dipilih dari best player yang menjadi juara di kompetisi Kratingdaeng IEC 2018.

“Sebagai acara bertaraf Nasional, Kratingdaeng IEC 2018 memiliki target partisipan yang cukup besar, sekitar 20.000 peserta akan berpartisipasi dalam kompetisi ini,” ujar Sonny Listhon, General Manager Redstone, EO penyelenggara Kratingdaeng IEC 2018.

Pendaftaran kompetisi PUBG maupun Mobile Legends dimulai sejak berlangsungnya Game Conference yang bertempat di Ballroom Kuningan City, lantai 7, Jakarta Selatan pada 11 Juli 2018. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online melalui http://iec.kratingdaeng.co.id

Pada acara puncak tanggal 8-9 September nanti di ICE BSD, Tangerang, juga akan dihadirkan beragam venue mulai dari cosplay, komunitas mainan, serta mini kompetisi game.

Tiket masuk untuk acara tersebut dipatok Rp125.000 untuk reguler dan Rp175.000 untuk VIP selama masa pre-sale sementara harga tiket on the spot akan dipatok Rp200.000 untuk reguler dan Rp250.000 untuk VIP.

 10,513 total views,  4 views today

Continue Reading

Tech

Apple memberikan $ 539 juta dalam kasus paten AS terhadap Samsung

Published

on

Geeknews.id – Pengadilan AS telah memerintahkan Samsung Electronics Korea Selatan membayar $ 539 juta (£ 403m) dalam kerusakan untuk menyalin fitur dari iPhone asli Apple.

Keputusan juri adalah langkah terbaru dalam pertempuran hukum jangka panjang antara pembuat smartphone top dunia.

Ini dimulai pada tahun 2011 ketika Apple menyatakan Samsung telah melanggar beberapa paten.

Apple dianugerahi $ 1.05bn dalam kerusakan setahun kemudian tetapi saingannya telah memperebutkan jumlah akhir sejak itu.

Dalam putusan pengadilan terbaru, sebagian besar pembayaran kerusakan – $ 533,3 juta – diberikan untuk melanggar tiga paten desain Apple. Sisanya adalah karena melanggar dua fungsi yang dipatenkan.

Dalam sebuah pernyataan, Apple mengatakan senang bahwa para anggota juri “setuju bahwa Samsung harus membayar untuk menyalin produk kami.”

“Kasus ini selalu lebih dari uang,” kata raksasa teknologi itu, menambahkan bahwa penting untuk terus melindungi “kerja keras dan inovasi dari begitu banyak orang di Apple”.

Tapi Samsung mengatakan keputusan “terbang di muka” putusan Mahkamah Agung dengan suara bulat mendukungnya pada cara kerusakan desain paten dihitung.

Tidak ada “kemenangan yang jelas”

Samsung telah berargumentasi bahwa ia hanya harus membayar $ 28 juta dalam kerusakan – membatasi jumlah untuk keuntungan yang secara langsung berkaitan dengan komponen atau fitur yang dicakup oleh hak paten.

Apple berpendapat untuk angka yang jauh lebih besar, dihitung berdasarkan keuntungan yang dihasilkan dari seluruh iPhone.

“Ini bukan kemenangan yang jelas untuk kedua perusahaan karena Apple telah meminta $ 2.5bn dalam kerusakan dalam klaim aslinya”, menurut Kiranjeet Kaur, analis teknologi di firma riset IDC di Singapura.

Dan Ms Kaur menambahkan bahwa kemungkinan banding lain oleh Samsung “tidak dapat dihilangkan”.

“Ini jelas bukan putusan yang diinginkan atau diharapkan Samsung, dan terlepas dari kerusakan yang harus dibayar, itu menunjukkan bahwa memang desain disalin,” katanya.

Dia menambahkan keputusan itu harus menjadi peringatan bagi para pemain yang lebih kecil untuk menjadi “lebih waspada terhadap overstepping [paten], terutama di pasar seperti AS”.

 9,820 total views,  4 views today

Continue Reading

Trending