Connect with us

Music

Hari Musik Nasional 2018!!

Published

on

Geeknews.id – Setiap 9 Maret, Indonesia merayakan Hari Musik Nasional. Penetapan Hari Musik sendiri disahkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013.

Pemilihan tanggal perayaan Hari Musik Nasional memiliki makna tersendiri. Diketahui, 9 Maret bertepatan dengan hari lahir salah satu Pahlawan Nasional yang merupakan pencipta lagu kebangsaan, Wage Rudolf Soepratman.
Meski perayaannya baru berlangsung lima tahun, rencana penetapan Hari Musik ternyata sudah ada sejak 2003. Kala itu, usulan Hari Musik Nasional didengungkan oleh Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).
Butuh satu dekade hingga akhirnya perayaan Hari Musik Nasional resmi diumumkan. Adalah Presiden Ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi sosok dibalik penetapan tersebut pada 9 Maret 2013.
Penetapan perayaan Hari Musik Nasional sendiri bukan tanpa tujuan. Menurut Keppres Nomor 10 Tahun 2013 yang menjadi dasar penetapan Hari Musik Nasional, musik merupakan ekspresi budaya universal yang merepresentasikan nilai luhur dan kemanusiaan yang memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan nasional. Diharapkan dalam setiap peringatan Hari Musik Nasional, masyarakat akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musisi Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.
Sayang, kontroversi juga sempat mengiringi penetapan Hari Musik Nasional. Tanggal 9 Maret, yang dipilih sebagai hari perayaan, oleh sebagian ahli sejarah dinilai bertentangan dengan waktu kelahiran Wage Rudolf Supratman.
Berdasar penelusuran ahli sejarah, Wage Rudolf Supratman lahir pada 19 Maret 1903. Oleh karenanya, tak sedikit yang menganggap bahwa penetapan 9 Maret sebagai perayaan Hari Musik Nasional bertentangan dengan nilai sejarah.
Terlepas dari kontroversi yang sempat menimbulkan perdebatan, tanggal 9 Maret nyatanya sudah resmi ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional. Seluruh insan musik Tanah Air pun tetap merayakan hari bersejarah itu dengan kegiatan positif.
Salah satunya seperti Konferensi Musik Indonesia dan Festival (KAMI) 2018 yang saat ini tengah berlangsung di Ambon. Dipimpin Glenn Fredly selaku Ketua Komite, KAMI mengusung tujuan mulia untuk mensejahterakan pelaku industri musik lokal.
“Konferensi musik ini adalah inisiatif kolektif yang datang dari ekosistem musik dalam upaya bersama membangun ekosistem musik yang terkelola, berkelanjutan, mencerdaskan dan mensejahterakan serta keberadaan dari sebuah profesi. Selain kerja untuk perbaikan bagi industri musik kedepan, ini juga adalah kerja untuk ketahanan kebudayaan bangsa,” ucap Glenn, yang dikutip Okezone dari laman resmi KAMI.
Source : OKEZONE

 3,922 total views,  3 views today

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Games

Video Musik OST Birdie Crush Yang Dinyanyikan Oleh EUNHA dari GFRIEND

Published

on

Perusahaan game mobile Com2uS  (CEO James Song) telah menunjukkan video musik soundtrack Birdie Crush berjudul “Buddy! Birdie!”. Lagu ini dinyanyikan oleh EUNHA dari grup K-Pop terkenal GFRIEND.

Birdie Crush adalah sebuah game golf fantasi yang dikembangkan oleh Com2uS. Game olahraga ini memiliki kontrol yang mudah dan penuh dengan keseruan. Selain itu, pemain bisa merasakan keseruan bermain golf dengan berbagai konten seperti match mode yang dinamis dan penuh dengan unsur fantasi yang unik. Game ini sudah diluncurkan di Indonesia bulan Agustus 2019 dan kini game ini akan diluncurkan secara global 4 Februari mendatang.

Untuk mendukung peluncuran global Birdie Crush, Com2us membuat video musik soundtrack yang dinyanyikan oleh EUNHA berjudul “Buddy! Birdie!”

Lirik lagu yang mengingatkan tentang petualangan dan tantangan baru di lapangan hijau, serta suara EUNHA yang jernih dan kuat juga turut meningkatkan antusiasme terhadap game golf fantasi ini.

Video musik ini nantinya akan memperlihatkan melodi lagu yang indah, siluet “Martina” yang tengah bersiap melakukan tee shot, dan diikuti oleh cerita dari Lucie, Erin, dan Kris.

Untuk persiapan peluncuran global Birdie Crush 4 Februari mendatang, Com2us telah menyiapkan berbagai konten video dan guide untuk gamer global di website resmi mereka. Gamer Indonesia juga bisa menikmati Birdie Crush dengan update terbaru ini pada saat diluncurkan kembali nanti.

 8,217 total views,  1 views today

Continue Reading

Esport

Tencent Rilis Lagu Tema PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 1 Bertajuk “Be The One”

Published

on

By

Geeknews.id – Menyambut gelaran PUBG Mobile Pro League Indonesia, Tencent Games membuat lagu tema yang akan mengiringi serunya kompetisi sengit antar tim PUBG Mobile terbaik se-Indonesia. Bertajuk “Be The One” lagu ini mewakili semangat kompetisi para peserta yang bertanding untuk menjadi yang terbaik, menjadi nomor satu.

Untuk pembuatan lagu tema ini, Tencent Games berkolaborasi dengan band Arah, band yang juga sempat mengisi soundtrack film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Band ini diisi oleh sosok selebriti yang sudah cukup ternama di dunia entertainment Indonesia. Mereka adalah Aktor Roy Sungkono yang mengisi bagian Lead Vocal, musisi Gilbert Pohan sebagai pemain Bass dan Backing Vocal, Aktor Tanta Ginting sebagai pemain Gitar dan Backing Vocal, serta News Anchor Azizah Hanum sebagai pemain Drum.

Pada saat proses shoot Music Video (MV) Be The One, band Arah sempat berbincang-bincang soal kerja sama tersebut, serta proses kreatif dalam pembuatan lagu tema PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020. Band Arah mengaku sangat bersemangat ketika diajak untuk mengisi lagu bagi salah satu game Battle Royale terpopuler di Indonesia ini. “Jadi pengisi musik untuk game yang biasa gue mainin, itu rasanya kaya nggak kepikiran sama sekali. Apalagi gue juga memang gamers sedari dulu. Rasanya seperti mimpi jadi nyata ketika musik yang gue mainin menjadi soundtrack untuk game seperti PUBG Mobile.” ucap Roy Sungkono sang lead vocal.

Lebih lanjut band Arah lalu bercerita soal proses dan inspirasi pembuatan musik Be The One. Satu yang menarik adalah saat Tanta Ginting bercerita, bahwa proses pengerjaan lagu Be The One, baik lirik dan aransemen, ternyata hanya dalam durasi dua minggu saja. “Ketika diajak Tencent Games untuk membuat lagu tema PUBG Mobile Pro League, gue langsung semangat sontak bilang ‘AYO!’. Padahal ketika itu gue belum bilang ke teman-teman band Arah lainnya. Setelahnya kami diberi tahu waktunya cuma dua minggu, tambah kaget lagi gue! Jadi nggak lama-lama, gue langsung kasih tahu ke teman-teman dan mereka ternyata juga langsung ikut excited ketika diberi tahu soal ini.”

Gilbert yang banyak menyumbang lirik dan aransemen lagu Be The One lalu mengatakan bahwa dirinya mengerjakan semua lagu tersebut dari Jogja, bahkan baru sampai Jakarta satu hari sebelum melakukan proses shooting MV Be The One. “Ketika dikasih tahu Tanta bahwa kami dapat project ini, dan waktunya cuma dua minggu, gue langsung semangat, karena gue merasa ketika terdesak waktu seperti ini, jiwa kreatif gue langsung keluar semua. Prosesnya mengalir begitu aja, gue membayangkan seperti lagi sedang main PUBG. Lalu setiap menemukan inspirasi, langsung gue rekam sedapatnya pakai voice note, lalu kirim ke temen-temen. Jadinya proses mulai dari demo, workshop sampai jadi full satu musik mungkin nggak sampai dua minggu, malah cuma sekitar satu minggu lebih sedikit.” ucap Gilbert.

Pada salah satu bagian lagu Be The One, ada teriakan Winner-Winner Chicken Dinner yang membakar semangat para pemain PUBG Mobile. Terkait hal tersebut Azizah menceritakan asal muasal terciptanya bagian tersebut. “Dalam proses pembuatan lagu ini kita sampai harus workshop 3 hari berturut-turut selama 6 sampai 7 jam. Jujur awalnya gue agak buta sama PUBG, jadi gue bertanya ke Roy dan Tanta soal istilah-istilah di PUBG. Sampai akhirnya kami masukkan istilah-istilah tersebut di dalam lagu, seperti ‘take your best shot’‘final zone closing’. Soal Winner-Winner Chicken Dinner itu muncul gara-gara gue sering banget mendengar Roy dan Tanta teriak kata-kata itu. Jadinya pada satu bagian lagu, saat tempo musik melambat, gue teriak aja ‘Winner-Winner Chicken Dinner!’ Terus akhirnya semua setuju dan itu jadi bagian dari lagu.”

Be The One akan menjadi theme song dari gelaran PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020. Liga PUBG Mobile pertama di Indonesia ini akan memperebutkan hadiah sebesar US$150.000 (sekitar Rp2,2 miliar), babak Regular Season akan diselenggarakan mulai dari tanggal 6 Maret 2020 sampai 29 Maret 2020 mendatang, dan diselenggarakan secara offline di Studio Sepat 72, Pasar Minggu, Jakarta. 24 tim peserta PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020 akan bertanding memperebutkan slot 16 besar untuk bertanding di gelaran puncak PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020 yang akan diselenggarakan tanggal 4-5 April 2020 mendatang.

Terkait kolaborasi ini, Agung Chaniago PUBG Mobile Esports Manager Indonesia juga turut memberikan komentarnya. “Kolaborasi ini bertujuan sebagai bukti bahwa PUBG Mobile mendukung seluruh kreatifitas para penggunanya. Personil band Arah merupakan pemain PUBG Mobile juga, berangkat dari sana kami akhirnya memutuskan untuk melakukan kolaborasi ini. Theme song PMPL Indonesia 2020 buatan Arah yang bertajuk Be The One ini sangat bagus. Menurut saya, lagu ini mewakili perjalanan para esports player yang ingin mengejar mimpinya menjadi juara. Kombinasi musik dan suara in-game memberikan makna yang sangat kuat, khususnya bagi para gamers dan pecinta musik di Indonesia.”

Mengakhiri percakapan, Tanta Ginting mewakili Band Arah lalu memberikan sedikit harapannya atas lagu yang telah mereka ciptakan untuk PUBG Mobile Pro League 2020. “Semoga semua pemain PUBG Mobile suka sama lagunya, dan bisa menjadi anthem song di berbagai momen kehidupan kalian, entah ketika sedang bermain PUBG Mobile atau pada kehidupan sehari-hari.” tutupnya.

 3,079 total views,  4 views today

Continue Reading

event

Sukimaswitch Tour 2019-2020 Popman’s Carnival Vol.2

Published

on

By

Geeknew.id – SUKIMASWITCH TOUR 2019-2020 POPMAN’S CARNIVAL Vol.2 merupakan tur regional Asia pertama yang diadakan secara nasional di 30 kota, dengan total 38 show (konser)  diantaranya di negara Jepang. Di pertunjukan terakhir mereka, SHINKU-KAN ALGORYTHM TOUR 2018, tiket SUKIMASWITCH terjual habis di semua lokasi untuk 32 konser mereka, dan akhirnya ditambah lagi sebanyak 2 konser di YOKOHAMA ARENA yang berhasil mendatangkan 150,000 fans.

Salah satu konser musisi Asia yang paling dinanti penggemar Indonesia di awal tahun 2020. Di pertunjukan ini, fans akan mendapatkan Exclusive Group Photo Session bersama duo personel dengan memilih kategori tiket teratas (CAT 1).

 6,665 total views,  1 views today

Continue Reading

Esport

Hyperplay Merilis Gelombang Pertama Para Musisi untuk MTV Spotlight di Hyperplay dengan Superstar KPOP CL, Asean ACTS Slot Machine, Afgan dan The Sam Willows

Published

on

By

Geeknews.id – Hyperplay merilis gelombang pertama para musisi yang tampil di MTV Spotlight @ Hyperplay yang terdiri dari vokalis superstar Korea Selatan dan Rapper, CL, Band Rock ternama dari Thailand, Slot Machine, Idola Indonesia, Afgan dan musisi favorit Singapura, The Sam Willows. Hyperplay, adalah event pertama Esport dan festival musik ASEAN, dan akan ditampilkan di MTV Spotlight, di sana akan tampil bakat-bakat multi talenta di satu panggung dan waktu berbeda selama berlangsungnya Hyperplay. Tiket dua hari akan diadakan di Singapore Indoor Stadium pada hari Sabtu 4 Agustus 2018 dan Minggu 5 Agustus 2018. Penampilan tambahan akan diadakan di minggu mendatang.

Hyperplay dipersembahkan oleh Riot Games dan MTV, diselenggarakan oleh Singapore Ministry of Culture, Community and Youth (MCCY) dan National Youth Council (NYC) Singapura, dan didukung oleh Gold Sponsor Clear Men. Hyperplay akan menyatukan dua pilar Pop Culture terbesar generasi ini, yaitu esports dan musik, ke dalam satu event di akhir pekan. Turnamen esports akan berbagi panggung dengan MTV Spotlight, yang akan menampilkan empat penampilan musik yang meriah yang terbagi dari artis internasional, regional dan lokal. Penampilan musik tersebut juga akan dikemas ke dalam edisi spesial “MTV Spotlight” selama 60 menit, yang akan disiarkan pertama kalinya pada tanggal 21 Agustus di MTV di Asia Tenggara.

Berikut kutipan dari beberapa tokoh yang akan hadir di hyperplay :
  • “Aku tidak sabar ingin datang ke Singapura untuk bertemu semua penggemarku. Aku tidak sabar ingin menjadi bagian festival ini dan menampilkan musikku di MTV Spotlight @Hyperplay. Pasti akan sangat spektakuler!” CL
  • “Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari MTV Spotlight @Hyperplay! Bersiaplah Singapura … kami akan memeriahkan panggung Singapore Indoor Stadium! Terima kasih untuk MTV atas kesempatan ini dan sampai jumpa di Hyperplay!”Slot Machine
  • “Sebuah kehormatan bisa menjadi bagian dari event pertama MTV Spotlight @Hyperplay. Aku tidak sabar ingin bertemu semuanya di Singapura dan berhubungan dengan artis lainnya. Aku juga tidak sabar ingin melihat aksi gaming di event ini!”Afgan
  • “Sejauh ini aku senang dengan MTV dan semua kolaborasi kami yang menyenangkan. Kami sangat senang bisa tampil di MTV Spotlight @Hyperplay dan berbagi panggung dengan musisi luar biasa lainnya. Terima kasih untuk undangannya MTV! Datang ya, kami siap tampil untuk kalian!”The Sam Willows

Sumber :  Hyperplay

 19,962 total views,  2 views today

Continue Reading

Anime

Rilis : Vocaloid IA Rocks Out dalam bahasa Inggris

Published

on

Geeknews.id – Vocaloid IA dan ONE akan membuat percikan besar – dimulai dengan dua album baru, termasuk satu lagu dengan bahasa Inggris.

1st Place Co, pencipta kedua bank suara tersebut, akan merilis album -STAR- dan -BLOOM- akhir bulan ini, masing-masing menampilkan komposisi oleh beberapa pencipta Vocaloid yang terkenal.

 

-STAR-, yang menampilkan IA (yang suaranya berasal dari penyanyi / pencipta lagu Lia), akan menampilkan 13 lagu dari MONDO GROSSO, TeddyLoid, Orangestar, dan banyak lagi. Album ini juga akan menampilkan komposisi dari komposer luar negeri, memberi IA kesempatan untuk debut suara Inggrisnya yang telah lama ditunggu.

 

 

-BLOOM-, yang menampilkanONE (yang penyedia suaranya juga disebut ONE), akan menampilkan dua belas lagu dari Orangestar, out of service, Utata-P, dan banyak lagi.

Kedua album juga memiliki disk DVD yang tersedia dengan MV, video tarian, dan program obrolan khusus IA dan ONE “Stasiun Aria (Aria on the Radio).”

 

 

 

 

 7,893 total views,  4 views today

Continue Reading

Trending